Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Diketik dengan Mudah

Beranda » Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Diketik dengan Mudah
Advertisement

Permasalahan tentang Excel tidak bisa diketik, tentu saja bisa dialami dan terjadi pada setiap pengguna yang membukanya.

Namun, yang mengalami hal ini kerap kali tidak tahu penyebabnya apa. Pun juga tidak tahu solusi untuk menyelesaikannya bagaimana. Oleh karena hal tersebut, maka kamu harus membaca ulasan kali ini secara lengkap dan juga harus sampai paham.

Penyebab Excel Tidak Bisa Diketik

Agar pengetahuan kamu lebih banyak dan lebih luas tentang aplikasi Excel, barang kali ke depannya kamu mengalami lembar kerja yang tidak bisa diketik. Atau bahkan sekarang pun sedang mengalami hal tersebut, maka berikut beberapa hal yang harus dikenali terkait penyebab errornya excel.

Mengapa tidak bisa diketik, sehingga pengerjaan pada lembar data tidak bisa dilakukan. Dengan hal tersebut, maka otomatis pengerjaan pun akan mengalami keterlambatan. Nah, apa saja penyebab tersebut?

1. Add Ins Bermasalah

Ya, salah satu penyebab dari excel tidak bisa diketik pertama. Adalah karena adanya Add Ins yang error, atau tidak sempurna.

Hal tersebut sedikit banyaknya ternyata membuat aplikasi jadi bermasalah. Not responding, dan membuat pengerjaan data menjadi lambat. Atau lelet.

2. Program Belum Teraktivasi

Pentung untuk diketahui, bahwa sistem Microsoft Office termasuk Microsoft Excel yang belum teraktivasi. Seperti masa trial sudah habis. Maka dapat dipastikan tidak akan bisa digunakan.

Dengannya, kamu perlu aktivasi, agar bisa digunakan kembali dan proses pengerjaan data dapat berjalan sebagaimana harusnya.

3. Program Bermasalah

Salah satu program yang bermasalah ini adalah dari sistem Update Windows. Sebagian pengguna memang tidak jarang sering kali mengalami masalah pada Microsoft Officenya setelah melakukan update Windows.

Jika hal tersebut terjadi, ada kemungkinan sistem package yang belum terpasang atau terupdate sempurna.

4. Adanya Corrupt

Atau sederahananya, adanya kerusakan pada program yang dijalankan. Mungkin saja ada proses pemasangan yang tidak sempurna, adanya malware, atau bahkan sistem package hilang.

Jika hal-hal tersebut ternyata menjadi penyebab tidak bisanya lembar kerja digunakan untuk mengetik. Maka kamu pun harus bisa melakukan beberapa hal berikutnya, sebagai langkah dan solusi agar hal tersebut tidak lagi terjadi. Bagaimana caranya?

Cara Mengatasi Masalah Excel Tidak Bisa Diketik

Namun penting untuk dipahami terlebih dahulu, bahwa solusi di bawah ini dapat diaplikasikan secara tepat pada Windows 10 dengan versi Microsoft Office 2019. Jika kamu tidak menggunakan versi tersebut, boleh langsung disesuaikan saja ya.

1. Menggunakan Spreadsheet Alternatif

Nah, solusi untuk mengatasi masalah sebelumnya. Adalah dapat menggunakan program spreadsheet alternatif.

Jika kamu tidak ingin merasa ribet, kemudian ingin menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan praktis. Untuk sementara waktu, kamu dapat menggunakan program spreadsheet alternatif.

Mulai dari penggunaan Google Sheets, lalu Prezi, LibreOffice, WPS Office, atau bahkan beberapa jenis aplikasi sejenis. Untuk dapat menggunakan Google Sheets, pastikan agar komputer atau Laptop kamu terhubung dengan koneksi internet.

Kamu dapat mengakses Google Sheets menggunakan Google Drive. Atau di alamat google.com/sheets/about. Namun pastikan agar dapat melakukan Login menggunakan Akun Google pribadi ya, bukan milik orang lain.

2. Coba Install Ulang Microsoft Excel

Kemudian cara untuk mengatasi excel tidak bisa diketik selanjutnya, dengan coba menginstall kembali Ms. Office yang sebelumnya sudah terpasang.

Hal ini dapat dilakukan jika aplikasi memang benar-benar tidak bisa digunakan. Akan lebih baik jika pemasangannya dicopot terlebih dahulu, kemudian pasang kembali.

