Cara Mengeluarkan Air dari OPPO Reno

Beranda ยป Cara Mengeluarkan Air dari OPPO Reno
Advertisement

Pahami selalu cara mengeluarkan air dari OPPO Reno. Jika mampu memahami cara mengeluarkan air dari OPPO Reno, masalah tersebut bisa diatasi secara langsung. Karena itu, jangan sampai salah dalam mengeluarkan air dari OPPO Reno. Sebab kalau salah, OPPO Reno bisa rusak.

OPPO Reno memang kerap bermasalah dengan kemasukan air. Jika OPPO Reno mengalami masalah tersebut, perlu dipahami cara mengatasinya. Berikut ini adalah panduan untuk mengeluarkan air dari OPPO Reno dengan mudah dan cepat.

Cara Mengeluarkan Air dari OPPO Reno

Pengeluaran terhadap air yang masuk ke hp OPPO Reno memang harus dicermati secara baik. Jangan sampai salah atau keliru dalam proses mengeluarkannya. Berikut ini adalah tata cara mengeluarkan air dari OPPO Reno dengan baik dan benar.

1. Keringkan Bagian Luar OPPO Reno

Jika OPPO Reno sudah kemasukan air atau basah, maka keringkan dulu bagian luarnya. Ambil tisu atau kain lap untuk melakukan pengeringan terhadap OPPO Reno yang basah kena air. Usahakan untuk mengeringkan dengan tepat.

2. Matikan Total OPPO Reno

Ketika sudah mengeringkan pada bagian luar, maka matikanlah langsung hp OPPO Reno. Langsung matikan smartphone OPPO Reno untuk melakukan pembersihan lanjutan. Jangan sampai tidak mematikan hp OPPO Reno tersebut.

3. Bongkar Kasing dan Keluarkan Sim Card

Setelah mematikan OPPO Reno, proses berikutnya adalah membongkar kasing. Bukalah kasing OPPO Reno dan ambil sim card. Kalau ada memory card, keluarkan juga dulu. Pastikan semua komponen terpisah dulu biar pengeringan bisa dilakukan secara maksimal.

4. Bersihkan Air yang Masuk ke Dalam

Ketika hp OPPO Reno sudah terbongkar, maka pembersihan di dalam bisa langsung dimulai. Bersihkan langsung sisa air yang telah masuk ke dalam hp OPPO Reno. Gunakan alat penyedot atau vacumm untuk memastikan bahwa tidak ada air lagi.

5. Jemur di Sinar Matahari Tak Langsung

Setelah semua air sudah dibersihkan, maka langkah berikutnya ialah menjemur hp yang terkena air tersebut pada tempat yang sesuai. Usahakan jemur pada tempat yang tak terkena sinar matahari langsung. Ini penting untuk dilakukan dalam proses pengeringan.

6. Tunggu Kering dan Pasang Kembali

Jemurlah beberapa jam sampai hp OPPO itu bisa kering dengan sempurna. Ketika sudah kering, pasanglah kembali hp OPPO Reno yang sebelumnya dibongkar. Ketika sudah terpasang, nyalakan kembali OPPO Reno. Kalau sudah bisa nyala secara normal, maka OPPO Reno tidak rusak.

Apa yang Terjadi Jika OPPO Reno Kemasukan Air?

Ketahui juga apa yang terjadi jika OPPO Reno kemasukan air. Jika memahami hal tersebut dengan baik, pengguna bisa menanggulangi atau lakukan pencegahan. Berikut ini penjelasan mengenai apa yang terjadi jika OPPO Reno kemasukan air.

1. Sistem OPPO Reno Rusak

Hal yang pasti terjadi ketika OPPO Reno kemasukan air yang banyak adalah alami kerusakan. Sistem OPPO Reno bisa langsung rusak jika kemasukan air. Ini adalah resiko yang harus ditanggung oleh para pengguna OPPO Reno yang smartphone miliknya kemasukan air.

Advertisement

2. Hardware OPPO Reno Rusak

Perangkat keras atau hardware OPPO Reno mengalami kerusakan juga jadi masalah yang akan didapatkan ketika smartphone kemasukan air. Hardware OPPO Reno seperti layar, sound hingga port bisa alami kesusakan instan jika kemasukan air dalam jumlah banyak.

3. Akan Terjadi Bootloop

Bootloop juga akan menjadi hal yang akan terjadi pada OPPO Reno yang kemasukan air. Hp android seperti OPPO Reno memang bisa bermasalah dengan bootloop kalau terkena air dalam jumlah yang sangat banyak. Masalah bootloop ini memang akan sering terjadi ketika hp kemasukan air.

4. Bisa Mati Total

Hal yang bisa terjadi ketika OPPO Reno kemasukan air adalah bisa mati total. Ini juga menjadi hal yang akan diyakini akan dialami para pengguna OPPO Reno yang kemasukan air. Air yang banyak itu memang dapat menyebabkan hp OPPO Reno mati total.

Tips Mencegah OPPO Reno Kemasukan Air

Harus dipahami juga bagaimana melakukan pencegahan masuknya iar ke OPPO Reno. Hal tersebut penting juga untuk diketahui dan dipahami. Berikut ini beberapa tips terbaik untuk bisa mencegah OPPO Reno kemasukan air.

1. Selalu Bawa Plastik Pengaman

Tips pencegahan yang pertama adalah selalu membawa plastic pengaman. Plastik pengaman bisa menjadi wadah ketika sedang berada di luar rumah dan kondisi sedang hujan. Dengan selalu membawa plastik pengaman, masalah hp bisa kemasukan air bisa diatasi dengan mudah.

2. Jangan Bawa Hp Saat Berenang

Hindari membawa hp saat berenang juga jadi tindakan pencegahan. Ini merupakan tips terbaik untuk bisa mencegah OPPO Reno kemasukan air. Hindarilah membawa hp ketika sedang berenang biar resiko kemasukan air itu bisa dihindari langsung.

3. Selalu Tunggu Hujan Reda

Selalu tunggu hujan reda ketika tak bawa payung atau jas hujan. Ini adalah salah satu tips terbaik untuk bisa mencegah OPPO Reno kemasukan air dengan tepat. Jangan paksa untuk menerobos hujan ketika sedang membawa OPPO Reno.

FAQ | Cara Mengeluarkan Air dari OPPO Reno?

Apakah air yang masuk ke OPPO Reno bisa merusak?

Bisa. Kalau tak ditangani, air pada OPPO Reno bisa langsung rusak.

Kenapa harus segera mengeluarkan air dari OPPO Reno?

Supaya air tidak merusak hardware maupun software dari OPPO Reno.

Apa efek buruk dari tidak mengeluarkan air yang masuk ke OPPO Reno?

Efek terburuknya adalah hp OPPO Reno bisa mati total.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.