Bagaimana Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung?

Beranda » Bagaimana Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung?
Advertisement

Ada sejumlah cara mengatasi ghost touch Samsung. Para pengguna Samsung yang bermasalah dengan ghost touch sebenarnya tak perlu bingung. Sebab, proses untuk mengatasi masalah ghost touch yang terjadi pada Hp Samsung itu cukup mudah.

Pada dasarnya, ghost touch adalah masalah yang terjadi ketika touchscreen pada smartphone tidak merespon sentuhan. Biasanya hanya bisa merespon sentuhan pada bagian – bagian tertentu saja. Lalu, bagaimana cara atasi masalah ghost touch tersebut? Ini dia penjelasannya.

Penyebab Masalah Ghost Touch

Sebelum memahami cara mengatasi masalah ghost touch, perlu dipahami dulu penyebab dari masalah tersebut. Memang ada penyebab dari masalah tersebut yang benar – benar perlu dipahami. Berikut ini beberapa penyebab utama dari masalah ghost touch di Hp Samsung.

1. Layar Terlalu Sensitif

Penyebab utama dari masalah ghost touch adalah layar yang terlalu sensitive. Layar yang terlalu sensitif ini memang jadi biang keladi dari masalah ghost touch di Hp Samsung. Banyak Hp Samsung yang layarnya memang terlalu sensitif.

2. Layar HP Rusak

Layar Hp yang rusak juga merupakan penyebab utama dari masalah ghost touch di Hp Samsung. Ketika ada layar Hp rusak, maka bisa berakibat pada sejumlah masalah. Termasuk masalah ghost touch yang menyulitkan pengguna.

3. Software Hp Samsung Rusak

Penyebab lain adalah software Hp Samsung yang rusak. Kerusakan pada software ini memang bisa berakibat fatal pada sejumlah bagian di Hp Samsung. Utamanya adalah kerusakan pada touchscreen di Hp Samsung. Kalau software Hp rusak maka efeknya akan ke mana – mana.

4. Layar Terkena Air

Layar Hp yang terkena air juga merupakan penyebab utama dari masalah ghost touch di Hp Samsung. Terpaan air itu bisa merusak layar Hp. Karena itu, jangan sampai Hp Samsung layarnya kena air terlalu sering. Berikan perlindungan yang maksimal dari air.

5. Gangguan Elektromagnetik

Adanya gangguan elektromagnetik juga merupakan penyebab utama dari masalah ghost touch di Hp Samsung. Gangguan seperti ini memang jadi hal yang amat mengganggu. Sehingga, jangan sampai Hp Samsung bermasalah dengan elektromagnetik.

Apa yang Terjadi Jika Hp Mengalami Ghost Touch?

Ketika Hp Samsung mengalami masalah ghost touch maka akan ada banyak keanehan yang dialami. Maka dari itu, perhatikanlah efek yang didapatkan Hp Samsung ketika alami masalah ghost touch. Berikut ini beberapa hal yang terjadi saat Hp Samsung alami ghost touch.

1. Layar Tak Responsif

Layar tak responsif sama sekali adalah contoh dari hal yang terjadi saat Hp Samsung alami ghost touch. Masalah layar yang tak responsif memang akan sangat ganggu kinerja dari sebuah Hp. Kalau layarnya tak responsif, maka aktivtas menggunakan Hp Samsung bisa sangat terganggu.

2. Layar Bergeser Sendiri

Efek lain yang akan terjadi adalah layar bisa bergeser sendiri. Masalah layar yang bisa bergeser sendiri ini memang perlu dapatkan perhatian khusus. Layar yang tiba – tiba bergeser sendiri itu akan sangat mengganggu. Kalau tak segera diperbaiki, layar yang bergeser sendiri bakal berjalan terus.

3. Touchscreen Mati

Touchscreen yang mati juga menjadi hal yang terjadi saat Hp Samsung alami ghost touch. Masalah ini juga akan memusingkan banyak pengguna. Ini adalah efek paling buruk dari masalah ghost touch. Saat sistem dari touchscreen mati, maka semua fungsi Hp Samsung tak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung

Ada sejumlah cara untuk mengatasi masalah ghost touch dengan mudah. Dengan sejumlah cara mengatasi yang tepat, semuanya akan berlangsung lancar tanpa masalah. Berikut ini adalah beberapa cara atasi masalah ghost touch.

