8 Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Mudah

Tentang bagaimana cara mengatasi HP Oppo mati sendiri kiranya wajib diketahui bagi kamu yang sering mengalami hal tersebut.

Panduan ini penting untuk dipahami serta diaplikasikan, apalagi jika perangkat Oppo yang dimiliki hanya satu-satunya. Pun jika harus mengganti HP dirasa berat. Maka kamu harus tahu terlebih dahulu cara mengatasinya. Agar lebih baik, atau normal kembali. Bagaimana caranya?

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Cek Kartu SD dan SIM

Terkait metode atau cara pertama untuk mengatasi HP Oppo yang sering mati sendiri, adalah coba cek bagaimana keadaan SIM cardnya. Atau bahkan kartu memorinya.

Cara ini dapat dilakukan dengan melepaskan terlebih dahulu kartu SIM serta kartu SD kemudian dipasang lagi.

Namun sebelum memasangnya kembali, usahakan untuk dapat mengecek keadaan fisik kartunya terlebih dahulu. Apakah ada kerusakan secara fisik, atau tidak sama sekali. Karena jika ada kerusakan secara fisik, bukan tidak mungkin kinerja HP akan menurun.

Jika ternyata cara ini dilakukan, kemudian berhasil. Maka dapat dipastikan kartu SD atau SIMnya memang rusak. Namun jika HP Opponya masih tetap mati, maka penyebab matinya HP dapat terjadi karena faktor lain.

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Memeriksa Indikator Baterai

Baterai memang jadi satu diantara beberapa komponen penting di HP Oppo. Berperan bak jadi nyawa dalam sebuah HP. Jika baterainya ada masalah, atau bahkan error. Maka kemungkinan besar HPnya juga akan sulit untuk dioperasikan.

Nah, jika ternyata HP Opponya ternyata menggunakan baterai tanam. Maka bisa coba cek kondisi baterai dari indikatornya. Jika sudah melakukan pengisian daya baterai secara penuh, namun tiba-tiba mati. Maka bisa jadi komponen baterainya mengalami masalah.

Jika ternyata ada masalah dalam indikator baterainya, maka solusi terbaik adalah harus pergi ke tempat service langsung. Dengannya, tim teknis akan langsung menanganinya secara profesional.

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Hapus Sampai dan Cache

Sampah atau cache yang merupakan data tidak penting, ternyata bisa jadi salah satu faktor HP mati mendadak. File cache yang menumpuk banyak, ternyata bisa membuat fungsi sistem HP menjadi terhambat.

Untuk dapat mengahapus file cache tersebut, kamu dapat masuk ke menu Recovery, atau lebih akrabnya lagi sering disebut dengan hard reset. Dan untuk masuk ke menu Recovery, kamu dapat menekan tombol volume bawah serta power dalam keadaan mati.

Jika sudah masuk ke sistem Recovery, maka kamu dapat memilih opsi fitur layanan Wipe Data. Berikutnya, kamu hanya tinggal memilih opsi Hapus. Kemudian memilih Reboot System. Cara ini sangat gampang bukan?

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Delete Aplikasi

Atau menghapus aplikasi. Utamanya beberapa aplikasi yang mungkin bermasalah. Aplikasi bermasalah ini pun biasanya dapat terjadi karena sumber aplikasi didapatkan dari sumber ilegal.

Sehinga membuat sistem pada HP menjadi rusak, bermasalah atau bahkan hal lainnya. Jika memang ada aplikasi yang demikian, sebaiknya hapus saja. Apalagi membuat kinerja HP menjadi menurun, dan membuat aktivitas jadi terhambat secara langsung.

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Sistem Unroot

Kemudian cara berikutnya adalah menggunakan metode Unroot. Jika sebelumnya kamu pernah melakukan root atau rooting, maka jangan heran jika HP Opponya sering mati dan hidup sendiri.

Kemungkinan proses root yang dilakukan sebelumnya gagal, atau kurang sempurna. Proses Root yang gagal tersebut akan berdampak pada HP mati total. Bahkan bootloop. Untuk melakukan Unroot, maka kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan. Seperti Super-SU.

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Lepas Case

Case HP atau casing HP, merupakan salah satu aksesoris HP yang sering digunakan. Terutama oleh pengguna perempuan. Membuat tampilan fisik HP menjadi lebih unik, jadi lebih cantik, pun tentu saja nyaman digenggam.

Namun untuk beberapa jenis casing HP, tidak jarang membuat HP menjadi lebih gampang panas. Mudah overheat, atau bahkan membuat tombol samping HP menjadi lebih sensitif. Dan untuk menghindari HPnya mati sendiri, coba lepas casing HP.

Gunakan casing HP yang simple saja, tidak berlebihan dan tidak mengurangi kinerja juga fungsi dari HPnya sendiri. Dengan begitu, maka HP Oppo kamu pun akan terhindar dari kejadian mati sendiri.

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri dengan Mengisi Daya

Jika pada cara sebelumnya dicek indikator baterainya bagaimana, maka sekarang dilakukan pengisian terhadap baterainya sendiri. Siapa tahu kamu lupa mengisi daya, lupa berapa terakhir jumlah baterai yang digunakan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, coba saja isi daya baterainya kembali. Dan coba hidupkan. Jika hidup, maka berarti baterainya memang habis. Dan jika tidak, berarti ada komponen lain yang memang mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri Langsung ke Service Center

Jika semua panduan cara mengatasi HP Oppo mati sendiri di atas tidak bekerja dan tidak berfungsi, maka jalan terakhir untuk mengatasinya adalah dengan pergi ke service center Oppo resmi langsung. Jadi tim teknis akan langsung melakukan pengecekan secara fisik, juga melalui sistem softwarenya langsung.

Jika ternyata ada permasalahan, pihak teknisi akan mengkonfirmasi langsung kepada kamu sebagai pengguna. Apakah memang perbaikannya akan dilanjutkan, atau cukup dengan tahu permasalahannya apa.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Mengatasi HP Mati Sendiri di Service Center?

Tergantung. Jika memang HP masih dalam masa garansi, maka pengguna tidak akan dipungut biaya. Jika sudah lebih dari masa garansi, maka biayanya bergantung dari apa dan bagaimana kerusakan HPnya.

Apa Sebenarnya Masalah Utama HP Oppo Bisa Mati Sendiri?

Bisa jadi karena HP terkena virus, adanya bug pada ROM, atau memang adanya kerusakan pada perangkat kerasnya.

Tinggalkan komentar