6 Cara Mengatasi Baterai Bocor iPhone dengan Mudah

Beranda » 6 Cara Mengatasi Baterai Bocor iPhone dengan Mudah

Ada beberapa langkah dan cara mengatasi baterai bocor iPhone. Masalah baterai iPhoneyang bocor itu memang sering terjadi. Kalau mengalami masalah baterai bocor, iPhone bisa tak berfungsi dengan baik. Karenanya, pahamai terus aneka cara mengatasi baterai iPhone yang bocor.

Pengguna iPhone lawas dari iPhone 8 hingga iPhone 5 memang akan mengalami masalah baterai bocor yang memusingkan. Sehingga, pahami terus cara mengatasi masalah tersebut. Ini dia penjelasan mengenai cara mengatasi masalah baterai bocor iPhone.

Mengenali Penyebab Baterai Bocor iPhone

Mengenali atau mengidentifikasi berbagai penyebab baterai iPhone yang bocor itu memang beragam. Jadi, para pengguna iPhone harus memahami semua penyebab utamanya. Berikut ini beberapa penyebab dari baterai bocor iPhone.

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Diinstall

Penyebab utama dan paling umum dari baterai bocor di iPhone adalah terlalu banyak aplikasi yang diinstall. Jumlah aplikasi yang bisa diinstall memang bisa berpengaruh terhadap kekuatan baterai. Kalau pakai iPhone lama, sebaiknya jangan terlalu banyak install aplikasi.

2. Kelamaan Dipakai Main Game

Penyebab lainnya juga adalah terlalu sering dipakai main game. Keseringan memakai iPhone untuk bermain game memang bisa mempengaruhi kesehatan baterai. Akibat paling fatal adalah baterai bocor hingga tak bisa digunakan lagi.

3. Terlalu Lama Digunakan Nonton Youtube

Terlalu lama digunakan untuk menonton Youtube juga jadi penyebab utama. Penyebab seperti ini memang kerap terjadi. Jadi, sebaiknya jangan terlalu lama dalam nonton Youtube menggunakan iPhone. Banyak pengguna yang memang terlalu lama dalam menonton video Youtube.

4. Usia Baterai Mau Habis

Penyebab lainnya juga adalah usia baterai yang mau habis. Baterai iPhone memang punya usia tertentu. Jika sudah mencapai usia tertentu, baterai bocor dan rusak sepenuhnya. Hal ini perlu dimengerti dengan baik oleh para pengguna iPhone.

5. Isi Daya dengan Aksesoris Palsu

Mengisi daya dengan charger palsu adalah penyebab berikutnya yang juga sering terjadi. Penggunaan aksesoris palsu itu memang jadi penyebab dari berbagai macam masalah pada iPhone. Termasuk masalah pada kesehatan baterai iPhone.

Cara Mudah Atasi Baterai iPhone yang Bocor

Mengatasi baterai iPhone yang bocor itu ternyata tak terlalu sulit. Hanya perlu beberapa langkah sederhana saja untuk atasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah dalam atasi masalah baterai iPhone yang bocor.

1. Jangan Install Aplikasi Terlalu Banyak

Cara yang bisa digunakan agar baterai tidak bocor adalah membatasi jumlah aplikasi yang diinstall. Jangan terlalu banyak install aplikasi pada iPhone biar baterai tak cepat rusak.

Memperhatikan jumlah aplikasi yang diinstall adalah tindakan penting untuk memelihara kesehatan dari baterai. Hal ini ini memang penting untuk dilakukan supaya bisa atasi masalah baterai bocor.

2. Jangan Dipakai Main Game Lebih dari 1 Jam

Bermain game pakai iPhone juga perlu dibatasi. Jangan terlalu sering main game dengan iPhone. Maksimal main game pakai iPhone adalah 1 jam. Kalau terlalu sering main lebih dari 1 jam, baterai pada iPhone bisa cepat rusak.

Durasi dalam bermain game memang harus diperhatikan. Ketika sering mainkan game berat dalam waktu lama, baterai memang bisa cepat bermasalah. Solusi ini perlu dicoba agar iPhone bisa lebih awet.

3. Hindari Tonton Video Youtube dalam Durasi Lama

Supaya tak cepat bocor, pengguna juga disarankan untuk tidak menonton video Youtube terlalu lama. Seperti yang sudah disebutkan, terlalu lama dalam menonton video Youtube bisa bikin baterai cepat bocor.

Gunakan aplikasi Youtube secukupnya saja jangan lama – lama. Jika terlalu sering gunakan Youtube, baterai iPhone akan bekerja lebih keras. Akibatnya, baterai iPhone bisa lebih cepat rusak.

4. Melakukan Kalibrasi iPhone

Mengatasi masalah baterai bocor juga bisa dilakukan dengan melakukan kalibrasi pada iPhone. Melakukan kalibrasi pada iPhone memang jadi sesuatu yang penting juga untuk dilakukan. Kalibrasi ini akan bisa menyembuhkan masalah baterai yang bocor pada iPhone.

Kalibrasi memang dapat dilakukan untuk menyelematkan baterai yang sudah bocor. Proses kalibrasi yang tepat dan sesuai memang jadi cara yang paling tepat untuk atasi masalah baterai iPhone yang bocor.

5. Matikan iPhone Saat Tidur

Cara lain untuk mengatasi masalah kebocoran baterai iPhone adalah mematikan gadget saat tidur. Ini merupakan cara yang efektif agar baterai iPhone bisa sehat terus. Karenanya, sebaiknya matikan saja iPhone saat tak digunakan.

Penghematan daya atau baterai memang perlu dimaksimalkan. Jadi, ketika sedang tidur, sebaiknya iPhone ikut dimatikan saja. Cara ini akan lebih bermanfaat untuk membuat usia baterai jadi lebih panjang.

6. Beli atau Ganti yang Baru

Membeli atau ganti baterai iPhone yang baru juga bisa menjadi solusi. Ini adalah cara yang mudah juga untuk mengatasi kebocoran iPhone. Pastikan juga untuk membeli baterai asli atau original biar tak mudah rusak juga.

Ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh para pengguna iPhone. Kalau sudah tidak ada opsi lain, membeli baterai baru memang jadi solusinya.

FAQ | Cara Mengatasi Baterai Bocor iPhone

Apa yang perlu dilakukan jika masalah baterai bocor iPhone sudah sangat parah?

Lakukan pergantian baterai agar masalah baterai bocor itu bisa segera diatasi.

Bisakah baterai bocor iPhone dibetulkan jadi seperti semula?

Tidak bisa. Baterai yang bocor tak akan bisa kembali seperti semula karena sudah alami kerusakan.

Apa akibat jika tak segera mengatasi masalah baterai bocor iPhone?

Jika tak segera diatasi, iPhone tak akan bisa digunakan lagi.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.