4 Cara Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo [Gratis]

Beranda » 4 Cara Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo [Gratis]

Tentang bagaimana cara mengecek lama pemakaian HP Oppo ternyata sangat gampang, juga penting untuk dilakukan pengecekan.

Apalagi jika kamu ingin melakukan pembelian HP Oppo dengan kondisi bekas, atau bahkan memang karena ingin tahu saja berapa lama pemakaian HPnya berlangsung. Dengan begitu, maka kamu pun dapat mengukur serta memperkirakan umur dari HPnya sendiri.

Cara Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo dari Nota Pembelian

Mengenai cara mengecek lama pemakaian HP Oppo pertama adalah bisa dilihat dari nota pembelian yang kamu lakukan. Jika memang pembeliannya bukan bekas, dan kamu merasa membeli perangkat dalam keadaan baru.

Biasanya pihak toko akan memberikan nota pembelian, entah itu invoice dalam bentuk virtual atau bahkan fisik. Untuk mengecek lama pemakaiannya, maka dapat dilihat dari tanggal berapa dan dibulan apa pembelian dilakukan.

Namun memang, cara dan panduan pengecekan ini hanya dapat dilakukan jika kertas atau invoice pembeliannya masih ada. Masih tersimpan. Jika sudah tidak tersimpan, maka kamu pun dapat melakukannya dengan menggunakan cara lain.

Cara Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo dengan Menggunakan Kode Dial

Kode dial ternyata dimiliki oleh semua perangkat Android, termasuk juga dimiliki oleh perangkat Oppo Memang terdapat beberapa kode dial yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi sudah seberapa lama HP Opponya digunakan.

Sistem kode dial akan memunculkan informasi, berikut keterangan tanggal. Kemudian bulan, bahkan sampai tahun pertama kali HP Opponya dinyalakan. Atau digunakan. Jadi kamu dapat menghitung sendiri kapan lama penggunaan perangkatnya. Untuk tahu caranya, simak langsung panduan ini.

  1. Pertama, langsung nyalakan dan buka HP Opponya
  2. Masuk ke menu Dial atau masuk ke menu Panggilan
  3. Berikutnya, masukkan kode dial di *#12580*369# pada papan telepon yang sudah disediakan
  4. Selanjutnya tinggal lakukan Panggilan dengan baik
  5. Tunggu beberapa saat hingga sistem HP Oppo menampilkan informasi serta keterangannya secara rinci
  6. Berikutnya langsung lihat pada bagian RF Call, nanti kamu akan dapat melihat tanggal. Kemudian bulan hingga tahun pertama HP Opponya digunakan
  7. Selesai

Nah, itulah tentang bagaimana cara mengecek lama pemakaian HP Oppo menggunakan metode kedua. Jika metode kedua tersebut belum begitu bekerja, maka kamu bisa coba aplikasikan metode berikutnya.

Cara Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo Menggunakan IMEI

IMEI bak menjadi indentitas sebuah perangkat, baik itu di HP Android atau bahkan HP iPhone sekalipun. IMEI sendiri merupakan International Mobile Equipment Identity. Menjadi nomor internasional, yang menjadi identitas dari HPnya sendiri.

Pun nomor identitas di HP Oppo ini, dapat digunakan untuk mengecek garansi. Atau juga dapat digunakan untuk mengetahui seberapa lama pemakaian HPnya dilakukan. Dan pengecekan ini dapat dilakukan di website resmi Opponya sendiri. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, jika kamu bingung mendapatkan nomor IMEInya harus dari mana. Maka langsung saja lakukan panggilan menggunakan kode dial
  2. Buka menu Panggilan, Telepon, atau Dial di HP Oppo kamu
  3. Kemudian panggil menggunakan kode dial atau kode rahasia di *#06#
  4. Lakukan panggilan menggunakan kode tersebut, maka sistem Oppo akan otomatis menampilkan informasi tentang nomor IMEI HP yang saat ini kamu gunakan
  5. Simpan nomor IMEI tersebut, atau bisa langsung screen capture halaman informasi IMEinya dengan baik
  6. Berikutnya, buka web browser dan buka halaman situs di https://support.oppo.com/id/warranty-check
  7. Jika website tersebut sudah terbuka, maka kamu akan diminta langsung menginput kode IMEI dan mengkonfirmasi sistem verifikasi dengan baik
  8. Berikutnya, langsung klik Periksa Sekarang untuk tahu informasi lama pemakaian HP Oppo
  9. Nanti sistem website akan memunculkan keterangan tentang tanggal pertama kali digunakan bahkan kapan tanggal berakhirnya garansi HPnya

Cara Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo dengan Tambahan Aplikasi

Ya, ternyata tidak hanya tiga cara di atas saja. Pengguna seperti kamu juga dapat melakukan pengecekan lama penggunaan HP dengan tambahan aplikasi. Kamu bisa coba temukan dan mendapatkannya dari Google Play Store.

Pengunduhan serta pemasangan aplikasi wajib dilakukan, dan nanti kamu pun bisa melihat berapa usia atau durasi dari pemakaian HPnya. Nah, bagaimana caranya?

  1. Pertama, lakukan pencarian terhadap aplikasinya di Google Play Store secara langsung
  2. Langsung lakukan download dan kemudian lakukan install aplikasi yang bernama Device Info: View Phone Info yang dikembangkan oleh LiuZho Soft  
  3. Langsung buka aplikasi tersebut, kemudian pilih bagian menu Android
  4. Jika sudah, maka kamu dapat melihat informasi detail terkait dengan keterangan HPnya. Mulai dari informasi device, atau bahkan sistem lainnya
  5. Untuk dapat mengecek lama pemakaiannya, bisa langsung pada Menu System dan keterangan Build Time

Nah, dari keterangan serta menu tersebut. Maka kamu akan tahu kapan HPnya dibuat, pun dengan informasi ini maka kamu pun dapat memperkirakan berapa lama pemakaian HPnya. Dan tentu saja cara ini dapat dilakukan jika kamu membeli perangkatnya dalam keadaan baru.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo

Sebenarnya Apa Sih Tujuan Mengecek Lama Pemakaian HP Oppo?

Sebenarnya ada beberapa tujuan, namun salah satunya adalah ketika orang-orang ingin melakukan pembelian HP Oppo. Namun dalam keadaan bekas.

Dengan mengecek lama pemakaian menggunakan metode di atas, maka pembeli HP bekas tersebut bisa memperkirakan sudah berapa lama HPnya digunakan. Jika memang sudah terbilang sangat lama, maka pembeli berhak melakukan pembatalan terhadap pembeliannya.

Apakah Pengecekan Lama Pemakaian HP Oppo Diperbolehkan?

Jelas diperbolehkan, apalagi pihak Opponya sendiri sudah menyediakan layanannya dengan baik.

Apakah Cek Lama Pemakaian HP Menggunakan Tambahan Aplikasi Aman?

Amat sangat aman.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.