Bisa coba untuk mengunduh aplikasi Ms. Office terbaru, serta pastikan agar versi aplikasinya kompatibel dengan komputer atau laptop digunakan. Bagaimana cara menghapus aplikasinya?

  1. Pertama, langsung klik Start di Desktop dan pilih menu Settings
  2. Advertisement
  3. Berikutnya cari opsi menu Apps dan cari lagi Apps & Feature
  4. Dari tahap tersebut, pilih dan temukan program aplikasi Microsoft Office
  5. Jika sudah, langsung lakukan uninstall
  6. Sistem akan meminta kamu untuk melakukan konfirmasi, dan langsung saja ikuti petunjuk uninstall sesuai dengan sistem yang ditampilkan.

Jika program aplikasinya sudah terhapus, maka kamu pun bisa coba membersihkan file cache serta registry Windows sampai bersih. Lakukan restart komputer, lalu kamu dapat memasang lagi Microsoft Office. Dan Excel pun pasti akan otomatis terpasang kembali.

3.Coba Lakukan Restart

Lalu cara selanjutnya dapat dilakukan dengan cara restart perangkat. Hal ini dapat coba dilakukan jika aplikasi Excel sama sekali tidak bisa dibuka.

Lanjutkan restart pada komputer. Hal ini bisa dilakukan karena adanya kemungkinan service windows tidak dijalankan. Sehingga program tidak jalan saat dibuka.

Setelah restart, buka kembali Microsoft Excelnya dan kemudian lihat hasilnya. Jika ternyata cara ini masih belum bekerja, bisa coba kamu pelajari cara atau solusi berikutnya.

4. Cek System Configuration Windows

Cara ini adalah dengan melakukan pengecekan pada System Configuration. Pastikan semua servicenya telah dijalankan secara baik, atau sudah dalam keadaan enable.

Mengurangi penggunaan service sistem dan program, sebenarnya tidak ada masalah. Asalkan tahu, mana yang boleh dimatikan juga mana yang tidak boleh dimatikan. Untuk hal tersebut, maka akan lebih baik jika kamu dapat mengaktifkan. Atau melakukan enable disemua servicenya.

Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung klik kanan pada Start Menu Windows dan pilih Run
  2. Dari perintah tersebut coba ketik msconfig dan klik OK agar bisa masuk pada System Configuration
  3. Jika sudah masuk pada sistem tersebut, maka langsung pilih tab Services
  4. Klik keterangan Enable All, guna memastikan semua fungsi Service berjalan secara baik
  5. Setelahnya, klik Apply dan OK untuk menyelesaikan solusi ini.

Jika sudah dilakukan pemeriksaan dan mengaktifkan semua service yang ada. Langsung lakukan restart pada laptop atau komputer, kemudian buka kembali Excelnya secara langsung.

5. Update Aplikasi Ms. Excel

Cara atau solusi saat excel tidak bisa diketik berikutnya, adalah dengan mencoba update aplikasinya ke versi paling anyar. Cara ini dapat dilakukan bahkan ketika aplikasinya masih bisa digunakan seperti biasa.

Selain dapat memperbaharui fitur, pengguna juga bisa mendapatkan perbaikan pada bugs yang ada pada aplikasi. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Excel yang terpasang di laptop atau komputer kamu
  2. Selanjutnya klik menu File, lalu pilih bagian Account
  3. Dari perintah tersebut, langsung cari keterangan Office Updates
  4. Selanjutnya klik Update Options dan pilih Update Now
  5. Silahkan tunggu beberapa saat, sistem akan melakukan proses Checking For Update
  6. Tunggu prosesnya sampai updating aplikasi selesai dilakukan.

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang penyebab dari excel tidak bisa diketik beserta beberapa pilihan solusi yang bisa coba dilakukan. Jika ternyata satu solusi setelah dijalankan tidak memberikan hasil, maka kamu bisa coba pada metode berikutnya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Excel Tidak Bisa Diketik

Apakah Penyebab Excel Tidak Bisa Diketik di Atas Mungkin Terjadi Disemua Versi?

Sangat mungkin terjadi.

Bagaimana Jika Semua Cara Sudah Dilakukan, Namun Aplikasi Tetap Tidak Berjalan?

Langsung ke service center, untuk melakukan install ulang pada semua program.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.