Cara Mengakses Antarmuka Excel Mudah Bagi Pemula

Mengenai bagaimana cara mengakses antarmuka Excel ternyata sangat mudah, namun tentu saja tidak hanya sekadar mengaksesnya saja.

Di dalam kesempatan kali ini, akan dipaparkan secara jelas tentang bagaimana cara mengaksesnya. Namun kamu juga akan diajak untuk mengenal antar muka di Excel secara rinci, jelas dan tentu dipastikan mudah untuk dipahami.

Apa yang Dimaksud dengan Antarmuka Excel

Penting untuk diketahui, bahwa antarmuka yang dibahas pada kesempatan kali ini adalah antarmuka Excel 2016.

Excel 2016 ini menjadi alat spreadsheet canggih, dikembangkan secara resmi oleh Microsoft. Sedangkan antarmukanya, merupakan cara pengguna bisa berinteraksi dengan program dan melakukan beragam tugas.

Mulai dari membuat, melakukan pengeditan, menganalisis data. Kemudian antarmuka Excel 2016 juga dirancang agar lebih intuitif. Mudah digunakan, bahkan bagi kamu yang sebelumnya belum memiliki pengalaman menggunakan spreadsheet di Excel.

Beberapa Langkah dan Cara Mengakses Antarmuka Excel dengan Mudah

Untuk dapat mengakses antar muka Excel, kamu hanya perlu membuka aplikasinya terlebih dahulu. Cara membukanya juga tergantung dari sistem operasi yang digunakan, untuk lebih lengkap dan jelasnya bagaimana. Langsung simak pembahasannya.

  1. Pertama, klik Start pada Menu seperti biasa
  2. Lalu cari dan klik menu aplikasi Microsoft Excel
  3. Selain cara tersebut, kamu juga bisa menekan tombol keyboard Windows+R secara bersamaan
  4. Selanjutnya ketikkan kaya kunci Excel di dalam kotak RUN yang sudah disediakan, lalu tekan tombol Enter
  5. Selain cara tersebut, kamu juga dapat membuka folder Office atau Microsoft Office di hard driver perangkat
  6. Kemudian klik ikon aplikasi Microsoft Excel untuk dapat membuka aplikasinya
  7. Lalu cara mengakses antarmuka Excel selanjutnya, dapat dilakukan melalui aplikasi Word atau Ms. PowerPoint
  8. Memilih ikon Microsoft Excel dari menu File atau menekan tombol keyboard Alt+F11 secara bersamaan.

Nah, itulah beberapa cara mengakses antarmuka Excel yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah.

Setelah aplikasi terbuka, maka kamu pun sebagai pengguna bisa mengakses antar muka Excel dengan mengklik tab yang sudah disediakan pada Ribbon bagian atas aplikasi.

Antarmuka di aplikasi Excel terdiri dari beragam jenis tab, juga menu yang dapat memudahkan pengguna dalam pengolahan data. Mulai dari membuat, mengedit serta mengelola data dalam lembar kerja Excel secara mudah.

Beragam Hal yang Harus Dikenali dari Mengakses Antarmuka Excel

Sesuai dengan janji sudah disebutkan sebelumnya, selain menyimak bagaimana cara mengakses antarmuka Excel. Kamu juga akan diajak untuk mengenal antarmuka yang ada di dalamnya, pun tentu saja masing-masing antarmuka akan memiliki fungsi serta manfaat tersendiri.

Apa saja antar muka tersebut?

1. Application Window Sebagai Antarmuka Excel

Di dalam kondisi lembar kerja atau workbook terbuka, serta kosong belum ada data. Maka standar tampilannya memang demikian, seperti ini:

Untuk mengenal masing-masing menu, atau masing-masing application window apa saja, yuk langsung simak penjelasan di bawah ini.

Quick Access Toolbar

Merupakan bagian aplikasi di Excel yang berisi tombol atau pilihan perintah umum, sering digunakan. Tombol tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan, serta keinginan pengguna, dan menunya dapat ditemukan dibagian pojok kiri atas halaman aplikasi.

Ribbon Menu

Bagian antar muka ini menjadi kumpulan tombol perintah pada Excel yang sangat berguna. Tombol perintah ini dikelompokkan berupa tab. Adapun pengelompokkan setiap Tab bisa berdasarkan pada fungsi disetiap tombol.

Formula Bar

Adalah bagian dari Excel yang menjadi tempat dimana pengguna dapat menuliskan rumus, atau formula di dalam pengolahan data Excel.

