Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka

Beranda » Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka
Advertisement

Kenalilah dengan bagaimana cara menandai/memberi warna otomatis sel excel yang berisi angka. Pemberian tanda atau warna otomatis ini memang harus dimengerti secara sempurna. Kalau paham cara melakukannya, pemberian warna bisa dilakukan sangat cepat dan juga otomatis.

Memberi warna secara otomatis memang bisa dilakukan. Kalau paham cara pintasnya, pembuat laporan di excel akan bisa melakukan semuanya tanpa butuhkan waktu lama. Berikut ini penjelasan tentang proses pemberian warna otomatis pada sel excel yang berisi angka.

Cara Mudah Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka

Pemberian warna secara otomatis pada sel sexcel berisikan angka itu memang perlu dipelajari. Ada beberapa langkah yang harus dilalui untuk bisa melakukan hal tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah dalam memberi warna otomatis pada sel excel yang berisikan angka.

1. Seleksi Sell yang Berisi Angka

Langkah awal adalah melakukan seleksi sell yang berisi angka pada laporan excel. Seleksi sell ini bisa langsung dilakukan secara otomatis maupun manual pada laporan excel. Bisa diseleksi sebagian atau seluruhnya.

2. Lakukan Conditional Formatting

Usai melakukan seleksi sell, tahap berikutnya adalah melakukan conditional formatting. Caranya dengan datangi menu home di excel kemudian pilih conditional formatting dan new rule.

3. Tentukan Kondisi Format Cell

Tahap selanjutnya adalah menentukan kondisi format cell. Pilih opsi format only cell that contains kemudian pilih cell value dan between. Setelahnya, tunggu sampai ada kotak atau box pengaturan yang muncul.

4. Pilih Rentang Angka

Di box atau kotak yang muncul, aturlah rentang angka yang ingin diberikan warna. Misalnya rentang angka antara 50 sampai dengan 200. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing pada laporan excel yang ada angkanya.

5. Pilih Warna

Proses selanjutnya adalah menentukan warna yang akan digunakan melalui format cell. Pilih warna yang dipakai untuk memberikan pembeda pada sel excel yang berisikan angka. Bisa pakai biru, kuning atau warna lainnya.

6. Apply Perubahan

Ketika semua telah diatur dengan baik, maka langkah terakhirnya adalah apply perubahan warna. Setelah klik apply maka sell excel yang di dalamnya ada angka yang masuk rentang perubahan akan berganti warna.

Manfaat Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka

Harus dipahami juga apa saja manfaat dari memberi warna otomatis pada sel excel yang berisikan angka. Manfaat itu perlu dapatkan perhatian khusus. Berikut ini beberapa contoh manfaat dari memberikan warna otomatis pada sel excel yang berisikan angka.

1. Membedakan Informasi

Salah satu manfaat dari memberi warna otomatis pada sel excel yang berisikan angka adalah membedakan informasi. Jika ingin membedakan satu informasi dengan yang lainnya, pemberian warna khusus memang bisa menjadi solusinya.

2. Memberikan Sorotan pada Informasi Tertentu

Pemberoan sorotan pada informasi tertentu juga jadi manfaat yang bisa didapatkan. Penyajian data akan lebih mudah dimengerti ketika ada sejumlah informasi yang diberikan warna tertentu. Hal ini akan sangat bermanfaat kepada para pembaca data excel.

Advertisement

3. Membuat Laporan jadi Lebih Menarik

Tak bisa dipungkiri juga kalau pemberian warna khusus itu akan membuat laporan jadi lebih menarik. Laporan yang menarik dan menawan memang bisa jadi nilai plus dalam pekerjaan. Karenanya, banyak yang memang sengaja membuat laporan dengan warna khusus.

4. Memudahkan Pembaca dalam Memahami Data

Memudahkan pembaca dalam memahami sebuah data juga jadi manfaat yang bisa diperoleh. Kemudahan ini pasti jadi salah satu yang dikejar pembuat laporan excel. Saat laporan mudah dibaca, hal itu akan selalu jadi nilai plus.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemberian Warna Otomatis Sel Excel

Pahami juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memberikan warna otomatis pada sebuah sel excel. Hal ini harus diperhatikan secara baik juga agar semuanya bisa berlangsung dengan lebih lancar. Berikut ini sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian warna di sel excel.

1. Pilihan Warnanya

Pilihan warna yang akan ditambahkan jadi hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian warna di sel excel. Pastikan pilihan warnanya tepat dan menyinggung pembaca laporan. Dengan warna yang sesuai, laporan yang disajikan akan jadi lebih bagus.

2. Jumlah Sel yang Diberi Warna

Perhatikanlah juga sel yang diberi warna. Jumlah sel yang diberikan warna memang harus diperhatikan secara baik. Jangan terlalu banyak juga dalam memberikan warna pada sel. Ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan juga.

3. Kombinasi Warnanya

Kombinasi warna juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Gunakanlah kombinasi warna yang nyaman dilihat. Dengan kombinasi warna yang tepat tersebut, laporan juga akan lebih mudah diterima oleh banyak orang, khususnya para pembaca.

4. Penulisan Rumusnya

Hal yang juga tak kalah pentingnya adalah penulisan rumusnya. Penulisan rumus tentunya harus tepat. Kalau penulisan rumusnya tepat dan sesuai, pemberian warna pada sel excel yang ada angkanya akan selalu tepat dan sesuai dengan keinginan.

FAQ | Cara Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Angka

Apakah perlu dan wajib memberi warna otomatis sel excel yang berisi angka?

Tidak wajib. Pemberian warna pada laporan excel hanya saat dibutuhkan saja.

Pentingkah memberikan warna otomatis pada sel excel yang berisi angka?

Jika ingin memberikan penekanan informasi, pemberian warna memang perlu dilakukan.

Kenapa pemberian warna otomatis sel excel sering gagal?

Biasanya karena kesalahan setting atau formula yang dituliskan kurang tepat.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.