8 Cara Mengecek Samsung Asli [Mudah dan Simple]

Beranda » 8 Cara Mengecek Samsung Asli [Mudah dan Simple]

Bagaimana cara mengecek Samsung asli ternyata penting untuk diketahui, agar tidak tertipu dan agar kamu tidak menggunakan barang palsu.

Semua cara yang akan dibahas pada kesempatan sekarang, dapat kamu aplikasikan atau diterapkan disemua jenis HP Samsung. Baik itu yang terbaru, atau bahkan tipe lama. Tanpa basa-basi dan bertele-tele, yuk simak langsung ulasan di bawah ini sampai selesai.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Cek IMEI

Panduan dan metode pertama yang dapat dilakukan oleh kamu, adalah dengan memeriksa HPnya menggunakan nomor IMEI. IMEI sendiri adalah kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity. Menjadi kode unik dari sebuah HP, yang berlaku secara internasional.

Nah, cara memeriksa keasliannya adalah dilakukan perbandingan. Antara nomor IMEI yang ada pada kotak atau box. Kode IMEI yang ada di kotak harus sama dengan yang ditampilkan di layar.

Kamu dapat mengetahui kode IMEI Samsung dengan melakukan panggilan atau Dial pada kode *#06#. Jika kode IMEI yang didapatkan dari panggilan tersebut tidak sama dengan box kemasan. Maka bisa dipastikan HP Samsung yang kamu gunakan palsu. Atau tidak asli.

Cara Mengecek Samsung Asli dari Bentuk Fisiknya

Hal ini dilakukan untuk mengecek keasliannya, apakah memang original atau ponsel HDC. Pada umumnya, HP palsu atau HDC ayan memiliki bentuk body. Atau belakang HP yang memang mirip. Itulah mengapa HP palsu tersebut disebut dengan HDC.

Sebagai tambahan informasi, bahwa HDC merupakan kepanjangan dari High Detailed Copy. Sebagian juga ada yang menyebutnya dengan handphone copy draw. HP Samsung palsu yang tampilannya menyerupai HP original.

Penting untuk diingat, bahwa biasanya HP HDC ini menawarkan bentuk fisik yang tidak kokoh. Seadanya. Bedanya dengan bentuk, bahkan berat HP Samsung ori pada umumnya.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Tes LCD

Metode dan cara pengecekan berikutnya, adalah menggunakan LCD test. Cara ini cukup sederhana dan simple. Pengguna hanya diharuskan untuk mengetik kode panggilan atau dial di *#0*#. Kemudian tunggu beberapa saat.

Setelah panggilan tersebut dilakukan, maka layar HP Samsung kamu akan menampilkan beberapa detail informasi. Mencakup keterangan mengenai informasi kamera. Suara, layar sentuh, getaran hingga spesifikasi lainnya.

Jika HP Samsungnya palsu, maka biasanya tidak akan menampilkan informasi tersebut. Bahkan akan cenderung blank, atau kosong.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan KIES

KIES merupakan aplikasi, aplikasi yang khusus bagi pengguna Samsung. Berfungsi untuk dapat memeriksa spesifikasi serta keaslian dari produknya. Untuk tahu bagaimana cara menggunakannya, simak panduannya di bawah ini.

  1. Pertama, lakukan download aplikasi KIES di komputer atau di laptop yang kamu miliki
  2. Hubungkan HP Samsung dengan laptop menggunakan kabel data
  3. Berikutnya, sistem pada layar laptop akan menampilkan informasi tentang HP Samsung yang sudah terhubung
  4. Selanjutnya, jika informasi tersebut tidak muncul. Bisa ditarik kesimpulan, bahwa Samsungnya palsu atau tidak origninal.

Untuk dapat memastikannya lagi, kamu dapat coba mengganti kabel data dan menghubungkan ulang. Mungkin saja ada kerusakan dari faktor eksternal.

Namun jika ternyata KIES tetap tidak menampilkan informasi setelah kabel data diganti. Maka tetap bisa dipastikan, bahwa HPnya benar-benar palsu. Atau kamu tertipu.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Aplikasi CPUZ-Z

Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut, atau juga bisa menggunakan aplikasi AIDA 64. Pengguna cukup melakukan pemasangan, atau install aplikasi CPUZ-Z atau AIDA 64 dari Google Play Store secara resmi.

Jika sudah terpasang, kamu dapat menjalankan dan membuka aplikasi tersebut secara langsung. Lihat langsung keterangan spesifikasi pada aplikasi. Serta yang sudah tertera pada kemasan HP.

Jika ada kesamaan, maka dipastikan HPnya asli. Jika tidak ada kesamaan, maka bisa dipastikan Samsung yang sedang dicek adalah palsu.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Periksa Kamera

Performa serta kualitas dari HP Samsung, jelas tidak pernah mengecewakan penggunanya. Produk Samsung yang terkenal menawarkan kualitas kamera sangat baik, tentu menjadi incaran para pencinta gadget dunia.

Beberapa dari mereka, bahkan bisa menyaingi merk ponsel mahal. Seperti Apple dalam hal kualitas kamera. Hasil jepretan HP Samsung pun dapat menampilkan detail sangat tajam, juga sangat jelas.

Hal tersebut bisa dibandingkan dengan HP Samsung palsu yang memungkinkan hasil jepretan kameranya buram. Selain itu, HP Samsung juga memiliki kemampuan memperbesar, atau zoom sangat jauh.

Sedangkan jika HPnya palsu, maka keterbatasan zoom akan nampak terlihat sangat jelas. Walaupun ada beberapa produk palsu yang bisa melakukan zoom jauh. Namun hasilnya sangat dimungkinkan akan pecah, lalu resolusinya juga buruk.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Perbandingan Harga

Harga dari Samsung original atau asli, jika dibandingkan dengan produk HDC. Dipastikan akan jauh berbeda.

Samsung kelas Flagship keluaran paling anyar, kemudian resmi. Cenderung akan memiliki harga tidak dibawah pasaran. Jadi jika nanti kamu menemukan HP Samsung kelas Flagship anyar, kemudian dengan harga murah. Maka wajib waspada. Karena bisa dipastikan produknya HDC.

Akan lebih baik, perbandingan harga ini dilakukan di website Samsung langsung. Atau di toko HP Samsung yang resmi di kota kamu.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Kode Rahasia

Metode dan cara terakhir yang dapat dilakukan, adalah dengan mengetikkan kode *#1234# pada menu panggilan atau Dial. Kode ini berguna untuk dapat melihat tipe HP Samsung. Jika ada perbedaan antara nama serta nomornya. Maka bisa dipastikan HPnya KW. Atau HDC.

Pengguna wajib memahami cara membaca nomor serinya terlebih dahulu. Misalnya saja kode SM-N975F/DS. Berarti kode tersebut merujuk pada HP Samsung Galaxy Note 10+. Dan kamu dapat memeriksa atau memahami kodenya dari website resmi Samsung.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengecek Samsung Asli

Apakah Mengecek HP Samsung Asli atau Tidak Harus Membayar?

Tidak.

Dimana Kita Bisa Membeli Produk Samsung yang Asli?

Di gerai toko resmi, bisa ditemukan di kota-kota besar.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.