Cara Menampilkan Persentase Baterai Oppo, Sangat Mudah!

Beranda » Cara Menampilkan Persentase Baterai Oppo, Sangat Mudah!
Advertisement

Mengenai seperti apa panduan dan cara menampilkan persentase baterai Oppo ternyata sangat gampang. Kamu sebagai pengguna Oppo dapat melakukannya dengan mudah.

Dengan menampilkan persentase baterainya, maka kamu dapat mengontrol berapa persen lagi baterai yang dimiliki. Jadi akan tahu, kapan baterai HP harus dicas kembali, dan kapan baterai jangan diisi terlebih dahulu. Untuk kelanjutannya bagaimana, simak penjelasan berikutnya sampai selesai.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Oppo dengan Menu Setting

Semua HP, atau smartphone. Utamanya Android seperti Oppo, sudah dipastikan memiliki sistem Pengaturan atau sistem Setting. Lebih khususnya lagi, pasti memiliki pengaturan tentang Baterai secara khusus.

Namun memang tidak semua pemilik Oppo mengetahui tentang bagaimana cara mengecek kapasitas baterai Oppo. Mulai menampilkan angka persentasenya, atau bahkan lainnya. Nah, berikut ada cara menampilkan persentase baterai Oppo yang bisa dilakukan dari menu Setting.

  1. Pertama, hidupkan dan aktifkan terlebih dahulu HP Oppo yang kini sedang digunakan
  2. Kemudian buka menu Pengaturan atau buka menu Setting di HPnya
  3. Dari menu Pengaturan tersebut, cari sub menu Notification and status Bar atau sub menu Notifikasi dan Bar Status
  4. Sistem Pengaturan akan memunculkan beberapa daftar perintah, salah satunya Tampilkan Persentase Baterai atau dalam Bahasa Inggris menggunakan istilah Show Battery Percentage
  5. Aktifkan menu tersebut dengan menggeser toggle ke arah bagian kanan
  6. Untuk tipe HP Oppo tertentu terdapat menu lain, seperti menampilkan persentase di dalam atau bahkan diluar baterai
  7. Jika kamu memilih menampilkan persentase di luar baterai. Maka layar akan menampilkan persentase angka berada persis di sebelah ikon baterainya
  8. Namun jika memilih opsi menampilkan persentase di dalam baterai, maka pada layarnya akan terlihat angka persentase tepat di dalam ikon baterai.

Dengan cara menampilkan persentase baterai Oppo satu ini, berarti untuk menampilkannya tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Kamu dapat melakukannya langsung menggunakan menu Setting, atau menu Pengaturan.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Oppo dengan Tambahan Aplikasi

Jadi untuk dapat menampilkan persentase baterai di Oppo satu ini, harus menggunakan aplikasi tambahan. Menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang dapat diinstall atau dipasang dari Google Play Store secara resmi. Bagaimana caranya?

1. Battery Widget

Nah, cara menampilkan persentase baterai Oppo menggunakan aplikasi tambahan yang pertama. Adalah menggunakan aplikasi Battery Widget. Cara mengaktifkannya jelas gampang. Namun widget ini nantinya akan muncul di layar Oppo, dan tentu saja tampilannya akan lebih menarik.

Kamu dapat mengubah, dapat menggeser-geser di layar sesuai keinginan sendiri. DI dalamnya juga terdapat fitur serta rincian mengenai penggunaan baterai. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Pertama, langsung buka dan nyalakan HP Oppo seperti biasa
  • Cari aplikasinya di Google Play Store secara langsung
  • Pada kolom pencarian, langsung ketik Battery Widget
  • Sistem aplikasi Play Store akan menampilkan banyak daftar aplikasi, dan langsung pilih aplikasi yang ratingnya paling tinggi
  • Lakukan pengunduhan, lalu pasang aplikasi secara otomatis
  • Tunggu sampai proses install selesai dilakukan
  • Advertisement
  • Bila perintah tersebut sudah dilakukan dan proses installnya sudah selesai, maka langsung saja buka aplikasi Battery Widget tersebut
  • Pilih menu Setting atau Pengaturan, kemudian pilih sesuai keinginan
  • Mulai dari persentase baterai, informasi, rincian hingga tampilan widgetnya bagaimana
  • Jika sudah, maka sistem widget akan muncul di halaman utama pada layar HP Oppo

Fitur widget dari aplikasi ini akan ditampilkan secara mengambang, atau floating. Secara otomatis akan menampilkan jumlah daya baterai yang ada, atau tersisa. Untuk dapat menggunakannya, cukup langsung tap atau sentuh widgetnya. Maka banyak informasi mengenai baterainya ada di sana.

2. Big Battery Indicator

Lalu panduan atau langkah berikutnya yang bisa dilakukan, adalah aplikasi Big Battery Indicator. Aplikasi ini akan menampilkan persentase baterai, serta beberapa fitur lengkap lainnya. Bagaimana caranya?

  • Pertama, langsung aktifkan HP Oppo yang kini sedang kamu pegang
  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi dengan kata kunci Big Battery Indicator
  • Nanti hasil pencariannya akan memunculkan banyak daftar aplikasi Battery Indicator yang direkomendasikan
  • Pilih aplikasi dengan rating tertinggi, dan lakukan pengunduhan aplikasi sampai selesai
  • Pastikan aplikasinya terpasang secara baik, lalu buka serta jalankan aplikasi secara langsung
  • Jika sudah perintah tersebut dilakukan, langsung masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  • Kemudian lakukan Ceklis pada opsi menu Tampilkan Informasi
  • Berikutnya, lakukan ceklis kembali pada keterangan Tampilkan Ikon Baterai
  • Jika sudah dilakukan, langsung saja tutup aplikasi dan sekarang indikator baterainya sudah dilengkapi dengan keterangan persentase angka secara jelas.

Aplikasi satu ini tidak hanya sekadar dapat menampilkan persentase baterai saja. Namun juga beragam rincian di dalamnya dapat ditampilkan juga. Mulai dari aplikasi apa saja yang mengonsumsi banyak baterai, bahkan pemberitahuan tentang kapan pengguna harus melakukan pengecasan.

Fungsi Menampilkan Persentase Baterai Oppo

Persis seperti apa yang telah disinggung singkat pada pembahasan sebelumnya. Bahwa menampilkan persentase baterai di HP Oppo ada tujuannya.

Salah satunya, adalah sebagai petunjuk atau tanda berapa daya yang tersisa pa baterai secara real time. Pun sekaligus menjadi sebuah pengingat, apakah daya di HPnya sudah harus dicas atau belum. Sudah harus dilepaskan, atau masih tetap harus dicas.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menampilkan Persentase Baterai Oppo

Apakah Menampilkan Indikator Persentase Baterai Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Aman Dilakukan?

Ya, amat sangat aman. Namun pastikan agar aplikasi pihak ketiga yang dipasang, merupakan aplikasi resmi dan legal dari Google Play Store.

Apakah Dengan Menampilkan Persentase Baterai Oppo Cukup Membantu?

Jelas membantu, pengguna jadi tahu kapan HP harus diisi dan tidak.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.