Cara Mengaktifkan Microsoft Word

Cara mengaktifkan Microsoft Word buat pengguna baru tidaklah terlalu sulit. Dengan sejumlah metode atau cara sederhana saja, proses aktivasi bisa dilakukan. Jadi, tak perlu bingung kalau mau melakukan aktivitas terhadap Microsoft Word yang ada pada laptop dan PC.

Dalam laptop atau PC, Microsoft Word memang punya peran penting. Selain untuk membuat dokumen, word juga bisa berguna untuk berbagai keperluan lainnya. Jadi, pahamilah bagaimana cara mengaktifkan Word dengan tepat. Berikut ini cara mengaktifkan Microsoft Word.

Cara Mengaktifkan Microsoft Word dengan Mudah

Banyak yang belum tahu dan paham tentang caranya mengaktifkan Microsoft Word dengan tepat. Ketika memahami cara mengaktifkan word secara baik, segalanya akan berlangsung tepat. Berikut ini adalah beberapa cara aktifkan Microsoft Word dengan mudah.

1. Cara Aktivasi Microsoft Word dengan Product Key

Pertama adalah melakukan aktivasi Microsoft Word dengan prouct key. Product key pada dasarnya adalah password yang didapatkan ketika beli Office secara resmi. Berikut ini cara aktivasi Microsoft Word dengan memakai nomor product key yang sudah ada.

  • Buka Microsoft Word yang sudah ada
  • Pilih ikon Activate
  • Klik tombol Enter Product Key
  • Masukkan 25 Digit Product Key di kolom yang sudah tersedia
  • Pilih atau klik Continue
  • Klik tombol atau menu Redeem Online
  • Login dengan menggunakan akun Microsoft
  • Finish Activation

2. Cara Aktivasi Microsoft Word via Akun Microsoft

Cara aktivasi Microsoft Word berikutnya adalah menggunakan akun Microsoft. Penggunaan akun Microsoft ini tentu saja bisa dilakukan secara mudah. Hanya perlu beberapa langkah sederhana saja. Biar lebih jelas, berikut ini adalah cara aktivasi Microsoft Word dengan akun Microsoft.

  • Buka Microsoft Word yang telah tersedia lisensinya
  • Pilih ikon Aktivate
  • Klik opsi menu Existing Office 365 User? Sign In
  • Login ke akun Microsoft dan klik Next
  • Tunggu sampai proses Microsoft Office aktif

3. Cara Aktivasi Microsoft Word dengan KMS 2019

Berikutnya adalah melakukan aktivasi Microsoft Word dengan Knowledge Management System atau KMS. Ini adalah cara aktivasi yang bisa dicoba juga oleh semua orang. Tinggal unduh file KSM versi tahun 2019. Berikut ini adalah cara aktivasi Microsoft Word dengan KMS 2019.

  • Cari dan download dulu file KMS Office 2019
  • Ekstrak File KMS Office 2019 ke salah satu folder di My Computer
  • Klik kanan pada file KMS dan pilih Run as Administrator
  • Akses menu Utilities
  • Centang kotak Office Reactivication Task
  • Klik tombol Office RETAIL yang muncul di layar
  • Tunggu sampai proses selesai dan muncul info Completed
  • Klik tombol Activate Office dan pilih Allow Acces
  • Microsoft Word bisa dicoba di laptop atau PC

Faktor Penting dalam Aktivasi Microsoft Word

Ada beberapa faktor penting dalam melakukan aktivasi Microsoft Word. Ketika memperhatikan semua faktor penting tersebut, semuanya akan berjalan dengan lebih lancar. Berikut ini adalah beberapa faktor penting dalam aktivasi Microsoft Word.

1. Mempersiapkan Product Key

Salah satu faktor penting dalam melakukan aktivasi word adalah persiapan prouct key. Proses untuk mempersiapkan product key itu memang krusial. Product key itu sendiri didapatkan setelah membeli lisensi resmi dari Microsoft Office.

Tanpa product key, aktivasi tak akan bisa dilakukan. Sehingga, jangan sampai keliru dalam memasukkan product key yang sudah dibeli sebelumnya.

