Cara Mengatur Tema Keyboard di OPPO Reno

Beranda » Cara Mengatur Tema Keyboard di OPPO Reno
Advertisement

Mengenai bagaimana untuk mengubah atau bagaimana cara mengatur tema keyboard di Oppo Reno. Ternyata gampang.

Kamu sebagai pengguna dapat melakukannya dengan beberapa metode dan beberapa pilihan. Mulai dari dapat dilakukan menggunakan aplikasi tambahan, atau pengaturan tema keyboard yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi serta sistem bawaan.

Cara Mengatur Tema Keyboard di OPPO Reno Tanpa Menggunakan Aplikasi Bawaan

Series Reno dari Oppo ini ternyata banyak jenisnya, dan kamu sebagai pengguna HP bisa memilih dan membeli series Reno sesuai kebutuhan. Atau budget yang dimiliki.

Mulai dari Reno10, 8, atau bahkan 7. Bahkan masing-masing seri juga masih memiliki series lainnya. Series 4G hingga 5G, series pro hingga yang biasa saja. Nah, beberapa panduan dan uraian di bawah ini berlaku dan bisa diaplikasikan untuk beberapa jenis Oppo Reno berbagai series.

  1. Pertama, langsung nyalakan dan aktifkan HP Oppo Reno kamu untuk mengatur tema keyboard sesuai keinginan
  2. Lanjutkan prosesnya dengan masuk ke menu Setting, dan menu Setting atau Pengaturan ini bisa ditemukan di halaman Beranda utama aplikasi
  3. Berikutnya geser atau gulir kebagian bawah, untuk dapat menemukan sub menu Setelan Tambahan. Atau jika HP Oppo Renonya menggunakan bahasa Inggris, dapat menemukan keterangan Additional Settings
  4. Dari perintah dan sub menu tersebut, kamu bisa langsung cari lagi keterangan Keyboard dan Metode Masukan atau dalam bahasa Inggris bisa cari keterangan Keyboard & Input Method
  5. Maka dengan sub menu tersebut, kamu akan menemukan banyak pilihan perintah lain. Mulai dari Led Keyboard, Manage Keyboard hingga jenis Keyboard yang saat ini sedang digunakan
  6. Untuk mengatur temanya, maka langsung pilih jenis Keyboard yang kini sedang kamu gunakan
  7. Misalnya saat ini kamu sedang menggunakan keyboard jenis Gboard
  8. Langsung pilih nama keyboardnya, lalu buka dan kamu akan menemukan pilihan Theme
  9. Dari sub menu Theme tersebut, maka kamu dapat menemukan beragam jenis tema keyboard. Mulai dari warna yang berbeda, tema landscape, bahkan tema gradient
  10. Pilih serta tentukan salah satu tema yang diinginkan, kamu juga bisa memilih tema yang harus diunduh terlebih dahulu
  11. Nanti tinggal pilih tema yang bersangkutan, kemudian pilih Apply atau Terapkan untuk dapat menggunakannya.

Dengan perintah serta panduan cara mengatur tema keyboard di Oppo Reno tanpa aplikasi di atas. Maka secara otomatis tema keyboard akan berubah, dan kamu pun akan menjumpai tema berbeda saat mode pengetikan dilakukan.

Cara Mengatur Tema Keyboard di OPPO Reno dengan Aplikasi Fleksy Keyboard

Aplikasi Fleksy Keyboard ini ternyata berhasil dikembangkan oleh Thingthing Ltd. SEbuah aplikasi yang memiliki ukuran sangat ringan, hanya 69 MB saja.

Selain itu, review penggunaannya juga sangat tinggi. Jumlah pengunduh dari aplikasi keyboard ini pun tidak perlu diragukan lagi. Untuk dapat menggunakan serta mengatur tema keyboard menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa langsung simak ulasannya di bawah ini ya.

Advertisement
  1. Nyalakan HP Oppo Reno yang kini sedang kamu pegang, apapun jenis dan seriesnya bisa langsung dilakukan
  2. Buka menu aplikasi Goggle Play Store dan cari nama aplikasi Fleksy Keyboard dari Thingthing Ltd
  3. Pastikan jaringan dalam keadaan stabil, kemudian pilih  Install atau Pasang untuk melakukan pengunduhan
  4. Kemudian pastikan aplikasinya sudah terpasang secara baik, agar aplikasi bisa digunakan dan dijalankan dengan sebagaimana harusnya
  5. Selanjutnya di halaman awal aplikasi, kamu akan diminta untuk mengaktivasi izin juga pengaktifan aplikasi
  6. Di halaman Manage Keyboard, langsung saja pilih tombol toggle Fleksy hingga aktif atau hingga menyala
  7. Jika sudah, tekan terlebih dahulu opsi Back yang menggunakan ikon panah ke sebelah kiri
  8. Berikutnya kamu juga akan diminta untuk memilih Fleksi sebagai keyboard virtual yang utama, atau menjadi keyboard yang digunakan untuk mengetik
  9. Pada pop yang tampil pada HP, maka kamu bisa memilih Change Keyboard dan pilih Fleksy untuk melanjutkan
  10. Di halaman aplikasi utama, pilih opsi Theme untuk melanjutkan
  11. Kamu pun sebagai pengguna dapat secara bebas menentukan dan memilih tampilan tema sesuai keinginan

Jika sudah ditentukan dan dipilih, maka secara otomatis keyboard Fleksy akan aktif serta tampilan temanya akan berubah sesuai yang tadi sudah dipilih sendiri.

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengatur Tema Keyboard di Oppo Reno

Selain cara mengatur tema keyboard di Oppo Reno menggunakan aplikasi tambahan sebelumnya. Kamu pun bisa coba install dan gunakan beberapa aplikasi di bawah ini, bisa didapatkan dari Google Play Store secara mudah dan tentu saja gratis. Apa saja nama aplikasinya?

1. Microsoft Swiftkey Keyboard

Aplikasi satu ini sangat banyak penggunanya, menyediakan 700 bahasa dan menyediakan tema yang sangat banyak. Tidak hanya itu saja, aplikasi satu ini juga digadang-gadang menjadi aplikasi keyboard terbaik.

Misalnya saja untuk customisasi ukuran, hingga tema dan pencarian emoji yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

2. Go Keyboard

Diantara banyak jenis aplikasi lainnya, Go Keyboard ini jadi salah satu pilihan aplikasi terbaik jika ingin pilihan temanya banyak. Sangat cocok bagi kamu yang memang mementingkan aspek visual dan estetika.

Fitur uniknya juga didukung dengan sistem personalisasi keyboard dengan foto sendiri. Jadi kamu bisa eksis melalui keyboard dan menggunakan foto pribadi. Bahkan dengan keluarga hingga pasangan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengatur Tema Keyboard di Oppo Reno

Apakah dengan Mengatur Tema Keyboard dengan Tambahan Aplikasi Tetap Aman?

Aman.

Apakah Bisa Tema Keyboard Diatur ke Settingan atau ke Tema Awal?

Sangat bisa. Kamu tinggal menyetelnya sendiri, dan ketentuannya tidak jauh seperti metode dan langkah sebelumnya.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.