Advertisement

1. Restart Hp Samsung

Cara pertama untuk atasi masalah ghost touch adalah restart Hp Samsung. Ini adalah salah satu cara termudah untuk bisa atasi langsung masalah ghost touch yang terjadi. Cobalah lakukan restart langsung kalau ingin perbaiki msalah ghost touch.

2. Bersihkan Aplikasi

Lakukanlah pembersihan aplikasi dulu untuk atasi sejumlah masalah. Dengan membersihkan aplikasi, segala macam masalah akan teratasi dengan lebih mudah. Jadi, cobalah untuk membersihkan aplikasi secara rutin biar masalah ghost touch isa diatasi.

3. Periksa Screen Guard

Periksalah screen guard untuk memastikan apakah ada kerusakan di sana. Ini merupakan cara yang bagus juga untuk diandalkan dalam mengatasi masalah ghost touch. Cobalah periksa screen guard yang menempel pada Hp Samsung. Kebersihan screen guard itu memang wajib dijaga terus.

4. Pastikan Kebersihan Layar

Memastikan keberhasihan layar juga merupakan cara terbaik untuk bisa atasi masalah ghost touch. Dengan selalu membersihkan layar, masalah ghost touch pasti bisa lebih mudah diatasi. Layar memang harus dipastikan kebersihannya.

5. Ganti Charger

Mengganti charger juga merupakan solusi bagus untuk mengatasi masalah ghost touch. Sebab, kerusakan dan masalah ghost touch itu bisa terjadi karena charger yang rusak. Pergantian charger ini memang bisa jadi solusi terbaik yang bisa dipakai para pengguna Samsung.

6. Reset ke Pengaturan Pabrik

Lakukan reset ke pengaturan pabrik untuk mengatasi masalah ghost touch juga. Ini adalah cara yang benar – benar bisa dipakai untuk hilangkan masalah pada touchscreen di Hp Samsung. Namun pahamilah kalau reset ke pengaturan pabrik akan hilangkan semua data, dokumen dan file.

Tips Mencegah Masalah Ghost Touch

Ada beberapa tips dalam mencegah masalah ghost touch itu terjadi. Sejumlah cara pencegahan pun bisa dilakukan. Semua cara pencegahan yang mudah bisa dilakukan tanpa repot. Berikut ini beberapa tips dalam mencegah masalah ghost touch di Hp Samsung.

1. Pakai Charger Original

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah selalu memakai charger original. Penggunaan charger original itu memang amat penting perannya. Selalu pastikan menggunakan charger Samsung yang ori biar masalah ghost touch itu bisa dihindari sedari awal.

2. Lindungi Layar dari Air

Lindungi layar dari air juga merupakan proses untuk cegah ghost touch di Hp Samsung. Perlindungan layar yang maksimal dari serangan air ini memang amat krusial. Jangan sampai bermasalah dengan touchscreen karena layar Hp yang kena air.

3. Jangan Pakai Hp Sambil Dicas

Terakhir, pastikan untuk tidak menggunakan Hp saat sedang dicas. Ini adalah prosedur sederhana yang kadang dilupakan banyak orang. Untuk jaga kesehatan Hp Samsung terus, sebaiknya tidak menggunakan ketika sedang dicas. Biarkan Hp terisi sempurna sebelum dipakai.

FAQ | Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung

Sulitkah mengatasi masalah ghost touch Samsung?

Tidak sulit. Ada sejumlah cara yang bisa dipilih untuk bisa atasi masalah ghost touch Samsung.

Kenapa bisa muncul masalah ghost touch Samsung?

Masalah ghost touch Samsung biasanya muncul ketika Hp kena air.

Apa yang terjadi jika Hp Samsung mengalami masalah ghost touch?

Biasanya touchscreen pada Hp Samsung tidak dapat beroperasi secara normal.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.