Cara Menandai Lokasi Google Maps dan Syaratnya

Beranda » Cara Menandai Lokasi Google Maps dan Syaratnya
Advertisement

Cara menandai lokasi Google Maps itu tidaklah sulit. Hanya memerlukan tahap dan proses sederhana saja untuk memberikan tanda khusus pada lokasi yang ada di Google Maps. Kalau paham cara – caranya, penandaaan lokasi Google Maps bisa dilakukan dalam hitungan detik saja.

Penandaan lokasi pada Google Maps memang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu dan paham cara melakukannya. Biar lebih mudah, ini dia beberapa cara mudah untuk menandai lokasi Google Maps.

Syarat untuk Bisa Menandai Lokasi Google Maps

Ketahuilah dulu sejumlah syarat untuk bisa menandai lokasi Google Maps. Ada beberapa syarat utama agar seseorang bisa melakukan penandaaan terhadap sebuah lokasi di Google Maps. Ini dia beberapa syarat utama agar bisa menandai lokasi Google Maps.

1. Punya Akun Google

Syarat utama agar bisa menandai lokasi Google Maps tentu saja adalah mempunyai akun Google. Kalau mau melakukan penandaan lokasi, memiliki email atau akun Google adalah wajib hukumnya.

2. Koneksi Internet

Adanya koneksi internet yang bagus juga jadi syarat utama agar bisa menandai lokasi Google Maps. Syarat berupa koneksi internet yang berkualitas itu memang amat penting.

3. Penamaan yang Harus Akurat

Penamaan lokasi yang ditandai di Google Maps itu juga harus akurat. Akurasi penamaan ini penting buat para pembaca Maps yang juga akan konsumsi informasi tersebut.

Cara Menandai Lokasi Google Maps

Cara untuk menandai lokasi pada Google Maps sebenarnya tak sulit. Hanya perlu melakukan beberapa tahap dan langkah sederhana saja untuk melakukan penandaan. Berikut ini adalah tata cara untuk menandai lokasi di Google Maps di smartphone.

1. Pastikan Sudah Login ke Google

Pastikan sudah login dulu ke akun Google. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan semua pengguna. Login bisa dilakukan secara otomatis ketika pengguna masuk ke email dari Google.

2. Buka Aplikasi Google Maps

Kalau sudah masuk atau login dengan email Google, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi Google Maps yang ada di smartphone. Patikan telah terhubung dengan koneksi internet juga.

3. Pilih Contribute

Ketika sudah berada di Google Maps, klik ikon (+) yang berada di bagian bawah. Nantinya ada beberapa menu yang bisa dipilih oleh para pengguna yang akan menandai lokasi baru.

4. Pilih Add Place

Berikutnya langsung pilih menu add place. Tambahkan nama lokasi yang ingin ditandai dan juga kategori tempatnya. Apakah lokasinya adalah restoran, toko, hotel atau yang lainnya.

5. Tandai Lokasi yang Diinginkan

Setelahnya langsung tentukan lokasi sesuai dengan maps. Bisa memilih secara manual atau secara otomatis dengan koordinat yang sesuai.

6. Simpan Penandaan

Kalau sudah memberikan penandaan, jangan lupa untuk melakukan penyimpanan. Nantinya pihak Google akan melakukan review terlebih dulu sebelum memberikan persetujuan kepada penandaan lokasi.

Advertisement

Manfaat Menandai Lokasi Google Maps

Kenapa banyak yang senang menandai lokasi di Google Maps? Tentu ada alasan mengenai hal tersebut. Terdapat banyak manfaat dalam menandai lokasi di Google Maps dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menandai lokasi Google Maps.

1. Promosi Tempat Usaha

Salah satu manfaat menandai lokasi di Google Maps adalah promosi tempat usaha. Promosi lewat Google Maps ini memang jadi hal yang bisa diandalkan oleh pengusaha makanan atau yang lainnya. Dengan menandai tempat usaha, promosi bisa dilakukan.

2. Menandai Lokasi Baru

Kegunaan lainnya adalah memberikan tanda kepada lokasi atau tempat baru. Kadang tidak ada informasi sama sekali terhadap sebuah lokasi berupa gedung, bangunan atau yang lainnya. Jika menandai lokasi dari awal, banyak orang yang terbantu.

3. Memberikan Informasi yang Berguna buat Orang Lain

Menandai lokasi di Google Maps adalah hal yang berguna buat orang lain. Banyak orang yang melakukan pengecekan tempat atau lokasi dengan Google Maps. Informasi dari Maps tersebut sering dijadikan pedoman oleh banyak pengguna ketika sedang berkendara atau bepergian.

Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Menandai Lokasi Google Maps

Terdapat sejumlah faktor yang perlu diperhatikan sebelum menandai lokasi di Google Maps. Sejumlah faktor ini harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum menandai lokasi di Google Maps.

1. Akurasi

Faktor utama yang wajib diperhatikan adalah akurasi. Selain memastikan posisinya tepat, informasi umum mengenai lokasi yang akan ditandai itu juga harus akurat. Akurasi ini memang penting agar info yang muncul pada Google Maps bisa dipertanggungjawabkan.

2. Penamaan

Penamaan juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan sebelum menandai lokasi di Google Maps. Tentunya nama juga harus sesuai dengan kenyataan di lapangan. Hindari memberikan nama palsu atau menggunakan bahasa yang tak sopan. Kalau penamaan ngawur, Google bisa menolaknya.

3. Tambahan Foto

Sebaiknya siapkan foto juga agar lokasi baru yang ditandai itu semakin lengkap. Penambahan foto tersebut jadi salah satu bagian yang penting dalam penandaan lokasi. Pengguna lain akan sangat terbantu jika ada informasi dalam bentuk foto dalam lokasi baru tersebut.

FAQ | Cara Menandai Lokasi Google Maps

Sulitkah menandai lokasi di aplikasi Google Maps?

Tidak sulit sama sekali. Hanya perlu melakukan sejumlah langkah saja untuk melakukannya.

Apa syarat utama untuk bisa menandai lokasi di Google Maps?

Syarat utamanya dalah mempunyai akun Google.

Apa manfaat menandai lokasi pada aplikasi Google Maps?

Berbagi informasi terhadap sebuah lokasi kepada orang lain.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.