Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu

Beranda » Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu
Advertisement

Cara menandai/memberi warna otomatis sel excel yang berisi teks tertentu cukup mudah sebenarnya. Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dipakai untuk memberikan warna otomatis pada sel excel. Karenanya, pahami terus bagaimana cara menandai dengan baik.

Pemberian warna otomatis ini memang kadang dibutuhkan dalam sejumlah kesempatan. Jika memberi warna otomatis secara baik dan tepat, semuanya akan jadi lebih mudah. Berikut ini beberapa cara menandai atau memberi warna otomatis pada sel yang berisi teks.

Cara Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks

Memberikan warna otomatis pada sel excel yang berisikan teks sebenarnya tak begitu sulit. Hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana saja. Jadi, pastikan paham langkah – langkah utama yang perlu diambil. Berikut ini tata cara memberi warna otomatis pada sel excel yang berisi teks.

1. Buka File Excel yang Ingin Diberi Warna

Langkah awal adalah membuka file excel yang ingin diberi warna tertentu. Ini adalah tahapan penting yang harus diketahui banyak orang yang mau berikan warna khusus di sel excel.

2. Seleksi Data

Jika telah membuka file excel yang ingin diberi warna, langkah berikutnya adalah melakukan seleksi data. Proses untuk seleksi data ini memang wajib dilakukan biar semuanya jelas.

3. Pilih Menu Conditional Formatting

Berikutnya datangi menu conditional formatting. Pilih home di bagian atas, kemudian pilih conditional formatting lalu new rule. Lanjutkan dengan pilih format only cells that contain.

4. Atur Rule Description

Pada opsi rule description, pilih specific tekt dan containing. Kemudian masukkan teks tertentu yang ingin diberikan warna khusus pada lembar kerja excel.

5. Pilih Warna yang Mau Digunakan

Setelah itu, aturlah format warna yang diinginkan. Pilih salah satu warna akan digunakan untuk mewarnai kata tertentu yang sudah diatur pada rule description.

6. Klik OK dan Simpan Perubahan

Jika semuanya sudah dilakukan, maka klik OK pada box yang muncul. Kalau hasilnya sudah benar dan sesuai dengan keinginan, jangan lupa untuk melakukan penyimpanan perubahan.

Faktor Penting dalam Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks

Ada sejumlah faktor penting yang perlu diperhatikan saat ingin memberi warna otomatis pada sel excel yang berisikan teks. Kalau mau lancar, faktor – faktor tersebut harus diperhatikan secara baik. Ini dia beberapa faktor penting ketika ingin memberi warna otomatis pada sel excel.

1. Pilihan Warnanya

Faktor penting ketika mau berikan warna otomatis adalah pilihan warnanya. Gunakanlah warna yang tepat agar laporan yang dibuat itu lebih menawan. Hindari penggunaan warna yang bisa menyinggung orang lain, khususnya para pembaca.

2. Pengaturan Formulanya

Proses untuk atur rumus atau formula juga menjadi faktor penting yang harus selalu diperhatikan. Pengaturan formula dengan baik ini memang jadi hal yang wajib diperhatikan. Dengan mengatur formula secara baik, hasil yang muncul akan sesuai dengan keinginan.

Advertisement

3. Jumlah Sel yang Diberi Warna

Perhatikanlah juga jumlah sel yang akan diberi warna. Jumlah sel yang diberikan warn aitu memang harus diperhatikan terus. Kalau memperhatikan hal ini dengan baik, laporan yang dibuat akan lebih bagus. Intinya, tak semua sel harus diberikan warna.

4. Pilihan Teks yang Ingin Diwarnai

Pilihan teks yang akan diwarnai itu juga penting untuk diperhatikan. Selalu perhatikan teks yang akan diberi warna tertentu. Tentunya tak semua sel berisi teks yang akan diberi warna sepenuhnya. Karenanya, cobalah untuk memilih teks yang mana saja untuk diberikan warna khusus.

Tips dalam Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks

Tentu saja ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk memberi warna otomatis pada sel excel yang berisikan teks. Semua tips yang ada tersebut perlu dapatkan atensi khusus. Ini dia beberapa tips dalam memberikan warna otomatis pada sel excel yang berisikan teks.

1. Gunakan Warna yang Netral

Tips pertama adalah menggunakan warna netral. Ini adalah salah satu tips penting yang bisa memberikan kemudahan dalam pemberian warna sel otomatis di excel. Warna netral seperti biru, hijau dan kuning sangat disarankan.

2. Hindari Penggunaan Warna Merah

Sebaiknya hindari penggunaan warna merah. Menggunakan warna merah bisa disalahpahmi oleh orang lain. Jadi, ada baiknya untuk tidak gunakan warna merah dalam sel excel yang berisi teks. Apalagi jika laporan excel yang dibuat akan diserahkan ke atasan.

3. Jangan Terlalu Banyak Kombinasi Warnanya

Jangan terlalu banyak dalam menambahkan kombinasi warna pada sel excel. Maksimal hanya ada 5 warna yang ditambahkan. Kalau lebih dari 5 varian warna, maka laporan atau lembar kerja excel bisa terlihat jelek.

4. Pastikan Formulanya Tepat

Tips lainnya adalah memastikan bahwa formula yang digunakan itu tepat. Ini adalah salah satu hal penting dalam proses memberikan warna otomatis pada sel excel yang berisikan teks tertentu. Jika formulanya tepat, hasil yang muncul juga akan sesuai dengan yang diharapkan.

FAQ | Cara Menandai/Memberi Warna Otomatis Sel Excel yang Berisi Teks Tertentu

Apakah perlu dan penting memberi warna pada sel excel tertentu?

Jika memang diwajibkan, maka penting untuk memberi warna pada sel excel tertentu.

Kenapa proses memberi warna pada sel excel tertentu gagal?

Salah satu faktor utamanya adalah karene penulisan formula yang salah.

Apakah bisa beri warna juga pada sel excel yang berisi angka?

Bisa. Tinggal mengatur saja pemberian warna pada sel yang ada angka di dalamnya.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.