8 Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo Tidak Berfungsi

Beranda » 8 Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo Tidak Berfungsi

Mengenai bagaimana cara mengatasi kamera depan Oppo ternyata terbilang sangat mudah. Kamu sendiri dapat melakukannya dengan beberapa metode.

Paham mengenai bagaimana mengatasi kamera yang error atau karena masalah lain, tentu saja penting dipahami. Dengan begitu, maka kamu tidak akan melewatkan beberapa momen untuk dapat mendokumentasikan beberapa hal penting.

Cara Mengatasi Kamera depan Oppo Tidak Berfungsi dengan Restart HP

Panduan atau cara yang paling sederhana untuk bisa kamu lakukan, adalah memastikan untuk coba restart HP terlebih dahulu. Cara dan panduan ini sangat penting, dan tidak memerlukan effort lain. Karena kamu hanya cukup dengan mematikan dan menghidupkan HP saja.

Jika setelah HP di restart kemudian kameranya dapat berfungsi kembali, itu berarti errornya tidak terlalu parah. Namun jika sudah dilakukan restart, bahkan untuk beberapa kali. Maka kamu bisa coba untuk melakukan beberapa cara dan alternatif lain.

Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo Tidak Berfungsi dengan Update Sistem Operasi

Melakukan update pada sistem OS atau pada sistem operasi sangatlah dibutuhkan. Update ini pun dapat dilakukan untuk dapat menghindari adanya masalah pada sistem. Sehingga seluruhnya dapat ditemukan secara menyeluruh dan maksimal.

Itulah mengapa update sistem harus dilakukan secara berkala, atau secara terus menerus. Atau dapat juga dilakukan secara otomatis. Jadi apabila sistem yang mendadak muncul pada ponsel, maka langsung saja lakukan pengunduhan secara otomatis.

Namun pastikan agar perangkat Oppo kamu bisa terhubung dengan jaringan internet stabil. Dan hal ini pun dilakukan untuk mendapatkan sistem paling baru. Biasanya jika melakukan update sistem, maka berbagai masalah akan bisa diatasi. Termasuk ketika kamera kamu error.

Cara Mengatasi Kamera depan Oppo Tidak Berfungsi dengan Bersihkan Cache

Panduan dan metode berikutnya yang bisa dilakukan, adalah membersihkan cache secara langsung. Cara ini wajib dilakukan secara rutin, tujuannya agar dapat menghindari terjadinya masalah pada sistem software.

Untuk melakukannya, bisa coba langsung simak pembahasan atau panduan lengkapnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, langsung buka aplikasi kamera yang akan digunakan
  2. Kemudian tekan beberapa saat untuk menampilkan pilihan Apps Info
  3. Jika sudah masuk ke dalam halaman Apps Info tersebut, langsung buka Cache dan bersihkan langsung
  4. Pastikan cache sudah dibersihkan secara benar, dan kamu dapat langsung melakukan restart pada kamera sebelum dibuka dan digunakan lagi.

Beberapa pengguna biasanya akan mengaplikasikan cara ini, tidak sedikit juga dari mereka yang berhasil melakukannya dengan gampang. Namun jika tidak bisa diatasi dengan mudah, usahakan untuk langsung restart saja.

Cara ini juga harus sering dilakukan, setidaknya kamu harus melakukannya setiap satu minggu sekali. Jika memang tidak ada masalah serius, maka kamera bisa digunakan kembali saat itu juga.

Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo Tidak Berfungsi dengan Hapus Data Apps

Terkadang data yang muncul atau hadir dalam sebuah aplikasi, jumlahnya tidak sedikit. Dan tidak sedikit akan mengakibatkan sebuah masalah. Solusi dari masalah tersebut, adalah sebagai pengguna harus rajin untuk melakukan penghapusan.

Penghapusannya juga disarankan dilakukan secara berkala. Cara ini juga dapat dilakukan dengan beragam metode, serta beragam cara.

Mulai dari penghapusan secara manual dengan menandai semua foto yang ada, atau juga dapat dilakukan penghapusan secara otomatis. Setelah semua proses penghapusan dilakukan, maka semua file yang tersedia dapat digunakan secara maksimal.

Jadi, memang tidak ada salahnya untuk melakukan metode ini. Karena memang memberikan dampak, pun kamu juga dapat melakukannya sesuai kebutuhan.

Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo Tidak Berfungsi dengan Cek Pusat Keamanan

Nah, jika beberapa cara sebelumnya belum juga bekerja dan menyelesaikan permasalahan kamu. Maka coba aplikasikan cara ini.

Kamu harus coba cek pusat keamanan saat akan menggunakan kamera depannya. Sebab jika tidak dilakukan pengecekan, biasanya akan terdapat masalah pada fungsi aplikasi.

Jika kamera depan tidak diizinkan untuk mengakses, maka ada kemungkinan besar tidak akan bisa digunakan untuk memotret. Sebab perizinannya, khususnya untuk melakukan penyimpanan. Tidak ada perizinan.

Jadi solusinya adalah pilih pada aplikasi kamera terlebih dahulu pada bagian pusat keamanan. Kemudian pilih pada bagian keamanan yang tersedia untuk perizinan penyimpanan pada memori. Sehingga saat mengambil gambar, sistem pemotretan akan langsung tersimpan.

Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo dengan Hentikan Paksa

Panduan satu ini dapat terdengar sangat mudah, cepat untuk mengatasi masalah kamera pada HP yang tidak bisa digunakan. Atau error.

Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu membuka bagian aplikasi Kamera dari menu Pengaturan. Kemudian cari bagian aplikasi, kemudian tinggal pilih opsi menu Hentikan Paksa atau Force stop.

Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo dengan Scan Antivirus

Panduan berikutnya bisa coba dengan melakukan scan terhadap antivirus, karena memang sangat memungkinkan perangkat sistem kameranya terkena virus. Untuk menggunakannya, maka kamu membutuhkan aplikasi tambahan.

Namun pastikan agar dapat menggunakan aplikasi tambahan yang terpercaya. Jika sudah melakukan scan antivirus, maka bisa coba buka kembali aplikasi kamera dan menjalankannya seperti biasa.

Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo Langsung ke Service Center

Nah, jika semua panduan serta solusi di atas tidak juga bekerja dan berhasil. Maka jalan terakhir adalah dengan langsung mengunjungi service center. Pastikan agar dapat mengunjungi servic center Oppo secara resmi.

Untuk urusan biasa, akan gratis jika masih garansi dan jika sudah tidak berlaku garansi. Akan disesuaikan dengan seberapa parah masalah pada kamera depannya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengatasi Kamera Depan Oppo

Apa Sebenarnya Penyebab dari Kamera Depan Oppo Error?

Bisa jadi karena module kameranya rusak, hp terjatuh, sistem yang error.

Apakah Kamera Depan Oppo Error Bisa Kembali Normal?

Sangat bisa, namun bergantung dari apa penyebab errornya.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.