Cara Mencari Kata di Microsoft Word dengan Cepat

Cara mencari kata di Microsoft Word itu bisa memakai shortcut sederhana. Dengan proses mencari kata di lembar kerja word yang sangat mudah, tulisan atau kalimat yang keliru bisa langsung dibetulkan. Semuanya hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana.

Memang perlu adanya pemahaman tentang cara mencari kata di Microsoft Word. Kata yang keliru atau typo bisa dibetulkan dengan memanfaatkan fitur pencarian kata di word. Berikut ini panduan dalam mencari kata di Microsoft Word dengan mudah dan tak ribet.

Cara Mencari Kata di Microsoft Word dengan Mudah

Mencari kata di Microsoft Word dari ratusan hingga ribuan kata yang ada mungkin nampak sulit. Padahal, sebenarnya tak begitu susah untuk mencari kata – kata tertentu. Berikut ini penjelasan mengenai cara mencari kata di Microsoft Word dengan cukup mudah.

1. Buka Lembar Kerja Word

Proses untuk mencari kata di Microsoft Word bisa dimulai dengan buka lembar kerja baru. Langsung saja buka lembar kerja yang di dalamnya sudah ada tulisan lengkap. Bisa berupa dokumen berbentuk makalah atau karya ilmiah lain.

2. Tekan CTRL + H

Tahap selanjutnya adalah mencari kata di lembar kerja word tersebut. Pencarian kata bisa dilakukan dengan menekan CTRL + H di keyboard. Nantinya akan ada box dialog yang muncul. Box tersebut terdiri dari perintah untuk mencari (find) dan mengganti (replace).

3. Tuliskan Kata yang Dicari

Pada box dialog tersebut, pengguna bisa menuliskan kata yang dicari pada kolom find. Nantinya secara otomatis sistem akan mencari kata yang dicari tersebut. Hasil pencarian meliputi seluruh kata sesuai yang dituliskan pada kolom find. Aturlah sesuai kebutuhan masing – masing.

4. Atur Kata yang Telah Dicari

Jika sudah temukan kata yang dicari, pengguna bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Misalnya mengganti kata yang lama dengan kata baru. Tinggal tuliskan kata baru di kolom replace. Klik ok pada bagian replace untuk mengganti keseluruhan kata.

Kenapa Perlu Mencari Kata di Microsoft Word?

Tentunya ada beberapa alasan mengenai kenapa perlu mencari kata pada Microsoft Word. Ada penjelasan yang mudah mengenai pentingnya mencari kata yang salah di word. Berikut ini adalah beberapa alasan mengenai kenapa perlu mencari kata di lembar kerja word.

1. Memeriksa Kesalahan Kata

Alasan utama dari kenapa perlu mencari kata di Microsoft Word adalah memeriksa apakah ada kesalahan kata yang dibuat pada dokumen atau lembar kerja word. Kesalahan tersebut memang harus diperiksa agar tulisan yang dibuat tak keliru.

2. Cek Kata yang Typo

Alasan lainnya adalah cek kata yang dianggap typo. Memeriksa atau cek kata yang typo itu memang harus dilakukan dengan seksama. Jangan sampai salah ataupun keliru dengan kata yang dituliskan. Itulah kenapa penting untuk melakukan pencarian kata yang typo.

3. Merapikan Dokumen

Merapikan dokumen juga menjadi maksud dan tujuan dari pencarian kata di word. Memang perlu rapikan dokumen biar tidak ada kesalahan yang terjadi. Karenanya, harus diperhatikan dengan tepat bahwa pencarian kata tertentu itu bertujuan untuk merapikan dokumen.

4. Ingin Mengganti Kata

Ketika ingin mengganti kata tertentu, maka pencarian kata pastinya penting untuk dilakukan. Proses mengganti kata lama jadi baru memang bisa dilakukan dengan fungsi pencarian kata di word. Maka dari itu, perhatikanlah selalu proses untuk ganti kata pada lembar kerja word.

Tips dalam Mencari Kata di Microsoft Word

Ada sejumlah tips dalam mencari kata di Microsoft Word. Pencarian kata pada word bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Jadi, tak perlu bingung untuk melakukan pencarian kata – katanya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mencari kata pada Microsoft Word.

1. Cari dengan Seksama Kata yang Salah

Pencarian harus dilakukan dengan sangat seksama. Pencarian dengan seksama itu memang penting supaya kesalahan bisa diminimalisir. Kalau perlu, periksalah beberapa kata yang dianggap salah. Semuanya agar dapatkan akurasi dalam proses membetulkan tulisan di word.

2. Langsung Ganti Kata yang Salah

Tips berikutnya adalah mengganti semua kata salah dengan yang benar. Proses pergantiannya bisa dilakukan secara otomatis. Sehingga, jangan sampai lupa untuk langsung melakukan pergantian kata yang salah jika sudah menemukan semuanya lewat pencarian yang tepat.

3. Rapikan Langsung Dokumennya

Merapikan langsung dokumen word setelah temukan kata yang tepat itu juga amatlah penting. Langsung lakukan proses merapikan agar dokumen bisa jadi sempurna. Tips ini memang penting dilakukan ketika yang dicari kata salahnya adalah makalah atau karya ilmiah.

4. Pahami Konteks Penggunaan Katanya

Dalam mencari kata yang salah dan kemudian ingin menggantinya, maka pahamilah konteksnya. Konteks penggunaan kata yang dicari kesalahannya itu memang cukup penting. Dengan pemahaman tersebut, proses untuk mengganti kata akan jadi lebih mudah.

FAQ | Cara Mencari Kata di Microsoft Word

Apakah sulit untuk mencari kata yang typo di Microsoft Word?

Tidak sulit sama sekali karena pencarian bisa dilakukan dengan fitur yang sudah ada di word.

Bisakah mencari kata yang salah di word dengan shortcut?

Bisa. Pengguna bisa menggunakan shortcut CTRL + H untuk menemukan kata tertentu.

Kapan harus mencari kata di Microsoft Word?

Ketika ingin melakukan koreksi pada kata yang salah di dokumen atau lembar kerja word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.