Cara Mengatasi Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Beranda » Cara Mengatasi Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi
Advertisement

Mengatasi tombol home iPhone tidak berfungsi itu sebenarnya mudah. Pengguna iPhone bisa melakukan sejumlah hal sederhana untuk bisa mengatasi masalah tombol home iPhone yang tidak bisa digunakan sama sekali.

Masalah tombol iPhone yang tidak berfungsi memang sering terjadi. Para pengguna kerap mendapatkan masalah seperti ini ketika iPhone alami kerusakan. Biar lebih mudah, ini dia penjelasan tentang cara atasi tombol home iPhone yang tidak berfungsi.

Penyebab Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Mengetahui penyebab tombol home iPhone tidak berfungsi itu amatlah penting. Para pengguna harus selalu mengetahui kenapa tombol home pada iPhone tak bisa berfungsi. Berikut ini beberapa penyebab utama dari tombol home iPhone tidak berfungsi.

1. Ada Debu di Sekitar Tombol Home

Salah satu penyebab utama dari tombol home iPhone tidak berfungsi adalah banyaknya debu di sekitar tombol home tersebut. Ini adalah penyebab yang paling sering terjadi. Karenanya, selalu pastikan membersihkan tombol sekitar home dari terpaan debu.

2. Tombol Home Terlalu Sering Kena Air

Penyebab lainnya adalah tombol home yang terlalu sering kena air. Masalah ini memang sangat sering terjadi dan dialami para pengguna iPhone. Saat terkena air, perangkat iPhone bisa rusak. Termasuk bagian tombol home.

3. Ada Masalah pada Software

Ada masalah pada software juga merupakan penyebab utama dari tombol home iPhone yang tidak berfungsi. Ketika ada masalah di software, pengguna iPhone akan mengalami banyak masalah. Permasalahan pada software tersebut memang bisa merembet ke mana – mana jika tak diatasi.

4. Perangkat Keras iPhone Bermasalah

Pernagkat keras dari iPhone yang bermasalah juga jadi salah satu penyebab utamanya. Ini adalah salah satu hal yang bikin tombol home iPhone terus saja bermasalah. Karenanya, selalu jaga bagian iPhone dari berbagai macam masalah seperti jatuh hingga terbentur benda keras.

Cara Mengatasi Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Mengatasi tombol home iPhone yang tidak berfungsi itu cukup mudah. Terdapat beberapa cara yang bisa diandalkan untuk bisa langsung mengatasi masalah tombol home iPhone yang tidak berfungsi. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi tombol home iPhone.

1. Lakukan Kalibrasi pada Tombol Home

Cara pertama yang bisa dipakai adalah melakukan kalibrasi pada tombol home. Melakukan kalibrasi memang bisa selesaikan berbagai macam masalah. Termasuk atasi tombol home yang tak berfungsi. Proses kalibrasi dilakukan dengan menekan dan melepas tombol home berulang kali.

2. Bersihkan Tombol Home Secara Manual

Membersihkan tombol home secara manual juga bisa dilakukan. Bersihkanlah tombol home memakai kain steril yang bersih. Pastikan segala macam debu dan kotoran hilang dari tombol home iPhone tersebut. Setelah selesai membersihkan, iPhone bisa digunakan seperti biasa.

3. Restore iPhone

Cara berikutnya yang bisa diandalkan untuk mengatasi tombol home iPhone yang tak berfungsi adalah lakukan restore iPhone. Melakukan restore iPhone memang jadi salah satu pilihan terbaik. Cara ini banyak dipakai dan bisa mengembalikan fungsi tombol home dengan baik.

Advertisement

4. Pakai Fitur On Screen Home Button

Memakai fitur on screen home button juga bisa jadi opsi. Dalam opsi ini, fungsi tombol home akan digantikan jadi tombol virtual di layar. Untuk mengaktifkannya, masuk ke setting, lalu general, kemudian pilih assistive touch. Nantinya tombol home virtual bisa aktif.

5. Melakukan Pergantian Tombol Home

Cara terakhir yang bisa dilakukan juga adalah melakukan pergantian tombol home. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk atasi masalah tombol home yang tidak berfungsi sama sekali. Langsung bawa ke tempat service untuk lakukan pergantian perangkat kerasnya.

Tips Mencegah Masalah pada Tombol Home iPhone

Sejumlah tips untuk mencegah masalah pada tombol home iPhone itu juga penting untuk diperhatikan. Dengan cara pencegahan yang tepat, tombol home iPhone akan selalu sehat. Berikut ini beberapa tips terbaik dalam mencegah masalah pada tombol home iPhone.

1. Bersihkan Tombol Home dari Debu dan Kotoran

Salah satu mencegah agar tombol home iPhone tidak bermasalah adalah selalu membersihkannya dari debu maupun kotoran. Debu yang ada pada sekitar tombol home memang perlu dibersihkan secara seksama. Ini adalah solusi pencegahan terbaik yang bisa dilakukan semua orang.

2. Jangan Sampai iPhone Terlalu Sering Kena Air

Jangan sampai iPhone terlalu sering kena air. Ini juga termasuk dalam tindakan pencegahan yang bisa dilakukan. Kalau tombol home iPhone terbebas dari yang namanya air, maka segala macam masalah pastinya bisa dihindari. Itu adalah hal yang sangat penting.

3. Bersihkan Jari Saat Mau Pegang iPhone

Membersihkan jari saat mau pegang iPhone juga bisa menjadi solusi pencegahan terbaik. Saat ingin memakai iPhone, pembersihan memang harus dilakukan secara tepat. Ini adalah tindakan pencegahan yang harus dilakukan oleh para pemakai iPhone.

4. Jangan Pakai iPhone Saat Sedang Dicharge

Jangan memakai iPhone saat dicharge. Ini juga menjadi tips terbaik dalam mencegah masalah pada tombol home iPhone. Proses pencegahan ini memang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dari iPhone. Untuk itu, hindari penggunaan iPhone saat sedang diisi baterainya.

FAQ | Mengatasi Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Kenapa tombol home iPhone sering bermasalah?

Salah satu penyebab utamanya adalah tombol home iPhone sering terkena kotoran.

Apakah perlu service iPhone karena tombolnya bermasalah?

Ketika masalah tombol lama terjadi, maka sebaiknya langusng bawa ke tempat service.

Apakah tombol home iPhone yang rusak bisa diperbaiki?

Bisa. Kalau ingin memperbaiki tombol home yang bermasalah segera bawa ke service center.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.