Cara Mengaktifkan Equation di Word

Beranda » Cara Mengaktifkan Equation di Word
Advertisement

Cara mengaktifkan equation di word tak terlalu sulit. Pada word memang tersedia fitur aktivasi equation yang berguna untuk membuat persamaan matematika. Equation juga bermanfaat untuk menunjukkan simbol – simbol tertentu dalam matematika.

Aktivasi pada fitur equation ini penting untuk dimunculkan supaya pengguna bisa menambahkan simbol – simbol yang ada dalam ilmu matematika. Karenanya, perlu memahami cara memanfaatkan equation. Berikut ini penjelasan mengenai cara aktivasi equation di word.

Apa Fungsi Utama Fitur Equation di Word?

Mengetahui aneka fungsi utama dari fitur equation di word itu harus mendapatkan atensi khusus. Semua fungsi utama itu perlu dipelajari dengan baik. Lalu, apa saja fungsi utama dari fitur equation pada Microsoft Word? Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari fitur equation di word.

1. Memasukkan Rumus Matematika

Salah satu fungsi utama dari fitur equation di word adalah memasukkan rumus matematika. Penulisan rumus matematika memang bisa dilakukan dengan mudah di word. Penulisan rumus matematika bakal lebih mudah kalau mengaktifkan fitur equation.

2. Memasukkan Simbol Matematika di Lembar Kerja

Fungsi lainnya dari fitur equation di word adalah bisa lebih mudah dalam memasukkan simbol matematika pada lembar kerja word. Ini juga jadi alasan dari banyaknya orang mengaktifkan fitur equation tersebut pada lembar kerjanya.

3. Menuliskan Kalimat tentang Matematika

Fungsi lainnya adalah pengguna bisa menuliskan kalimat matematika dengan mudah. Ini adalah sesuatu yang akan selalu dicari juga oleh para pengguna word yang berkutat dengan ilmu atau studi matematika. Karenanya, pembuatan kalimat matematika akan jadi mudah dengan equation.

4. Bikin Soal Matematika

Membuat soal matematika juga akan lebih mudah dengan fitur equation. Ini merupakan fungsi utama yang pasti selalu dibutuhkan guru matematika. Sehingga, aktifkan saja fitur equation kalau mau membuat soal matematikan secara mudah dan cepat.

Cara Mengaktifkan Equation di Word dengan Quick Acces

Cara untuk mengaktifkan equation di word itu amat mudah. Dengan beberapa tahapan dan langkah sederhana saja, proses aktivasi fitur equation pada Microsoft Word bisa dijalankan langsung. Sehingga, pahamilah terus bagaimana cara mengaktifkannya. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Klik Ikon Segitiga di Quick Acces

Langkah pertama adalah klik ikon segitiga di bagian atas. Setelah klik ikon segitiga tersebut, akan muncul menu dropdown. Pada menu dropdown tersebut langsung saja pilih more commands untuk buka jendela baru.

2. Pilih Quick Acces Toolbar

Setelah muncul window atau jendela baru, maka pilih opsi Quick Access Toolbar. Letaknya berada di bagian kiri window. Setelah itu pilih ikon segitiga pada popular commands lalu pilih opsi All Commands di dalamnya.

3. Pilih Equation Options

Setelahnya lakukan scroll ke bawah dan kemudian pilih Equation Options. Lanjutkan dengan klik Add. Setelah muncul informasi mengenai Equation Options, maka langsung klik menu OK. Nantinya  equation pada word akan aktif dengan sendirinya.

Advertisement

4. Pastikan Tombol Equation Muncul

Ketika sudah melakukan pengaturan dengan benar, maka sistem pada word secara otomatis akan aktifkan tombol equation tersebut. Tunggulah sampai tombol tersebut muncul untuk kemudian langsung dipakai pada dokumen maupun file word.

Cara Mengaktifkan Equation di Word dengan Menu Insert

Proses aktivasi equation di word juga bisa dilakukan dengan menggunakan menu insert. Penggunaan menu insert tentu saja akan memudahkan proses menambahkan aneka simbol dan bahasa matematikan di lembar kerja word. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Buka Lembar Kerja Baru di Word

Langkah pertama adalah membuka lembar kerja baru pada word. Setelahnya, konten atau isi dokumen bisa dituliskan terlebih dulu.

2. Klik Menu Insert di Bagian Atas

Kalau mau memasukkan simbol matematika, langsung klik menu insert. Opsi insert tersebut berada di bagian atas lembr kerja word.

3. Cari Menu Equation

Pada menu insert tersebut, carilah simbol equation. Ketika sudah memilih menu equation tersebut, segala macam simbol bisa dimasukkan.

Cara Menggunakan Equation di Lembar Kerja Word

Cara menggunakan equation di word itu memang mudah. Dengan beberapa cara yang sederhana saja, fitur equation tersebut dapat dijalankan dengan mudah. Ini dia beberapa cara untuk menggunakan fitur equation di Microsoft Word.

1. Buka Lembar Kerja Word

Membuka lembar kerja word adalah langkah awal yang harus dilakukan terlebih dulu. Setelah buka file atau dokumen baru, isi terlebih dulu kontennya secara lengkap. Bisa berupa soal cerita matematika atau soal yang langsung berisikan angka – angka.

2. Aktifkan Fitur Equation

Jika konten sudah dituliskan, maka langsung aktifkan fitur equation. Cara untuk aktifkannya sudah dijelaskan pada proses sebelumnya. Pastikan bahwa fitur equation yang ada pada word itu benar – benar aktif sehingga penulisan bahasa matematika bisa dilakukan.

3. Pilih Rumus atau Simbol yang Digunakan

Setelah equation aktif, maka langkah berikutnya adalah memili rumus atau simbol yang akan dimasukkan. Tempatkan rumus dan simbol matematika sesuai dengan kebutuhan. Periksa satu per satu apakah simbol yang ditambahkan telah sesuai.

4. Atur Penulisan di Lembar Kerja Word

Langkah berikutnya adalah mengatur penulisan equation di lembar kerja word. Bahasa matematika yang ditambahkan dengan fitur equation itu harus diperhatikan secara tepat. Aturlah penulisan simbol dan rumus matematika lainnya dengan tepat.

FAQ | Cara Mengaktifkan Equation di Word

Apa fungsi utama dari fitur equation di word?

Memasukkan semua simbol dan bahasa matematika pada lembar kerja word.

Apakah wajib mengaktifkan equation di word?

Tidak wajib. Aktivasi hanya saat ingin tambahkan simbol dan bahasa matematika saja.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.