Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno

Beranda » Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno
Advertisement

Tentang bagaimana cara menemukan berkas yang diunduh di Oppo Reno sangatlah gampang. Namun gampang juga bukan berarti mudah diketahui.

Buktinya kamu sendiri saat ini belum tahu cara untuk melakukannya. Untuk itu, langsung simak uraian kali ini sampai selesai. Kamu bisa melakukan penemuan berkas dari aplikasinya, atau bahkan langsung dari HPnya menggunakan fitur menu File Manager.

Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno dari Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu aplikasi web browser biasa terpasang secara default di HP Android zaman sekarang. Termasuk di HP Android Oppo Reno yang kini sedang kamu gunakan.

Dengan web browser Google Chrome tersebut, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Pun tentu saja dapat melakukan pengunduhan sesuai dengan file atau dokumen  diinginkan. Mulai dari .docx atau bahkan .mp3 hingga mp4. Namun untuk menemukan berkasnya bagaimana?

Jadi jika langsung menggunakan aplikasi Google Chrome, nanti kamu jadi bisa melihat dimana lokasi pengunduhan aplikasinya tersimpan. Sistemnya membuka aplikasi Chrome terlebih dahulu, nah bagaimana caranya?

  • Pertama, pastikan jika memang sebelumnya kamu sudah melakukan pengunduhan pada suatu berkas tertentu
  • Jika sudah, langsung buka Google Chromenya dan klik opsi menu titik tiga dibagian pojok kanan atas halaman aplikasi Chrome
  • Kemudian klik pilihan Download  menggunakan ikon ceklis
  • Klik menu Download tersebut, dan pilih ikon bergerigi atau setting di bagian pojok kanan atas
  • Dari menu tersebut, maka kamu akan bisa langsung melihat lokasi penyimpanan secara detail
  • Biasanya akan tersimpan di memori internal, dan kamu bisa langsung menuju lokasi penyimpanan berkas tersebut dari aplikasi File Manager.

Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno Menggunakan Bar Pencarian

Bar pencarian ini maksudnya adalah bar pencarian yang disediakan pada aplikasi File Manager. File manager sendiri merupakan salah satu aplikasi bawaan, atau aplikasi default yang memang sudah disediakan oleh Oppo. Termasuk Oppo Reno.

Nah, catatannya adalah dengan cara ini kamu harus hafal dan ingat nama file berkas yang diunduhnya. Maka ketika ingat nama berkasnya, maka bisa langsung cari menggunakan ikon kaca pembesar.

Klik menu pencarian tersebut, lalu ketikkan nama berkas pengunduhan yang telah dilakukan. Jangan sampai salah. Karena jika nama filenya salah, maka berkas yang diunduh tidak akan pernah bisa ditemukan.

Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno 7 Z 5G

HP jenis satu ini dibekali memori sangat luas, sebesar 128 GB dan bahkan penyimpanannya dapat diperluas dengan kartu memori sampai 1TB.

Nah, penyimpanan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berkas hasil pengunduhan yang sebelumnya telah dilakukan. Namun berkas tersebut tidak akan pernah bisa ditemukan jika pengguna tidak tahu letak berkasnya dimana. Bagaimana cara menemukannya?

  1. Nyalakan HP Oppo Reno 7 Z 5G yang kini sedang digunakan dan pastikan sebelumnya kamu sudah melakukan penguduhan
  2. Berikutnya langsung buka halaman aplikasi, lalu cari Pengatur File atau File Manager yang aplikasinya berwarna kuning
  3. Advertisement
  4. Nah, nanti akan ada beberapa pilihan menu lain. Mulai dari Foto, video, audio, dokumen, hingga Download atau Unduhan
  5. Untuk dapat menemukan berkas  diunduh, maka bisa langsung pilih opsi Download atau Unduhan  menggunakan ikon panah ke arah bawah.

Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno 8 Z 5G

Sistem Retouching dan Bokeh Flare, membuat para pencinta fotografi akan senang dengan HP satu ini. Pengguna juga dapat mengunduh foto dari Google untuk membandingkan kualitas hasil jepretannya.

Namun untuk tahu dimana lokasi berkas yang sudah diunduh, kamu harus mengetahuinya dengan jelas. Nah, bagaimana menemukannya?

  1. Pertama, pastikan bahwa sebelumnya memang kamu sudah mengunduh gambar atau jenis berkas lain secara berhasil dan utuh
  2. Berikutnya langsung masuk di halaman beranda aplikasi, kemudian temukan menu File Manager yang ikonnya berwarna kuning
  3. Dari menu tersebut, maka kamu akan menjumpai beberapa ketentuan atau keterangan perintah lain
  4. Mulai dari perintah untuk membuka berkas foto, video, dokumen, atau bahkan lainnya
  5. Khusus untuk file berkas pengunduhan  didapatkan dari aplikasi lain, maka bisa langsung pilih ikon panah ke bawah dengan keterangan Download atau Unduh.

Dari perintah tersebut, maka kamu akan menemukan semua file atau berkas sebelumnya yang memang sudah pernah didapatkan.

Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno 8 4G

Bagi kamu yang senang dengan desain retro, kemudian desain HPnya slim. Maka Oppo Reno 8 4G ini sangat cocok untuk dibeli. Untuk memorinya juga sangat luas, baik itu untuk ROM atau bahkan untuk tambahan kartu memori.

Nah, penyimpanan tersebut dapat diisi dengan berkas unduhan yang didapatkan dari banyak aplikasi. Mulai dari aplikasi Chrome, atau bahkan Mozilla Firefox. Nah, bagaimana cara menemukan berkas-berkas dan file tersebut?

  1. Pertama, langsung nyalakan terlebih dahulu HP Oppo Reno 8 4G dan pastikan sebelumnya memang sudah pernah mengunduh suatu berkas
  2. Berikutnya cari langsung menu atau aplikasi File Manager berwarna kuning yang ada di halaman daftar aplikasi
  3. Pilih aplikasi tersebut, dan buka
  4. Maka kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan menu lain, salah satunya menu Unduh
  5. Menu unduh tersebut menggunakan ikon panah ke arah bawah, dan semua berkas  sudah diunduh pasti tersimpan di sana. Baik itu berkas foto, video, mp3, atau bahkan dokumen pekerjaan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menemukan Berkas yang Diunduh di OPPO Reno

Apakah Berkas Rekaman Juga Bisa Tersimpan di File Manager?

Jelas, pasti akan tersimpan di sana.

Bagaimana Jika Berkas yang Diunduh Tetap Tidak Bisa Ditemukan?

Bisa jadi proses pengunduhannya gagal, atau tidak berhasil.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.