Cara Mengecek Ejaan di Word dengan Mudah

Beranda ยป Cara Mengecek Ejaan di Word dengan Mudah
Advertisement

Cara mengecek ejaan di word bisa dilakukan dengan cukup sederhana. Ada fitur yang bisa digunakan pada word untuk memeriksa apakah ejaan pada tulisan yang dibuat sudah benar atau belum. Hal ini perlu diperhatikan oleh para pengguna word.

Ejaan yang tepat dan sesuai itu memang penting. Apalagi kalau sudah berurusan dengan pekerjaan. Kesalahan dalam menuliskan satu huruf saja bisa berakibat fatal. Karenanya, pastikan ejaan di word selalu benar. Berikut ini penjelasan mengenai pengecekan ejaan di word.

Kenapa Ejaan di Word Salah?

Pahamilah dulu kenapa ejaan yang ada pada lembar kerja word itu bisa keliru. Tentunya ada beberapa alasan mengenai hal tersebut. Penting untuk memahami kenapa ejaan di word bisa salah. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

1. Salah Ketika tau Typo

Salah satu alasan kenapa ejaan pada word bisa keliru adalah kesalahan penulisan. Biasa disebut juga dengan typo. Kalau typo, maka ejaan dari sebuah kata bisa salah.

2. Auto Correct Keliru

Auto correct yang diaktifkan kadang mengoreksi kata yang sudah benar penulisannya. Kesalahan pada fitur auto correct tersebut memang perlu dapatkan atensi yang lebih.

3. Ada Error Saat Copy Paste

Kadang banyak pengguna yang copy paste tulisan dari satu tempat ke lembar kerja word. Biasanya terjadi error saat copy paste tersebut sehingga ejaan juga menjadi salah.

Cara Mengecek Ejaan di Word

Cara mengecek ejaan di Word itu bisa dijalankan dengan mudah. Dengan cara pengecekan yang cukup sederhana, ejaan di word bisa dilihat. Dari sana bisa dilihat apakah semua kata dan kalimat sudah tepa tapa belum. Berikut ini adalah beberapa cara mengecek ejaan di word dengan mudah.

1. Buka Tulisan di Word

Cara mengecek tulisan di word bisa diawali dulu dengan buka tulisannya. Bukalah langsung file atau dokumen pada word yang sudah ada tulisan lengkap di dalamnya.

2. Pilih Proofing di Menu Word

Ketika file atau dokumen word sudah terbuka, maka tahap berikutnya adalah memilih proofing di menu word. Pilih opsi file di bagian atas. Kemu dian pilih options dan lanjutkan dengan klik proofing.

Advertisement

3. Atur Pengejaan Secara Tepat

Pada pengaturan proofing itu akan ada muncul window baru. Pada window baru itu langsung saja centang opsi check spelling as you type dan mark grammar errors as you type.

4. Simpan Pengaturan

Jika pengaturan ejaan sudah dilakukan, lanjutkan dengan menyimpan pengaturan. Simpanlah pengaturan yang sudah dilakukan pada ejaan para lembar kerja word.

Kenapa Perlu Cek Ejaan di Word?

Megecek ejaan di Word memang harus dilakukan dengan baik. Ketika melakukan pengecekan ejaan di word dengan tepat, semuanya akan berlangsung lancar. Berikut ini adalah beberapa alasan utama mengenai kenapa perlu cek ejaan di word.

1. Supaya Tulisan Benar Semua

Salah satu alasan mengenai kenapa perlu cek ejaan di word adalah supaya tulisan benar semua. Tulisan yang benar semua itu memang harus dipastikan dalam sejumlah kesempatan. Karena itu, pastikan lakukan pengecekan ejaan di word dengan benar.

2. Menghindari Typo

Alasan lainnya adalah menghindari typo. Menghindari typo memang jadi alasan yang penting juga. Saat membut tulisan atau dokumen lain, kesalahan satu huruf saja bisa berakibat fatal. Itulah kenapa disarankan untuk cek ejaan terus supaya tulisan tidak typo.

3. Biar Laporan Tidak Salah

Ejaan juga harus diperiksa ketika sedang membuat laporan. Saat bikin laporan, semuanya harus tepat dan sesuai ejaannya. Jangan sampai malu karena laporan yang dibuat itu terdapat banyak salah eja. Ini merupakan alasan utama mengenai kenapa wajib memeriksa ejaan di word.

4. Memastikan Makalah Sempurna

Membuat makalah itu juga harus dengan ejaan yang benar. Setiap kata dan kalimat harus sempurna penulisannya. Jika ada kekeliruan, makalah bisa dianggap tidak valid. Sehingga, selalu pastikan makalah benar penulisannya dari awal sampai akhir.

Faktor Penting dalam Pengecekan Ejaan di Word

Ada banyak faktor penting dalam pengecekan ejaan di word. Semua pengecekan itu memang harus diperhatikan secara tepat. Sehingga, selalu perhatikanlah sejumlah faktor penting saat mau lakukan pengecekan ejaan di word. Ini dia beberapa faktor pentingnya.

1. Aktifkan Auto Correct dengan Sesuai

Selalu lakukan aktivasi auto correct dengan sesuai supaya proses pengejaan di word. Auto correct memang harus diaktivasi secara baik agar pengejaan selalu benar. Saat melakukan aktivasi auto correct, semuanya akan berlangsung dengan lancar.

2. Selalu Pahami Bagaimana Ejaan yang Tepat

Pengguna juga harus memahami bagaimana ejaannya itu baik dan benar. Kalau paham mana ejaan yang benar atau tepat, koreksi ejaan akan berlangsung jadi lebih mudah. Kalau telah memahami lebih dulu bagaimana ejaan yang benar, semuanya akan jadi lancar.

3. Pilih Spelling Bahasa Indonesia atau Inggris

Di dalam Microsoft Word itu juga bisa memilih apakah gunakan Inggris atau Indonesia. Hal ini juga menjadi faktor penting dalam melakukan pengecekan ejaan pada word. Ketika spelling bahasa Indonesia atau Inggris secara tepat, semuanya akan lebih lancar.

FAQ | Cara Mengecek Ejaan di Word

Apakah perlu mengecek ejaan di Word?

Kalau mau tulisan sempurna, maka wajib mengecek ejaan pada word.

Kenapa perlu mengecek ejaaan di Word?

Biar tidak ada kesalahan tulisan pada lembar kerja word.

Kenapa banyak ejaan yang salah di word?

Biasanya karena kesalahan auto correct yang ada pada word.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.