Cara Menampilkan Hasil Filter di Sheet Lain dengan Advanced Filter Excel

Cara menampilkan hasil filter di sheet lain dengan advanced filter excel itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Melalui cara menampilkan hasil filter yang tepat, segalanya akan jadi lebih mudah. Karena itu, teruslah pahami bagaimana cara tampilkan hasil filter pada sheet lain.

Fitur advanced filter excel memang bisa dimanfaatkan dengan mudah. Dengan cara yang sesuai, proses menampilkan hasil filter di sheet lain akan berlangsung dengan lebih mudah. Ini dia cara tampilkan hasil filter di sheet lain dengan fitur advanced filter excel.

Memahami Fungsi Advanced Filter Excel

Setiap pengguna memang perlu memahami dengan baik fungsi dari fitur advanced filter. Fitur tersebut punya kegunaan dan manfaat yang besar sebenarnya. Karenanya, harus ada pemahaman yang tepat terkait fungsi fitur tersebut. Berikut ini pemahaman tentang fungsi advanced filter excel.

1. Memilah Data Penting

Salah satu fungsi dari advanced filter excel adalah memilah data penting. Pemilihan data penting itu bisa lebih mudah kalau memanfaatkan advanced filter excel. Dengan memanfaatkan advanced filter ini, pengguna bisa memisahkan mana data penting dan mana yang tidak.

2. Membedakan Kategori Data

Membedakan kategori data juga bisa lebih mudah dengan fungsi advanced filter excel. Pembedaan kategori data ini memang jadi hal yang sangat penting dan krusial. Sehingga, pembedaan kategori data itu memang harus dikedepankan.

3. Memfilter Baris dan Kolom

Melakukan filter data berdasarkan baris dan kolom juga merupakan fungsi advanced filter excel. Ini adalah fungsi yang akan selalu dicari oleh pengguna excel. Filter data berdasarkan baris dan kolom akan selalu mudah dengan fungsi advanced filter excel.

4. Mengatur Teks yang Ada pada Sel Excel

Mengatur teks yang ada pada sel excel juga jadi fungsi advanced filter excel. Fungsi seperti ini juga tak kalah penting dan krusial. Dengan pengaturan teks pada sel excel, pelaporan data akan berlangsung dengan lebh mudah.

Cara Tampilkan Hasil Filter Sheet Lain Pakai Advanced Filter Excel

Cara untuk tampilkan hasil filter sheet lain dengan advanced filter excel itu pada dasarnya sangat mudah. Hanya dengan beberapa metode dan langkah sederhana saja, pengguna akan termudahkan untuk tampilkan hasil filter. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diandalkan.

1. Siapkan Sumber atau Tabel Data

Langkah awal untuk memulai semuanya adalah menyiapkan sumber atau tabel data yang akan difilter. Misalnya adalah data mengenai tinggi badan siswa kelas 7 di sebuah SD. Data tersebut tentunya berisi aneka ragam informasi mengenai berat badan yang berbeda – beda.

2. Buat Kriteria Range

Proses atau langkah berikutnya adalah membuat kriteria range. Dalam tahap ini kita perlu membuat acuan mengenai data yang mau difilter. Misalnya, filter siswa yang mempunyai tinggi di atas 150 cm. Kembali lagi semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

3. Gunakan Fitur Advanced Filter

Kalau data range telah siap, selanjutnya adalah memakai fitur advanced filter. Pilih tab data, kemudian groups sort & filter lalu advanced. Setelahnya akan muncul kota dialog yang nantinya bisa diatur sesuai kebutuhan.

4. Sesuaikan Kotak Dialog

Sesuaikanlah kotak dialog pada advanced filter. Pilih copy to antoher location di menu action. Pada list range masukkan referensi range data. Sementara pada criteria range masukkan kriteria filter. Setelah semuanya diisi, tekan OK.

5. Selesaikan Pengaturan

Ketika sudah menekan OK, maka proses filter akan secara otomatis dilakukan pada excel. Nantinya, data mengenai siswa kelas 7 yang mempunyai tinggi badan di atas 150 cm akan terfilter pada field data excel.

Kenapa Fitur Advanced Filter Excel Banyak Dicari?

Ketahuilah juga tentang kenapa fitur advanced filter excel itu banyak dicari. Tentu ada alasan di balik hal tersebut. Fitur ini banyak dicari karena bisa memberikan banyak kemudahan. Ini dia beberapa contoh tentang kenapa fitur advanced filter excel dicari banyak orang.

1. Bermanfaat dalam Penyusunan Data

Alasan utama kenapa fitur advanced filter excel banyak dicari adalah memudahkan penyusunan data. Penyusunan data yang mudah memang akan selalu jadi nilai tambah. Hal ini perlu dapatkan perhatian khusus dari para pengguna excel.

2. Penting dalam Menyempurnakan Laporan

Salah satu alasan lainnya kenapa fitur advanced filter excel ini selalu diperlukan adalah krusial dalam menyempurnakan laporan. Penyempurnaan laporan ini memang jadi sesuatu yang diperlukan terus oleh para pengguna. Karenanya, fitur advanced filter excel itu selalu dibutuhkan.

3. Memudahkan Seleksi Data Berdasarkan Angka

Memudahkan seleski data berdasarkan angka juga merupakan alasan kenapa fitur advanced filter excel dicari terus. Pengguna akan bisa dapatkan kemudahan saat akan menyeleksi atau memfilter data yang berisikan angka. Hal tersebut benar – benar penting dalam aktivitas setiap hari.

4. Memudahkan Seleksi Data Berdasarkan Teks

Memudahkan seleski data berdasarkan teks juga jadi hal yang bikin fitur advanced filter excel disenangi. Dengan kemudahan dalam penyeleksian data, pengguna yang membuat laporan berbasis excel akan selalu memperoleh kemudahan.

FAQ | Cara Menampilkan Hasil Filter di Sheet Lain dengan Advanced Filter Excel

Apakah fitur advance filter excel itu bisa dimanfaatkan terus berbagai jenis laporan?

Bisa. Segala macam jenis laporan di excel berbasis angka atau teks bisa diatur dengan fitur advanced filter excel.

Apa manfaat utama dari fitur advance filter excel?

Fungsi utamanya adalah mengatur dan memfilter data berdasarkan angka atau teks.

Kenapa fitur advance filter excel gagal tampilkan hasil filter?

Biasanya karena kesalahan dalam setting atau pengaturan formula di excel.

Tinggalkan komentar