Cara Menampilkan Penggaris di Google Docs

Beranda » Cara Menampilkan Penggaris di Google Docs

Cara menampilkan penggaris di Google Docs tidaklah sulit. Hanya dengan beberapa langkah sederhana saja, penggaris atau ruler pda Google Docs bisa langsung ditampilkan. Karenanya pahamilah cara tampilkan penggaris pada Google Docs secara mudah.

Buat banyak orang, penggaris di Google Docs itu akan memudahkan pengerjaan dokumen. Jadi, harus dipahami cara menampilkan fitur tersebut saat memakai Google Docs. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menampilkan penggari di Google Docs.

Tata Cara Menampilkan Penggaris di Google Docs

Pahamilah cara untuk menampilkan penggaris langsung di Google Docs. Cara untuk menampilkannya harus benar – benar dipahami. Intinya, usahakan untuk menampilkan penggaris dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah tata cara menampilan penggaris di Google Docs.

1. Akses Google Docs

Langkah awal untuk memulai semuanya adalah akses dulu Google Docs. Pengguna bisa langsung mendatangi situs resmi dari Google Docs menggunakan laptop atau PC. Siapkanlah koneksi internet yang stabil supaya bisa mendarat ke Google Docs secara langsung.

2. Buka Lembar Baru

Ketika sudah berada di Google Docs, langsung buka lembar kerja baru. Pilih opsi untuk membuka file baru pada Google Docs. Pastikan lembar kerja baru benar – benar terbuka pada Google Docs. Ini adalah langkah penting untuk memulai semuanya.

3. Klik Opsi View

Setelah lembar kerja baru telah siap, maka proses berikutnya adalah klik opsi view pada Google Docs yang digunakan. Langsung klik saja opsi view untuk melihat aneka layanan dan fitur pada Google Docs. Setelahnya, cari kata ruler pada opsi tersebut.

4. Aktifkan Ruler atau Penggaris

Setelah menemukan opsi ruler ketika tekan menu view, maka langsung klik saja. Nantinya fitur ruler akan segera muncul dan bisa langsung digunakan. Ruler atau penggaris akan muncul langsung pada bagian atas di lembar kerja Google Docs yang sudah dibuka.

Kenapa Perlu Tampilkan Penggaris di Google Docs

Ada beberapa manfaat dan kegunaan dari menampilkan penggaris di Google Docs. Banyak manfaat dari menampilan penggaris pada lembar kerja Google Docs. Semuanya harus benar – benar diketahui dengan baik. Berikut ini beberapa alasan kenapa perlu tampilkan penggaris.

1. Merapikan Dokumen

Salah satu alasan kenapa perlu tampilkan penggaris di Google Docs adalah merapikan dokumen. Proses untuk rapikan dokumen di Google Docs memang akan semakin mudah. Proses untuk rapikan dokumen memang akan berjalan mudah dengan bantuan penggaris yang ada di Google Docs.

2. Membuat Margin Terlihat

Membuat margin atau garis pembatas terlihat juga menjadi alasan lain kenapa harus menampilkan penggaris ke Google Docs. Lewat aktivasi terhadap penggaris di Google Docs tersebut, margin akan terlihat lebih jelas sehingga semuanya jadi lebih mudah dibikin.

3. Merapikan Garis Tepi

Merapikan garis tepi juga merupakan alasan kenapa perlu tampilkan penggaris. Karenanya, proses merapikan garis tepi memang bisa lebih dipermudah dengan memunculkan penggaris pada Google Docs. Sehingga, pastikan untuk rapikan garis tepi dengan manfaatkan penggaris.

4. Memudahkan Pengaturan Tabel

Penggaris di Google Docs juga bisa bermanfaat untuk memudahkan pengaturan tabel. Pengaturan tabel memang akan selalu mudah dilakukan. Karenanya, tabel akan benar – benar mudah diatur jika memunculkan penggaris untuk memberikan bantuan.

5. Mengukur Letak Paragraf

Pengukuran letak paragraf juga menjadi alasan kenapa perlu tampilkan penggaris. Dengan memunculkan penggaris, letak dari sebuah paragraf akan jadi lebih mudah diatur. Karenanya, pengukuran letak paragraf pakai penggaris itu memang perlu dilakukan pada Google Docs.

Cara Menggunakan Penggaris di Google Docs

Mungkin banyak yang belum tahu dan paham tentang cara menggunakan penggaris di Google Docs. Semua cara harus dipahami dengan baik dan benar supaya manfaat bisa didapatkan. Berikut ini adalah tata cara menggunakan penggaris di Google Docs dengan baik dan benar.

1. Mengatur Letak Awal Tulisan

Pertama adalah menggunakan penggaris untuk mengatur letak awal tulisan. Proses meletakkan awal tulisan itu memang bisa dilakukan dengan bantuan dari penggaris atau ruler. Tombol pengatur letak awal tulisan berada di paling kiri pada ruler.

2. Mengatur Letak Tulisan Lain

Mengatur letak tulisan lain juga bisa memanfaatkan bagian left line indent penggaris. Fitur ini dipakai untuk mengatur letak tulisan yang bukan awalan atau kata pertama di paragraf. Ketika bagian ini digerakkan dengan kursor, maka first line indent akan mengikuti.

3. Mengatur Batas Kanan Tulisan

Mengatu batas kanan pada tulisan juga merupakan cara menggunakan penggaris pada Google Docs. Penggunaan penggaris supaya bisa mengatur batas kanan di tulisan memang bisa diandalkan. Untuk mengaturnya, tinggal gerakkan tombol right line indent di bagian kata.

4. Meratakan Jarak Antar Kata

Meratakan jarak antar kata juga merupakan cara untuk menggunakan penggaris pada Google Docs. Jarak antar kata akan bisa diatus dengan mudah lewat penggunaan tools penggaris. Perataan bisa langsung menekan tombol tab saja pada keyboard yang digunakan.

FAQ | Cara Penggaris di Google Docs

Apakah penggaris di Google Docs berguna?

Jika ingin buat tulisan jadi lebih rapi, maka memunculkan penggaris di Google Docs pasti berguna.

Apa benefit dari menampilkan penggaris di Google Docs?

Memudahkan proses untuk mengatu tata letak dari tulisan yang dibuat pada Google Docs.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.