7 Cara Mengecek HP Vivo Agar Tidak Tertipu [Gampang]

Beranda » 7 Cara Mengecek HP Vivo Agar Tidak Tertipu [Gampang]
Advertisement

Tentang cara mengecek HP Vivo ternyata dapat dilakukan dengan beberapa cara, dan panduan atau informasi ini pun sangat penting.

Kamu dapat melakukan pengecekan dengan beberapa hal, untuk memastikan beberapa kondisi. Untuk tahu cara atau prosedur pengecekannya bagaimana, pun apa saja. Langsung simak pembahasan berikutnya, pun pastikan agar prosesnya dapat selesai dengan sempurna ya.

1. Cara Mengecek HP Vivo dari Bodynya

Walaupun memang pada dasarnya HP Vivo ini dijual dengan harga ramah pengguna, atau terbilang miring dibandingkan dengan beberapa HP lainnya. Namun Vivo memiliki kualitas dan dibungkus dengan material berkualitas bagus.

Cara paling sederhana, bisa di cek dari bagaimana bobot atau berat dari HPnya sendiri. Jika barangnya terbilang cukup enteng, bisa jadi HP tersebut replika. Jadi kamu tidak layar untuk membeli barang tersebut, dan lebih baik coba beli di toko resminya saja.

2. Cara Mengecek HP Vivo dari Layarnya

Maksudnya adalah dari touchscreenya, cara ini wajib dilakukan jika kamu melakukan pembelian HP Vivo second. Namun walaupun dibeli masih dalam keadaan baru, kiranya pengecekan layar ini tetap harus dilakukan. Bagaimana caranya?

  • Pertama, langsung buka menu Dial atau Panggilan di HP Vivonya
  • Ketik langsung kode atau panggilan di *558#
  • Dari perintah tersebut, maka sistem akan memunculkan halaman Factory Test
  • Jika perintah tersebut sudah dilakukan, maka tinggal pilih menu Engineering Test
  • Sistem akan langsung memunculkan beberapa menu, dan pilih Touchscreen Test untuk melakukan pengecekan
  • Untuk melakukan pengecekan, tinggal ikuti instruksi yang ada pada layar, dan kamu dapat melakukan pengecekan sampai selesai.

3. Cara Mengecek HP Vivo dari Tipenya

Walaupun mungkin kamu sudah memiliki niat untuk memiliki dan mendapatkan HP Vivo dengan tipe tertentu. Namun pengecekan berdasarkan unit HP, berdasarkan sistem operasinya tetap harus dilakukan.

Bahkan biasanya tipe HP pun akan dicantumkan dalam kardus HPnya sendiri. Namun agar dapat menyesuaikan antara kardus HP dengan HPnya langsung, kamu dapat langsung lakukan pengecekan dengan cara di bawah ini.

  • Pertama, langsung buka menu Pengaturan di HP Vivo yang sudah digunakan atau akan dicek
  • Pilih menu About Phone, dan kamu bisa langsung geser ke bagian bawah menunya
  • Selanjutnya klik Model Number
  • Secara otomatis, sistem akan menampilkan informasi detail dari HPnya
  • Selesai.

4.  Cara Mengecek HP Vivo dari IMEInya

Selain mengecek kesesuaian antara tipe HP dari kardus serta dari sistem HPnya, kamu juga harus menyesuaikan ketepatan antara IMEI di kardus dan pada unit HPnya. Untuk caranya bagaimana, simak langsung caranya di bawah ini ya.

  • Pertama, langsung membuka menu Pengaturan atau membuka menu Setting
  • Scroll atau geser ke bagian bawah menu Pengaturan, dan temukan menu Tentang Ponsel atau About Phone
  • Sistem akan memunculkan informasi terkait dengan nomor IMEI yang terdaftar pada HP Vivo yang digunakan
  • Selesai

Nah, IMEI sendiri adalah International Mobile Equipment Identity. Menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama saat kamu membeli HP Vivo baru. Baik itu baru, atau bahkan bekas.

Advertisement

5. Cara Mengecek HP Vivo dari Baterai

Baterai merupakan salah satu part atau komponen penting yang ada dalam body atau fisik suatu HP, termasuk di Vivo yang kini kamu miliki. Atau gunakan.

Hal ini dilakukan karena HP zaman sekarang sudah menggunakan baterai dengan sistem tanam. Untuk mengecek baterainya berfungsi atau tidak, secara kasar dapat dilakukan dengan menggunakan proses pengecasan.

Atau jika memang diperlukan. Pengecekan dapat dilakukan dengan menggunakan kode ##4636##. Namun ternyata tidak semua HP bisa support dan melakukan perintah tersebut.

Kendati demikian, jika HP Vivo yang kamu beli atau dapatkan dari toko resmi. Bisa dipastikan kondisi beterainya dalam keadaan baik. Kalaupun saat digunakan ternyata terdapat masalah, jika masih baru dan belum lama. Bisa klaim garansi, dan biasanya unit HP akan diganti oleh unit baru.

6. Cara Mengecek HP Vivo dari Garansinya

Sistem pemberlakuan garansi bagi beberapa orang atau pengguna, nyatanya sangat penting. Tidak sedikit dari pengguna yang merasa khawatir tentang HP yang rusak di tengah jalan. Nah, jika rusak terkadang pengguna bisa melakukan klaim perbaikan tanpa harus melakukan pembayaran.

Dengan catatan, bahwa HP yang didapatkan masih baru atau ketika beli bekas harus masih memiliki garansi. Untuk pengecekan garansi, pastikan agar dapat menyimpan struk pembelian, atau bahkan kamu dapat mengingat kapan HPnya dibeli.

Untuk sistem masa tenggang garansi sendiri, jika klaim garansi dilakukan di service center Vivo langsung. Maka akan terdeteksi. Jadi jika sudah habis masa garansinya, saat perbaikan kamu akan dimintai biaya perbaikan. Sebaliknya, jika masih ada garansi maka perbaikan akan gratis.

7. Cara Mengecek HP Vivo dari Kelengkapan Unit

Cara ini dilakukan agar proses pembelian yang dilakukan tidak tertipu, atau tidak kurang satu unit. Atau satu kelengkapan apapun. Pada umumnya, kamu akan mendapatkan paket HP baru dengan kelengkapan sangat sempurna.

Mulai dari adanya kepala charger, kabel charger, SIM ejector, bahkan jika disediakan akan diberikan earphone sampai pelindung HP yang transparan.

Jika saat pembelian kelengkapan tersebut tidak tersedia, maka kamu wajib protes langsung ke pihak penjual. Namun jika memang pembelian dengan kondisi bekas, jika tidak ada part atau ada bagian yang hilang. Tinggal konfirmasi saja kepada penjual, dan meminta harga lebih murah.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengecek HP Vivo

Apakah Cara Pengecekan di Atas Berlaku untuk Semua Tipe HP Vivo?

Ya, berlaku untuk semua tipe HP Vivo.

Apakah Cara Mengecek HP Vivo Bisa Menggunakan Aplikasi Tambahan?

Bisa, dan aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan dari website resmi seperti Google Play Store.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.