Pada Formula Bar juga terdapat bagian Cell Address, atau alamat sel. Yang akan menunjukkan alamat cell aktif dalam kerja, sekaligus dengan isinya.

Worksheet Area

Nah, antarmuka Excel selanjutnya ada Worksheet Area, atau sering juga disebut dengan workspace. Berisi kumpulan cell yang sudah teridentifikasi berdasarkan kolom, dengan simbol A, B, C dan seterusnya. Sedangkan untuk baris atau Row, menggunakan simbol 1, 2, 3 dan seterusnya.

Status Bar

Lalu Application Window berikutnya ada Status bar, akan menunjukkan informasi status aplikasi Excel yang sedang dijalankan.

Zoom Control

Merupakan menu yang ketika diklik serta ditarik, maka akan melakukan pengendalian pembesaran. Angka yang terletak pada kanan slider menunjukkan persentase dari pembesaran yang dilakukan.

ActiveSheet

Merupakan worksheet paling depan, serta bisa dilakukan untuk editing.

2. Ribbon Menu Sebagai Antarmuka Excel

Ya, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Bahwa menu Ribbon adalah sekumpulan menu dengan tombol yang digunakan sebagai perintah, untuk mengatur juga mengolah data dengan baik.

Tab Menu

Berisi kumpulan tombol yang sudah dikelompokkan berdasarkan pada fungsi juga manfaatnya. Tab menu ini secara umum ada Tab Menu Home, Insert, lalu ada lagi Page Layout hingga menu View juga ada di dalamnya.

Sebenarnya ternyata ada satu tab menu lagi, yakni Tab menu Developer. Namun secara default, menu ini disembunyikan. Jika ingin menampilkannya, kamu harus melakukan pengaturan atau rangkaian penyettingan terlebih dahulu.

Group Menu

Nah, setiap Tab Menu memiliki sekumpulan tombol atau perintah menu yang berbeda-beda. Baik itu untuk nama, atau bahkan fungsinya.

Sekumpulan tombol tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam beberapa Group tertentu. Yang mana masing-masing dapat dipisahkan oleh garis vertikal.

Command Buttons

Lalu berikutnya ada Command Buttons, atau bisa disebut juga dengan tombol perintah. Menjadi tombol yang mewakili satu jenis perintah di dalam aplikasi Excel

Pun tentu saja setiap tombol akan memiliki fungsi serta cara penggunaan berbeda, antara Command Buttons satu dengan lainnya.

Dialog Box Launcher

Dibeberapa sudut Grup Menu, ternyata terdapat bagian Dialog Box Launcher. Yakni fungsinya untuk dapat menampilkan pengaturan lebih lanjut, dimasing-masing Menu Grupnya. Secara umum dan standarnya, pengaturan Group Menu tidak ditampilkan pada pengguna.

3. Contextual Tabs Sebagai Antarmuka Excel

Saat seorang pengguna sedang melakukan pengolahan data, kemudian melakukan perintah blok. Atau seleksi pada sekumpulan cell. Maka sistem aplikasi akan memunculkan Tab Baru, yang mana awalnya tab ini tidak ditampilkan.

Di dalamnya akan berisi tombol perintah lanjutan, atau Command Buttons yang secara khusus dapat digunakan untuk mengelola. Serta mengolah objek yang sedang diseleksi. Misalnya seperti ini:

Contoh di atas, merupakan sebuah grafik yang ditambahkan melalui menu Tab Inset. Atau grafik tersebut bisa disebut dengan Chart.

Karena chart tersebut diklik oleh pengguna, maka Menu Contextual Tabs muncul secara otomatis. Dan bisa dinamai dengan Chart Tools.

Menu Kontekstual tersebut meliputi Design dan juga Format. Jadi dua Tab Menu tersebut bisa digunakan untuk mengedit dan mengolah data di diagramnya secara langsung. Baik itu pengeditan warna, atau pengeditan dari datanya itu sendiri.

Nah, itulah beberapa langkah bagaimana cara mengakses antarmuka Excel yang bisa dilakukan dengan mudah. Pun dari antarmuka tersebut, kamu bisa berinteraksi dan menggunakannya untuk pengolahan data secara baik.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengakses Antarmuka Excel

Apakah Antarmuka Excel Tahun Lain Juga Memiliki Menu dan Pilihan Sama?

Hampir sama, namun untuk versi terbaru biasanya akan ada fitur tambahan.

Apakah Mengaplikasikan Cara Mengakses Antarmuka Excel Membutuhkan Jaringan?

Tidak.

Tinggalkan komentar