Bagaimana Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung?

Beranda » Bagaimana Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung?
Advertisement

Tidak ada salahnya memahami dan tahu bagaimana cara mengatasi pengisian daya lambat Samsung. Karena memang sangat penting juga.

Jika tahu, maka kamu pun nanti jadi bisa mengisi daya baterai lebih cepat. Lebih mudah, pun tentu saja tidak kesal menunggu lama. Cara untuk mengatasinya juga banyak, kamu bisa menyesuaikannya dengan problem atau masalah yang dialami oleh HP Samsung yang kamu miliki.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung dengan Update Sistem

Panduan dan langkah pertama yang bisa coba kamu lakukan, adalah dengan mengupdate sistem HPnya sendiri. Cara ini dapat dilakukan untuk memeriksa, apakah HP yang kamu gunakan memiliki BUG yang menyebabkan pengisian baterai jadi lambat.

Namun pastikan agar dapat melakukan update sistem sesuai pemberitahuan dari sistemnya langsung. Karena proses update sistem ini tidak bisa dilakukan manual.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung Matikan Aplikasi

Maksudnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang memang memakan banyak daya baterai. Karena memang terkadang banyak aplikasi yang terpasang, kemudian membutuhkan banyak sumber daya baterai.

Aplikasi yang terus aktif pada sistem layar belakang, membuat pengisian HP tidak optimal. Kamu bisa mengcek aplikasi yang menggunakan banyak baterai, dari langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi atau menu Pengaturan di HP Samsung kamu
  2. Berikutnya masuk pada sub menu Baterai
  3. Kemudian klik lagi sub menu Battery Usage
  4. Selanjutnya sistem HP akan langsung menampilkan daftar aplikasi yang menggunakan banyak konsumsi baterai
  5. Pilih untuk langsung paksa berhenti aplikasi yang bersangkutan, atau kamu juga bisa langsung menguninstall aplikasi tersebut secara permanen.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung dengan Ganti Kabel USB

Ada kemungkinan lain yang membuat pengisian daya terhadap HP Samsung lambat dilakukan. Salah satunya kemungkinan ada trouble dari kabel USB terhubung pada adaptor. Jika memang hal ini terjadi, maka mengharuskan kamu untuk mengganti kabel USB tersebut.

Karena memang jika ada masalah pada kabel USB lama, maka akan membuat kinerja kabel menurun. Dan usahakan agar dapat menggunakan charger USB sesuai dengan spesifikasi dari HP Samsung yang digunakan.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung Memeriksa Port USB

Metode selanjutnya untuk dapat mengatasi pengisian baterai  lama, adalah memeriksa tempat port USB. Port USB kotor ternyata bisa menyebabkan pengisian daya ponsel jadi lambat.

Jika ada debu di dalamnya, usahakan agar port USB dapat dibersihkan menggunakan sikat kecil terlebih dahulu. Dan selain kotor, port USB usang juga bisa jadi penyebab pengisian daya melambat.

Jika terjadi kerusakan pada portnya, maka kamu bisa membawa HP ke tempat service resmi. Yakni ke Samsung Service Center secara langsung.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung Mematikan Perangkat Saat Pengisian

Ternyata mematikan dan menonaktifkan perangkat saat pengisian dilakukan, menjadi cara paling sederhana yang bisa dilakukan. Bermain HP saat pengisian dilakukan, ternyata menjadi salah satu penyebab utama pengisian melambat.

Advertisement

Maka jika ingin pengisian daya lebih cepat, usahkan saat di cas HPnya disimpan dan tidak digunakan untuk kegiatan atau aktivitas apapun.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung Menggunakan Adaptor Sesuai

Pernah menjumpai perangkat HP yang dicas tidak menggunakan adaptor bawaannya? Apakah kamu menjadi salah satu yang melakukan hal tersebut?

Jika memang demikian, maka usahakan hal tersebut tidak dilakukan dan tidak diulangi lagi. Jika menggunakan HP Samsung, maka pastikan untuk dapat menggunakan adaptor original Samsung juga.

Walaupun mungkin pernah rusak dan diharuskan mengganti adaptor secara langsung. Usahakan untuk membeli lagi adaptor yang asli. Baik itu di toko online, atau bahkan offline. Dan usahakan agar produk adaptor  dibeli, benar-benar original dan resmi.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung dengan Membersihkan File Sampah

Jika kamu tidak mengetahui secara jelas apa penyebab dari HP Samsung yang diisi dayanya melambat. Maka bisa coba cara ini. Dengan membersihkan sampah-sampah atau file yang tidak berfungsi. Atau bahkan tidak berguna.

Salah satunya adalah dengan coba membersihkan cache dari aplikasi. Kamu dapat membersihkan cache secara manual dari masing-masing aplikasi. Atau menggunakan aplikasi bawaan yang sudah disediakan.

Aplikasi tersebut adalah aplikasi cleaner, yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi bawaannya. Atau aplikasi tambahan yang bisa didapatkan, dipasang dari Google Play Store secara resmi.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung dengan Mematikan Fitur

Maksudnya adalah dengan mematikan fitur yang tidak diperlukan, atau tidak digunakan. Dengan segudang kecanggihannya, Samsung memang menawarkan banyak fitur menguntungkan bagi pengguna.

Jika ingin pengecasan dapat dilakukan lebih cepat dan lebih singkat, maka kamu bisa coba mematikan beberapa fitur. Mulai dari fitur Bluetooth, wifi, atau bahkan beberapa fitur lain yang tidak digunakan. Atau bahkan jarang digunakan.

Dengan menonaktifkannya, maka kamu pun bisa merasakan perbedaannya. Dimana proses pengisian daya akan dirasa lebih cepat, serta lebih singkat.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung dengan Melakukan Service

Jika ternyata beberapa panduan di atas sudah kamu coba dan diaplikasikan, namun kemudian tidak memberikan hasil memuaskan. Maka bisa coba kamu bawa perangkat HPnya ke service center resmi secara langsung.

Dengan membawanya, maka pihak teknisi akan langsung melakukan pengecekan terhadap perangkat. Lalu akan melakukan perbaikan secara langsung, secara resmi sesuai dengan prosedur dan kerusakan yang dialami oleh HP Samsung kamu.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Samsung

Apakah Cara di Atas Berlaku untuk Semua Tipe?

Ya, berlaku.

Apakah dengan Mematikan HP Saat Proses Cas Akan Merusak Baterai?

Tentu saja tidak.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.