Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word 2010

By Kimbrain ID

Advertisement

Ada satu hal penting mengapa Anda perlu tahu bagaimana cara mengatur ukuran kertas F4 di Microsoft Word 2010, yaitu agar print sesuai dengan apa yang Anda sudah tuliskan di komputer.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan hasil printing? Setelah Anda susah payah menulis dan melakukan editing tapi ternyata hasil saat di print tidak sama dengan yang ada di komputer? Besar kemungkinan Anda belum melakukan setting ukuran kertas. Ukuran kertas di komputer biasanya secara default adalah legal.

Ukuran kertas legal itu 21.59 x 35.56 cm. Sementara itu, kertas F4 memiliki ukuran 21.5 x 33 cm. Ada perbedaan yang cukup signikan, yaitu 2.54 cm. Dan jika ukuran kertas di komputer tidak sama dengan ukuran kertas print, hasilnya jauh dari apa yang Anda inginkan.

Advertisement

Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatur ukuran kertas F4.

Pernakah Anda bertanya mengapa di komputer ukuran kertas secara default kebanyakan adalah legal? Karena secara internasional, ukuran ini yang digunakan.

Sementara itu, di Indonesia, lebih banyak orang yang menggunakan ukuran kertas F4, entah itu untuk menulis tulisan yang non formal atau pun yang formal. Itulah mengapa di Indonesia, banyak yang lebih familiar dengan F4. Mereka lebih sering menggunakan kertas ukuran F4.

Maka dari itu, ada baiknya Anda merubah setting kertas di komputer atau laptop Anda dari legal menjadi F4. Ini penting agar Anda tidak selalu melakukan setting setiap kali Anda ingin menulis sebuah tulisan. Ini perlu Anda lakukan jika memang Anda lebih sering menggunakan kertas F4 daripada kertas ukuran yang lain.

Sebenarnya, ada nama lain selain F4. Mungkin Anda sering dengar kerta folio? Sebenarnya, itulah kertas ukuran F4.

Coba Anda cek di komputer Anda apakah ada kertas ukuran F4 atau folio? Ternyata tidak ada. Entah mengapa kertas ukuran ini sudah ditiadakan di Ms Word.

Padahal, kertas ukuran ini yang paling sering digunakan di Indonesia. Di Ms. Word, Anda hanya akan menemukan beberapa ukuran kertas seperti A4, Letter, dan Legal. Tidak ada kertas ukuran folio atau F4.

Jangan khawatir. Anda bisa menambahkannya lagi kemudian Anda bisa set sebagai ukuran kertas default. Berikut ini apa yang harus Anda lakukan.

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 Di Microsoft Word 2010

  1. Buka File Ms. Word

Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengetik kalimat atau kata. Biarkan file kosong.

  1. Cari Page Setup

Di dashboard atas, akan Anda temukan Page Setup. Jika tidak ada, Anda bisa klik dulu Page Layout. Maka di bagian bawahnya, Anda akan temukan Page Setup. Klik panah kecil.

Begini Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 Di Microsoft Word 2010
  1. Ganti Ukuran Width dan Height

Pada Page Setup tersebut pilih dan klik Tab Paper, ganti Width dengan ukuran 21.59 cm dan Height 33 cm. jika satuannya masih menggunakan inchi, Anda masukkan angka 8.5 x 13. Lalu klik Ok.

Begini Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 Di Microsoft Word 2010

Sekarang, ukuran kertas sudah berubah menjadi F4. Jadi, mudah kan mengatur ukuran F4 di Microsoft Word 2010.

Advertisement

Tinggalkan komentar

Logo microsoftonline id

Microsoftonline.id adalah Tempat Belajar Microsoft Online Terbaik Indonesia.

Resources

Beranda

Tentang

Kontak

Kontak

Admin@Microsoftonline.id

0896-0896-0097

0821-333-666-46