2. Pastikan Sudah Punya Akun Microsoft

Ketika mau melakukan aktivasi word secara resmi, maka pastikan telah mempunyai akun Microsoft. Mempersiapkan akun Microsoft itu memang jadi faktor dan syarat penting dalam proses aktivasi. Syarat tersebut harus dipenuhi dengan baik biar bisa aktivasi word.

Kalau sudah punya akun Microsoft tersebut, aktivasi bakal lebih mudah dilakukan. Kalau belum mempunyai akun Microsoft, cobalah untuk melakukan pendaftaran terlebih dulu.

3. Koneksi Internet

Koneksi internet juga jadi salah satu faktor penting dalam aktivasi Microsoft Word. Saat menyiapkan koneksi internet secara baik, segalanya akan berlangsung dengan lebih mudah. Ini adalah salah satu hal penting untuk melancarkan semuanya.

Sehingga, usahakan telah siapkan koneksi internet dengan baik dan benar sedari awal. Ketika ada koneksi internet yang tepat dan sesuai, segalanya akan berjalan dengan lancar.

4. Semua Urutan Langkahnya Harus Tepat

Urutan langkah untuk aktivasi word harus dilakukan secara tepat. Semuanya harus sesuai urutan yang telah ditetapkan kalau mau prosesnya lancar. Ini jadi bagian penting juga ketika akan melakukan aktivasi word secara resmi di laptop maupun PC.

Segala macam urutan langkah ini memang perlu diperhatikan secara tepat. Untuk itu, semua langkah harus diikuti dengan baik dari awal sampai akhir.

Alasan Kenapa Aktivasi Microsoft Word Gagal

Perlu dipahami juga bahwa aktivasi dari Microsoft Word itu bisa mengalami kegagalan. Kegagalan bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Untuk itu, pahamilah apa saja alasan kenapa aktivasi Microsoft Word itu bisa dijalankan. Berikut ini beberapa alasan kenapa aktivasi Microsoft Word gagal.

1. Product Key Salah

Salah satu alasan kenapa aktivasi Microsoft Word gagal adalah product key salah. Dalam proses aktivasi, product key itu memegang peranan penting. Jika penulisan product key saat mau aktivasi salah, maka proses aktivasi Microsoft Word otomatis akan gagal.

2. Akun Microsoft Kadaluarsa

Akun Microsoft yang sudah kadaluarsa juga merupakan alasan mengenai kenapa aktivasi bisa gagal. Dalam proses aktivasi word, login ke akun Microsoft terlebih dulu itu sifatnya wajib. Karena itu, saat akun Microsoft alami kadaluarsa, proses aktivtasi tak bisa dilakukan.

3. Koneksi Internet Bermasalah

Kegagalan dalam aktivasi word itu juga bisa disebabkan oleh koneksi internet yang bermasalah. Masalah pada internet memang akan berdampak langsung. Sehingga, usahakan untuk mempersiapkan koneksi internet secara tepat.

4. Microsoft Word yang Diaktivasi Bajakan

Memastikan bahwa yang akan diaktifkan itu adalah produk asli itu memang penting. Ketika yang mau diaktifkan itu adalah word bajakan, maka akan ada banyak masalah. Untuk itu, baiknya hindari aktivasi terhadap program bajakan agar semuanya berlangsung lancar.

5. Sistem di PC atau Laptop Error

Sistem di PC atau laptop error juga merupakan penyebab utama. Ini adalah alasan kenapa aktivasi Microsoft Word gagal. Ketika ada sistem bermasalah, potensi alami kegagalan aktivasi akan lebih terbuka. Sehingga, jagalah selalu agar sistem di PC dan laptop tak error saat dipakai.

FAQ | Cara Mengaktifkan Microsoft Word

Apa yang perlu dilakukan agar aktivasi Microsoft Word berhasil?

Melakukan pembelian Microsoft Office secara resmi dan melakukan instalasi sesuai urutan.

Apa penyebab utama aktivasi Microsoft Word gagal?

Salah satu penyebabnya adalah product key yang tidak valid.

Apa yang terjadi jika aktivasi word gagal?

Aplikasi Microsoft Word tidak bisa dijalankan pada laptop atau PC.

Tinggalkan komentar