6 Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung [Gampang]

Beranda » 6 Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung [Gampang]
Advertisement

Mengenai bagaimana cara menampilkan kecepatan internet Samsung sangatlah penting, dengannya sebagai pengguna jadi tahu.

Jadi tahu berapa dan bagaimana kecepatan di internetnya. Pun jadi bisa memperkirakan, apakah jaringan kecepatan tersebut bisa digunakan untuk download, upload atau bahkan akses internet dengan lancar. Namun, bagaimana cara menggunakannya?

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung Tanpa Apps

Apakah kamu pengguna baru di Samsung? Jika ya, maka wajib untuk diketahui. Bahwa ternyata keterangan tentang berapa dan bagaimana kecepatan internet di HP Samsung. Tidak bisa dimunculkan.

Sebab Samsung sendiri memang tidak menyediakan fitur bawaanya, jadi kecepatan internet tidak bisa ditampilkan dan pengguna tidak bisa mengaksesnya dari fitur bawaan.

Belum tahu alasannya apa. Namun yang pasti, sistem OS ONE UI dari Samsung belum memunculkan keterangan kecepatan internet. Jadi jika memang kamu tetap ingin mengetahui kecepatan internet yang terhubung di HP Samsungnya berapa. Harus menggunakan Apps tambahan.

Jadi aplikasi tersebut merupakan pihak ketiga, yang bisa kamu dapatkan. Dengan mengunduh dan memasangnya dari Google Play Store, secara gratis dan tentu saja ukuran aplikasi ringan.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung dengan Apps Internet Speed Meter

Pilihan aplikasi untuk dapat menampilkan kecepatan internet di Samsung ini, ternyata sangat ringan. Kamu bisa menggunakannya dengan pihak pengembang dari Glitterz Inc.

DI dalam aplikasi ini, menawarkan banyak fitur yang dapat digunakan. Mulai dari memperlihatkan kecepatan internet pada status bar, serta dapat memantau kuota yang digunakan.

Kamu bisa mengunduh aplikasi secara gratis dari Google Play Store, dengan ukuran aplikasi sangat ringan. Sehingga tidak akan memakan konsumsi memori internal banyak. Ada beberapa keunggulan dan kekurangan dari aplikasinya, apa saja?

1. Keunggulan Speed Meter

  • Menawarkan fitur floating widget, bisa disimpan dimana saja
  • Bisa menampilkan kecepatan internet di notifikasi dan status bar
  • Tata letak widget, warna dan ukuran bisa diatur secara bebas
  • Dapat melihat kekuatan jaringan internet Wifi
  • Menawarkan fitur untuk melakukan tes kecepatan internet
  • Bisa memantau kuota digunakan dari aplikasi
  • Menyediakan statistik tentang penggunaan kuota internet
  • Aplikasi gratis
  • Tidak harus melakukan rooting

2. Kekurangan Speed Meter

  • Tidak jarang sistem aplikasi meminta pengguna untuk rating
  • Mode gratisan banyak iklan

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung dengan Apps Speed Meter Lite

Masih dengan aplikasi yang bisa didapatkan dari Google Play Store, namun pengembangnya adalah dari DynamicApps. Aplikasi ini bisa melakukan tugasnya secara optimal dan maksimal, dibanyak perangkat. Termasuk di perangkat Samsung.

Internet Speed Meter Lite ini bisa disebut sebagai aplikasi yang sangat ringan, sebab nama aplikasinya juga menggunakan keterangan lite. Jadi akan membuat memori tidak termakan banyak. Selain itu, aplikasi ini pun dapat memonitor kecepatan internet secara real time.

Fitur unggulannya banyak, namun selain itu pengguna juga tetap dapat merasakan beberapa kekurangannya. Namun masih terbilang amat sangat wajar. Nah, apa saja kekurangan dan keunggulan aplikasinya?

1. Keunggulan Speed Meter Lite

  • Memiliki fitur untuk membatasi penggunaan kuota internet
  • Memunculkan speed atau kecepatan internet dengan baik pada status bar
  • Berjalan lancar di HP Samsung dengan OS Android 4.0 lebih tinggi
  • Menyediakan tampilan statistik dengan kuota harian yang disajikan dalam bentuk tabel
  • Memiliki kompabilitas cukup tinggi

2. Kekurangan Speed Meter Lite

  • Jika ingin menggunakan dan menikmati fitur lengkap, harus berbayar dan berlangganan
  • Versi gratis hanya menyediakan fitur terbatas
  • Tampilan kecepatan tidak bisa berdampingan dengan status bar
  • Belum menyediakan fitur melakukan tes kecepatan jaringan internet.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung dengan Apps NetSpeed

Selain dapat menggunakan beberapa rekomendasi dan pilihan aplikasi sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan NetSpeed. Untuk dapat mengukur, serta menampilkan kecepatan internet yang digunakan oleh provider di daerah kamu.

