Cara Menemukan Data Ganda (Duplikat) dan Data Unik Pada Excel

Ada sejumlah cara menemukan data ganda (duplikat) dan data unik pada excel. Proses ini perlu diketahui dan dipahami secara baik, utamanya buat yang tiap hari berurusan dengan data excel. Perbaikan data di excel akan jadi mudah ketika paham cara temukan data ganda.

Dalam data excel memang kerap ada data ganda maupun yang unik. Untuk menemukannya, pengguna bisa memakai sejumlah cara sederhana. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menemukan data ganda (duplikat) serta data unik di field excel.

Apa Itu Data Ganda di Excel?

Memahami apa itu data ganda di excel merupakan sesuatu yang penting. Kenalilah apa itu sebenarnya data ganda di excel. Pada dasarnya, data ganda atau duplikat adalah sebuah data yang berisikan informasi yang sama secara berulang.

Data ganda ini muncul biasanya karena kecerobohan dalam pengisian field data di excel. Data ganda itu bisa berdampak pada rangkuman dari laporan data yang dibuat pada excel. Sehingga, pastikan untuk mengatur pengisian field excel secara tepat biar terhindar dari data ganda.

Apa Itu Data Unik di Excel?

Kenalilah juga apa itu data unik di excel. Pengetahuan tentang data unik di excel itu harus diperhatikan pula untuk memudahkan proses penyajian data. Data unik atau biasa disebut dengan tidak duplikat merupakan data excel berupa teks, nama, angka kode dan sebagainya.

Biasanya, data unik pada excel akan diklasifikasikan sendiri dengan yang lain. Sehingga, laporan bisa lebih komperehensif dan mudah untuk dibaca. Karenanya, dalam sejumlah laporan di excel sering ditemui data unik yang biasanya ditandai secara khusus.

Cara Menemukan Data Ganda dan Data Unik pada Excel

Kini saatnya memperhatikan cara untuk menemukan data ganda dan data unik pada excel. Dengan cara menemukan data ganda dan data unik yang tepat, semuanya akan jadi lebih lancar. Cara paling mudah untuk temukan data ganda dan data unik pada excel adalah dengan conditional formatting.

Perlu dipahami bahwa conditional formatting adalah salah satu fitur yang yang bisa dipakai di excel. Fitur ini bisa dimaksimalkan untuk membuat dan mengatur format sel sesuai dengan nilai tertentu. Jadi, fitur conditional formatting ini memang amat berguna.

Fitur tersebut juga dapat digunakan dalam menemukan data ganda dan data unik. Penerapannya sangat mudah dan cepat. Berikut ini adalah beberapa cara menemukan data ganda dan data unik yang ada pada excel dengan conditional formatting.

1. Seleksi Rentang Data

Langkah awal adalah melakukan seleksi pada rentang data yang mau dicari data duplikatnya. Coba blok semua data yang ada di field excel terlebih dulu. Bisa dilakukan ke semua field data atau sebagian saja sesuai dengan kebutuhan.

2. Atur Conditional Formatting

Ketika sudah menyeleksi rentang data yang ada, maka langsung klik home di bagian atas menu excel. Lanjutkan dengan memilih conditional formatting

. Kemudian pilih highlights cells rules lalu klik duplicates values.

3. Tentukan Format Cell

Proses berikutnya adalah menentukan format cell yang dikehendaki pada data ganda. Bisa mengatur warna huruf atau memberi warna pada blok di field excel. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

4. Data Duplikast atau Data Unik Akan Terlihat

Jika sudah menentukan format cell, maka langsung klik OK. Ketika sudah klik OK, maka akan terlihat mana saja data duplikat atau ganda pada sebuah laporan excel. Dari sana bisa dilakukan editing langsung.

Menemukan Data Data Unik pada Excel

Ada beberapa cara juga dalam menemukan data ganda atau data unik di excel. Melalui tips atau cara yang sesuai, proses menemukan data ganda akan jadi lebih cepat pada field excel. Karenanya, cobalah untuk selalu temukan data unik secara tepat.

Proses dalam menemukan data unik memang tak terlalu berbeda jauh. Berikut ini beberapa cara dalam menemukan data ganda dan data unik yang ada pada excel.

1. Seleksi Rentang Datanya Dulu

Sama seperti ketika ingin cari data ganda, langkah awal untuk temukan data unik adalah menyeleksi rentang datanya dulu. Cobalah untuk lakukan seleksi pada rentang data excel yang tersedia. Bisa sebagian saja atau semuanya.

2. Lakukan Conditional Formatting

Proses atau langkah berikutnya adalah melakukan conditional formatting. Prosesnya diawali dengan klik home pada bagian atas excel. Lanjutkan dengan menu conditional formatting, lalu new rule untuk mengatur data yang sudah diseleksi.

3. Tentukan Format yang Dikehendaki

Ketika muncul option box pilih opsi format only unique or duplicate value. Di bagian edit rule description langsung pilih duplicate dan tentunya format seperti apa yang dikehendaki dalam menandai data unik.

4. Selesaikan Pengaturan

Jika semuanya sudah dilakukan sesuai urutan, maka proses terakhir adalah selesaikan pengaturan. Saat sudah selesaikan pengaturan akan muncul data baru yang berisikan informasi mengenai data unik pada laporan excel.

FAQ | Cara Menemukan Data Ganda (Duplikat) dan Data Unik Pada Excel

Sulitkah menemukan data ganda (duplikat) dan data unik pada excel?

Tidak sulit. Ada metode yang bisa digunakan untuk bisa temukan data ganda dan data unik di excel.

Kenapa bisa ada data ganda di excel?

Biasanya karena ada kesalahan saat mengisi field data excel.

Apakah data ganda di excel harus dihapus?

Data ganda yang ada di excel sebaiknya memang dihapus untuk memastikan catatan di excel tepat.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.