8 Cara Menampilkan Rumus di Excel [Praktis]

Beranda » 8 Cara Menampilkan Rumus di Excel [Praktis]
Advertisement

Mengenai bagaimana cara menampilkan rumus di Excel ternyata ada beberapa alternatif. Kamu dapat melakukannya sesuai kebutuhan, sesuai kemudahan.

Nah, di dalam pembahasan sekarang kamu akan tahu apa saja caranya. Pun tentu saja rumus yang sebelumnya sudah digunakan dalam pengolahan data, bisa ditampilkan dan kamu pun dapat melihatnya secara jelas.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dari Formula Bar

Kiranya cara ini jadi metode dan alternatif paling sederhana, serta mudah dilakukan agar dapat melihat rumus yang dimaksudkan.

Saat kamu memilih cell mana pun, rumus apa pun di bilah rumus akan pasti ditampilkan. Cara ini pun metode terbatas, sebab memungkinkan kamu untuk melihat rumus dalam satu waktu saja.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dengan Mode Edit

Kemudian cara selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan mode edit. Mode atau metode ini pun tetap hanya memungkinkan kamu melihat rumusnya dalam satu waktu saja. Namun dengan fungsionalitas tambahan yang akan memperlihatkan kepada kamu rumus apapun.

Tinggal pilih jenis cell dengan rumus yang ingin dilihat, kemudian tekan tombol keyboard F2 untuk masuk ke mode edit.

Setelah hal tersebut dilakukan, kamu dapat melakukan dua kali klik pada cell untuk masuk pada mode editnya. Hal tersebut secara langsung akan menampilkan rumus dalam kisi. Serta range yang akan disorot pada layar.

Jika ingin keluar dari mode edit, tinggal tekan Enter atau Esc saja. Dengan begitu maka mode edit akan hilang dan kembali ke mode normal.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dengan Tab Rumus

Kiranya kamu sudah tahu, bahwa aplikasi Microsoft Excel memiliki fitur yang memungkinkan kamu melihat semua rumus di lembar kerja sekaligus. Dan hal tersebut bisa dilihat dari tab menu Rumus atau Formulas. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, langsung buka tab Rumus atau Formulas di bagian paling atas
  2. Kemudian klik opsi Tampilkan Rumus atau sub menu Show Formulas
  3. Saat kamu melakukan perintah tersebut, maka semua rumus pada lembar kerja akan ditampilkan. Tidak hanya sekadar nilai terhitungnya saja
  4. Kemudian saat kamu memilih cell tertentu, maka cell tersebut juga akan memperlihatkan preseden rumus di lembar saat ini.

Penting untuk diperhatikan, bahwa opsi menu Tampilkan Rumus atau Show Formulas ini. Adalah pengaturan khusus, yang ketika ingin melihat rumusnya. Harus diaktifkan terlebih dahulu. Dan metode ini pun ternyata hampir mirip dengan mode edit.

Saat fitur ini diaktifkan, maka secara langsung kamu akan melihat rumus di kisi. Kemudian jika ingin kembali pada value atau nilai terhitung, tinggal klik lagi tombol Show Formulasnya.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dengan Shortcut

Ternyata terdapat pintasan keyboard atau shortcut yang sangat nyaman, pun efektif digunakan untuk menampilkan. Hingga menyembunyikan rumus.

Cukup tekan tombol keyboard CTRL+` secara bersamaan untuk dapat melihat rumus di lembar kerja kamu. Jika ingin disembunyikan lagi, cukup tekan kembali tombol CTRL+` secara bersamaan.

Cara ini sangat gampang dan mudah, baik itu untuk menampilkan rumus atau menyembunyikan tampilan rumus dengan metode cepat.

