Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Aman Tanpa Risiko

Beranda » Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Aman Tanpa Risiko

Cara mengeluarkan air dari iPhone tidaklah sulit. Ketika dapatkan masalah berupa terkena air, maka pengguna harus bisa menyelesaikannya dengan cepat. Jangan sampai masalah tersebut dibiarkan karena bisa membuat iPhone rusak sepenuhnya.

Masalah air yang masuk ke iPhone memang sering terjadi. Ketika masalah itu muncul, para pengguna harus bisa menyelesaikannya dengan mudah. Berikut ini panduan dalam mengeluarkan air dari iPhone dengan sangat mudah.

Kenapa iPhone Bisa Kemasukan Air?

Tentu banyak yang belum tahu kenapa iPhone bisa kemasukan air. Pastinya adalah beberapa alasan mengenai kenapa iPhone bisa kemasukan air. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik oleh para pengguna iPhone. Ini dia beberapa penyebab kenapa iPhone bisa kemasukan air.

1. Kehujanan

Salah satu penyebab paling utama dari iPhone kemasukan air adalah kehujanan. Terkena hujan memang jadi penyebab yang seringkali terjadi. Masalah ini sangat sering dialami para pengguna iPhone ketika berada di luar ruangan.

2. Jatuh ke Kubangan Air

Jatuh ke kubangan air juga termasuk penyebab iPhone bisa kemasukan air. Ketika terjatuh ke kubangan air, maka iPhone bisa langsung bermasalah. Sebab, air dalam kubangan itu bisa masuk ke sejumlah bagian dari smartphone iPhone.

3. Lupa Diambil Saat Berenang

Kelupaan diambil saat akan berenang juga jadi contoh dari kenapa iPhone bisa kemasukan air. Kadang saat akan berenang para pengguna kelupaan dalam mengeluarkan iPhone dari kantong. Itu jadi masalah tersendiri yang sering terjadi di banyak kasus.

4. Ketumpahan Minuman

Ketumpahan minuman juga jadi penyebab iPhone bisa kemasukan air. Saat iPhone kena tumpahan air, maka smartphone tersebut akan terus bermasalah. Sehingga, berhati – hatilah dalam menempatkan iPhone di dekat minuman.

Cara Keluarkan Air dari iPhone dengan Mudah

Cara mengeluarkan air dari iPhone itu sebenarnya tak begitu sulit. Pengguna hanya memerlukan beberapa langkah dan tahapan sederhana saja. Berikut ini adalah tahap dan langkah sederhana untuk bisa keluarkan air dari iPhone dengan mudah.

1. Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Cara Manual

Cara pertama dalam mengeluarkan air dari iPhone adalah pakai metode manual. Cara ini bisa dijalankan dengan mudah oleh semua pengguna. Tinggal melakukan beberapa langkah sederhana untuk bisa keluarkan air dari iPhone. Ini dia langkah – langkah yang bisa diambil oleh pengguna.

  • Matikan dulu iPhone yang kemasukan air
  • Setelah iPhone mati keluarkan simcard
  • Pelan – pelan bersihkan air di iPhone dengan lap kering
  • Setelah itu keringkan iPhone di suhu ruangan
  • Masukkan kembali simcard dan nyalakan iPhone

2. Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Aplikasi Khusus

Proses keluarkan air dari iPhone dengan aplikasi khusus juga bisa dilakukan. Terdapat aplikasi khusus yang bisa digunakan yakni Water Reject. Aplikasi Water Reject ini memang bisa diandalkan untuk keluarkan air. Ini dia tata cara keluarkan air dari iPhone dengan water reject.

  • Download dan install aplikasi Water Reject
  • Posisikan iPhone dalam kondisi berdiri tegak
  • Pilih opsi atua menu ‘begin water ejection’
  • Proses mengeluarkan air akan dimulai
  • Jika sudah selesai lakukan restart pada iPhone.

3. Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Perendaman di Beras

Memanfaatkan beras sebagai medium untuk keluarkan air dari iPhone itu juga bisa dilakukan. Sifat beras yang mampu menyerang air memang bisa difungsikan pengguna iPhone untuk keluarkan air. Berikut ini cara keluarkan air dari iPhone dengan bantuan beras.

  • Matikan iPhone terlebih dulu
  • Keluarkan dulu simcard dari iPhone
  • Rendam iPhone yang kemasukan air ke dalam beras
  • Diamkan iPhone di beras selama beberapa jam biar air keluar sempurna
  • Saat sudah selesai simcard bisa dimasukkan dan iPhone bisa dinyalakan

Tips Agar iPhone Tak Kemasukan Air

Pahamilah sejumlah tips agar iPhone tak kemasukan air. Ada beberapa langkah yang bisa diambil biar iPhone tak mudah kemasukan air. Dengan semua tips yang tepat, iPhone akan terhindar dari masalah kemasukan air tersebut. Berikut ini beberapa tips agar iPhone tak kemasukan air.

1. Berikan Pengaman Saat Hujan

Tips pencegahan yang pertama adalah memberikan pengaman saat sedang hujan. Melakukan pencegahan dengan menaruh iPhone di tempat yang tak akan terkena air itu memang penting. Karenanya, pastikan selalu amankan smartphone dari jangkauan hujan.

2. Hindari Penggunaan Ketika Berada Dekat Kolam Renang

Kalau sedang berada di dekat kolam renang, pengguna sebaiknya menjauhkan iPhone dari kolam. Ini adalah tindakan pencegahan yang sangat disarankan. Ketika melakukan hal ini, iPhone yang dipunyai akan selalu terhindar dari kemasukan air yang bisa merusak software.

3. Jauhkan iPhone dari Minuman

Jauhkan iPhone dari minuman juga jadi tips agar iPhone tak kemasukan air. Ini adalah cara terbaik yang bisa dipakai untuk mencegah air masuk. Ketika melakukan hal ini, iPhone yang dipunyai bisa selalu aman. Hal tersebut perlu dapatkan atensi khusus.

4. Bawa Kantong Plastik Saat Bepergian

Ketika masuk musim penghujan, sebaiknya selalu berjaga – jagalah dengan membawa kantong plastik saat berpergian. Ini adalah solusi yang terbaik untuk melakukan pencegahan terhadap masalah iPhone kemasukan air. Tips ini sangat ampuh untuk digunakan.

FAQ | Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Apakah iPhone bisa rusak kalau kemasukan air?

Jika tak segera diatasi, iPhone yang kemasukan air itu bisa rusak sepenuhnya.

Apa yang harus dilakukan jika iPhone kemasukan air?

Segera mencari cara untuk mengeringkan dan mengeluarkan air dari sana.

Bisakah iPhone dibetulkan ketika kemasukan air?

Bisa. Pengguna bisa membawa iPhone yang kemasukan air ke tempat service.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.