Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka Tertentu

Beranda » Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka Tertentu

Cara menandai/memberi warna otomatis sel excel yang berisi angka tertentu itu sangat mudah. Kalau memahami cara tandai atau beri warna secara otomatis di excel, laporan pada excel akan berjalan secara lebih mudah.

Pemberian atau penandaan warna pada sel excel memang harus diperhatikan. Dengan rumus atau formula yang tepat, pemberian warna bisa dilakukan dengan sangat mudah. Ini dia cara menandai atau memberi warna otomatis sel excel yang berisi angka tertentu.

Cara Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka Tertentu

Proses beri warna pada angka tertentu pada excel memang harus diperhatikan. Dengan memberi warna otomatis pada excel, segala sesuatunya bisa berjalan dengan mudah. Berikut ini tata cara memberi warna otomatis sel excel yang berisikan angka tertentu dengan conditional formatting.

1. Buka File Excel yang Berisikan Angka Tertentu

Langkah awal adalah membuka file excel yang ingin diubah beberapa sel pada angkanya. Pastikan bahwa file yang dibuka itu ada angka – angkanya. Nantinya, angka tersebut akan jadi pedoman dalam penandaan atau pemberian warna dengan conditional formatting.

2. Seleski Semua Sel

Langkah berikutnya adalah menyeleksi semua sel excel yang akan atau ingin ditandai dengan warna. Penyeleksian ini memang perlu dilakukan kalau ingin memberikan warna tertentu pada excel. Khususnya pada bagian angka.

3. Atur Conditional Formatting

Ketika semua sel telah diblok atau diseleksi, lanjutkan dengan klik home lalu conditional formatting. Kemudian pilih new rule untuk melakukan pengaturan pemberian warna. Kemudian lanjutkan dengan mengatur cell valuebetween.

4. Tentukan Format Sel

Setelah itu, tentukan rentang angka yang dikehendaki. Warna nantinya bisa disesuaikan dengan rentang angka yang dipilih. Berikutnya tentunya format sel dan warna yang diinginkan. Bisa pilih warna hijau, biru, kuning atau yang lainnya.

5. Apply Perubahan Warna

Saat sudah menentukan pilihan warnanya, maka langsung klik OK atau Apply. Nantinya, sel yang berada dalam rentang angka yang telah diatur akan berubah warnanya. Perubahan warna sel yang berisi angka tersebut akan disesuaikan dengan pengaturan rentang angkanya.

6. Simpan Perubahan

Kalau data sudah sesuai dengan yang diharapkan, jangan lupa untuk melakukan penyimpanan. Klik CTRL + S untuk melakukan Save. Bisa juga dengan klik tombol home, lalu tekan save. Nantinya, dokumen yang warna selnya telah berganti itu akan tersimpan di folder PC atau komputer.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beri Warna Otomatis di Sel Excel yang Berisi Angka

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mau beri warna otomatis di sel excel yang berisikan angka. Semua hal itu perlu dapatkan atensi dan perhatian khusus terus. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin beri warna otomatis di sel excel.

1. Penulisan Rumusnya

Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah penulisan rumusnya. Penulisan rumus yang tepat itu memang jadi sesuatu yang harus dicermati. Dengan menuliskan formula yang sesuai, pemberian warna pada cell secara otomatis pasti akan berlangsung lancar.

2. Pilihan Warnanya

Penentuan warna yang digunakan itu juga penting. Pilihlah warna yang paling sesuai supaya laporan excel lebih bagus. Hindari memakai warna yang mencolok biar angka tetap bisa dilihat. Gunakan warna yang tepat biar sel excel berisi angka bisa terlihat dengan sempurna.

3. Rentang Cell yang Diberi Warna

Memperhatikan rentang cell yang diberi warna juga jadi bagian yang amat penting. Usahakan untuk memperhatikan berapa banyak cell berisi angka yang diberikan warna. Jumlahnya harus disesuaikan biar laporan tak terlalu banyak elemen warnanya dan sel angka yang diubah warnanya tepat.

Manfaat Memberi Warna Otomatis di Sel Excel yang Berisi Angka

Tentu ada sejumlah manfaat dari memberikan warna otomatis di sel excel yang berisi angka. Semua manfaat tersebut perlu dipahami secara baik. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh? Berikut ini beberapa manfaat memberi warna otomatis sel excel yang berisi angka.

1. Memberikan Penekanan Informasi

Salah satu manfaat utama adalah memberikan penekanan informasi pada sel excel yang berisikan angka. Pemberian warna khusus memang jadi salah satu cara untuk memberi sorotan khusus terhadap suatu informasi. Inilah gunanya memberikan warna khusus.

2. Membedakan Informasi

Membedakan satu informasi dengan informasi lainnya adalah hal yang penting dalam pemberian warna. Itulah kenanapa pemberian warna pada cell angka perlu dilakukan. Tujuannya untuk bedakan sejumlah informasi yang ada pada laporan excel.

3. Membuat Informasi yang Disajikan Lebih Rapi

Kegunaan lainnya adalah membuat informasi yang disajikan jadi lebih rapi. Penyajian laporan yang ada angka di dalamnya memang bisa bikin semuanya lebih rapi. Dalam banyak hal, informasi yang rapi ini memang penting dalam proses penyajian data.

4. Bikin Tampilan Laporan Excel Lebih Menawan

Kegunaan terakhirnya adalah bikin tampilan laporan excel jadi lebih menawan. Hal ini pastinya juga selalu dicari banyak orang yang biasa membuat laporan berbasis angka. Dengan tampilan laporan yang lebih menawan, pembaca informasi akan semakin terpuaskan.

FAQ | Cara Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka Tertentu

Apakah perlu dan wajib memberi warna pada sel excel yang berisi angka tertentu?

Tidak wajib. Namun jika diharuskan, pemberian warna itu penting untuk dilakukan.

Bisakah beri warna otomatis sel excel yang berisi angka tertentu?

Bisa. Terdapat rumus yang bisa beri warna otomatis pada sel excel yang berisikan angka.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.