Penting untuk diketahui, bahwa simbol atau tombol aksen berat (`), biasanya dapat ditemukan di atas tombol Tab. Pada umumnya simbol ini pun ditemukan di keyboard bagi pengguna laptop dengan OS Windows.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dengan Opsi Excel

Kemudian cara selanjutnya yang bisa dilakukan, adalah dengan menggunakan opsi Excel. Untuk tahu cara melakukannya bagaimana, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka Pengaturan Lanjutan di menu Opsi Excel. Atau menu ini dapat ditemukan dengan keterangan Excel Options
  2. Selanjutnya tinggal geser dan scroll ke bagian bawah, untuk menemukan opsi Show Formulas in Cells Instead of Their Calculated Result. Atau keterangan lainnya Perlihatkan rumus dalam cell, alih-alih hasil terhitungnya
  3. Advertisement
  4. Dari perintah tersebut, bisa langsung tekan tombol OK untuk melanjutkan.

Nah, ternyata metode ini pun sama persis dengan metode menampilkan rumus menggunakan Tab Formulas atau menggunakan shorcut di keyboard. Namun memang proses penggunaannya agak sedikit ribet, atau kurang nyaman.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dengan Fungsi FORMULATEXT

Penting untuk jadi catatan, bahwa semua metode sebelumnya hanya mampu menampilkan salah satu atau semua rumus secara bersamaan. Namun jika kamu ingin melihatnya hanya range rumus yang dipilih. Kemudian melihat nilai terhitung untuk semua rumus lainnya.

Maka dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi FORMULATEXT. Fungsi ini dapat mengubah rumus di dalam cell, menjadi nilai teks. Bagaimana rumusnya?

=FORMULATEXT(…)

Titik titik tersebut maksudnya alamat cell yang rumusnya ingin ditampilkan. Rumus terebut akan mengubah rumus pada titik titik kosong, menjadi teks dan akan ditunda pada cell sebagai teks.

Hal ini menjadi cara terbaik untuk bisa menambahkan dokumentasi ke lembar kerja kamu. Jadi kamu bisa memperlihatkan rumus tanpa harus banyak cara. Pun cara ini juga jadi solusi dinamis, sebab teksnya akan diperbaharui jika kamu mengubah rumus di cell referensi.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dengan Format Teks

Ya, ternyata kamu juga dapat melihat rumus. Alih-alih nilai terhitung dengan format cellnya sebagai teks. Hal ini sering buat pengguna merasa bingung.

Sebab jika rumus tidak menghitung, serta hanya memperlihatkan teks rumus. Maka kemungkinan besar cell dengan format teks akan jadi penyebab hal tersebut. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, langsung pilih cell yang akan di format
  2. Berikutnya buka tab menu Beranda atau Home
  3. Selanjutnya pilih teks dari opsi dropdown format yang ditemukan pada bagian Angka.

Dari perintah tersebut, maka sistem akan mengkonversi hasil perhitungan rumus apa saja yang menjadi nilai teks. Di dalam kasus ini, maka kamu jadi bisa melihat hasilnya rata kiri. Menunjukkan bahwa hasilnya adalah nilai teks.

Namun sistem akan tetap menampilkan nilai terhitung, bukan rumus. Rumus baru apapun yang di masukkan dalam cell dengan format teks. Tidak akan menghitung, bahkan akan menampilkan teks dengan rumus dalam cell.

Selain itu, kamu juga dapat memasukkan kembali rumus saat ini. Dengan menekan F2 serta Enter saat di dalam cell. Pun hal ini akan membuat cell menampilkan rumus teks secara langsung.

Pemformatan eks dapat memaksa Excel untuk mempresentasikan apapun yang kamu masukkan dalam teks sebagai cell. Bahkan rumus yang dimulai dengan tanda sama dengan (=). Akan ditafsirkan sebagai teks.

Cara Menampilkan Rumus di Excel dengan Find and Replace

Bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, pilih range cell dengan rumus yang ingin ditampilkan
  2. Kemudian CTRL+H pada keyboard untuk membuka jendela kerja Find and Replace
  3. Kemudian tambahkan karakter (=) ke dalam form Find
  4. Lalu tambahkan tanda apostrof (‘=) ke dalam form Replace
  5. Kemudian pilih opsi Rumus, dan tarik turun Lihat ke dalam
  6. Jika sudah langsung pilih Ganti Semua.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menampilkan Rumus di Excel  

Apakah Cara di Atas Bisa Digunakan untuk Excel Versi Lama?

Ya, sangat bisa.

Apalah Rumus yang Ditampilkan Bisa Disembunyikan?

Bisa.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.