Yang paling penting, kamu harus melakukan pemasangan terlebih dahulu terhadap aplikasinya dari Play Store. Kamu pun dapat menggunakan aplikasinya sesuai keinginan. Atur dan tentukan tampilan kecepatan ingin ada disebelah mana. Sesuaikan dengan fitur yang disediakan.

Advertisement

1. Keunggulan NetSpeed

  • Kompatibel dengan banyak perangkat Android, termasuk Samsung
  • Gampang digunakan
  • Ukuran aplikasi kecil
  • Tidak menampilkan banyak iklan seperti aplikasi lain

2. Kekurangan NetSpeed

  • Tetap menampilkan iklan, sehingga mengganggu
  • Tidak jarang sistem akan meminta rating

Dari aplikasi ini, kamu hanya perlu mendownload dan memasang aplikasinya secara langsung dari internet. Tidak perlu khawatir dengan keamanan aplikasi, sebab pihak Google sudah melakukan penyortiran terhadap masing-masing pengembang secara resmi. Pun sesuai aturan.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung dengan Apps Net-Meter

Lengkapnya adalah aplikasi Simple Data Monitor Net Meter. Menjadi aplikasi untuk memonitor kecepatan internet. Serta menampilkan hasil data kepada kamu sebagai pengguna. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, kamu bisa coba menjalankannya dengan tahapan di bawah ini.

  1. Pertama, langsung buka aplikasi Google Play Store dan pastikan perangkat Samsung terhubung dengan jaringan internet 
  2. Selanjutnya download aplikasi Simple Data Monitor Net Meter dari Play Store
  3. Langsung lakukan proses pemasangan secara otomatis sampai selesai
  4. Buka aplikasinya saat sudah terpasang, dan langsung aktifkan statusnya untuk dapat menampilkan jaringan internet
  5. Jangan lupa agar pengaturan tersebut bisa disimpan, agar speed internet bisa nampak dan terlihat.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung dengan Apps Network Speed

Aplikasi berikutnya yang dapat digunakan untuk menampilkan kecepatan internet HP Samsung, adalah aplikasi Network Speed. Sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk dapat menampilkan kecepatan internet di perangkat HP.

Jenis dan nama aplikasi ini juga cukup menarik, dengan fitur utama untuk dapat menampilkan kecepatan internet pada layar. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan yang tentu sangat menguntungkan.

Namun sayangnya aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis. Ada beberapa fitur premium atau fitur khusus yang baru bisa dinikmati secara berbayar. Atau berlangganan.

Namun hal tersebut tidak perlu jadi masalah, sebab versi gratisnya tetap bisa digunakan. Tetap mampu menampilkan kecepatan internet secara langsung dan realtime. Dan salah satu fitur menariknya, adalah untuk dapat memonitor kecepatan internet selama satu bulan penuh.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet dengan Apps SpeedTest by Ookla

Ya, jadi aplikasi ini dikembangkan langsung oleh pihak developer Ookla. Tidak hanya dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan download atau upload. Namun SpeedTest aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melihat resolusi ideal saat streaming.

Jenis aplikasi ini bisa memutar beberapa klik untuk melihat resolusi maksimal, yang mampu dicapai saat streaming video dilakukan.

Namun aplikasi satu ini meminta pengguna untuk mengaktifkan akses lokaso. Sehingga sistem apps bisa bekerja dan memberikan keunggulannya secara maksimal.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menampilkan Kecepatan Internet Samsung

Apakah dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga, HP Samsung Akan Tetap Aman?

Akan tetap aman, asalkan aplikasi didapatkan benar dari Google Play Store dan digunakan sesuai ketentuan. Juga sesuai prosedur penggunaan.

Seberapa Penting Kecepatan Internet di Samsung Harus Ditampilkan?

Penting, jadi pengguna bisa tahu berapa kecepatan internet yang terhubung dengan jaringan. Serta dapat memperkirakan, apakah momen untuk upload atau download pas untuk dilakukan.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.