Cara Mengembalikan File Microsoft Word yang Belum Di Save

Beranda » Cara Mengembalikan File Microsoft Word yang Belum Di Save

Pahamilah cara mengembalikan file Microsoft Word yang belum di save. Memang sering terjadi PC atau laptop yang mati mendadak. Padahal, kadang file word itu belum disimpan. Itu tentunya jadi masalah tersendiri bagi banyak orang.

Jangan sampai tak mengetahui cara kembalikan file word yang belum tersimpan. Hal ini sangat krusial untuk diketahui dan dipahami. Lalu, seperti apa cara kembalikan file word sebelum di save? Ini dia penjelasan mengenai cara kembalikan file word yang belum di save.

Cara Mengembalikan File Microsoft Word yang Belum Di Save dengan Mudah

Sejumlah tahapan dan proses bisa dilakukan untuk mengembalikan file Microsoft Word yang belum di save. Prosesnya sangat mudah dan tak ribet. Sehingga, perhatikanlah cara dan tahapan tersebut. Berikut ini adalah tata cara mengembalikan file Microsoft Word yang belum di save.

1. Menggunakan Mode Restore di Word

Cara termudah adalah menggunakan mode restore yang adai word. Pada word terbaru, file terjamin aman karena ada fitur auto save dan auto restore. Jadi, perhatikanlah cara memaksimalkan peran mode restore di word. Berikut ini cara untuk menggunakannya.

  • Nyalakan lagi file PC atau laptop
  • Buka kembali Microsoft Word
  • Pilih Restore Previous Session
  • Tunggu file yang belum disimpan

2. Akses Temporary Files

Akses temporary files juga bisa menjadi solusinya. Ini adalah cara yang bisa digunakan juga untuk mengembalikan file word yang belum disimpan. Ini dia tata cara kembalikan file word yang belum disimpan dengan akses temporary files.

  • Buka file di lembar kerja word
  • Pilih opsi Manage Document
  • Pilih Recover Unsaved
  • Periksa dan cari file yang diinginkan
  • Buka kembali dokumen yang belum disimpan tersebut

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga juga bisa digunakan. Ada aplikasi pemulih data seperti Recuva yang bisa dipasang ke laptop atau PC untuk kembalikan file yang hilang. Berikut ini penjelasan tentang memulihkan data dengan Recuva.

  • Download dan install Recuva
  • Jalankan aplikasi Recuva di laptop atau PC
  • Ikuti petunjuk pemulihan semua data di Recuva
  • Setelah semua data muncul, carilah data yang diinginkan
  • Pilih restore untuk kembalikan data

Tips Mengembalikan File Microsoft Word yang Belum Di Save

Ada beberapa tips untuk dapat mengembalikan file word yang kebetulan belum disimpan. Sejumlah tips tersebut memang perlu diperhatikan dengan baik agar semuanya lancar. Berikut ini beberapa tips dalam mengembalikan file Microsoft Word yang belum disimpan.

1. Aktifkan Auto Save pada Microsoft

Tips untuk kembalikan file Microsoft Word yang belum disimpan adalah selalu aktifkan fitur auto save. Mengaktifkan fitur auto save memang jadi bagian wajib yang harus dilakukan. Selalu pastikan bahwa auto save pada word telah aktif sebagai tindak pencegahan.

2. Langsung Nyalakan Laptop atau PC Ketika Mati Mendadak

Tips berikutnya adalah langsung nyalakan laptop atau PC ketika mati mendadak. Jika mati mendadak, maka file word bisa tak kembali karena hilang. Untuk itu, segera nyalakan laptop maupun PC saat ada file word yang belum tersimpan.

3. Jangan Tunggu Lama untuk Kembalikan File

Jangan tunggu lama juga untuk kembalikan file. Langsung pulihkan file word yang belum disimpan saat itu juga. Jika menunggu terlalu lama, lembar kerja word yang sudah dibuat akan benar – benar hilang sepenuhnya.

Kenapa Tidak Bisa Mengembalikan File Microsoft Word yang Belum Di Save?

Ada beberapa alasan juga kenapa file Microsofot yang belum disimpan tak dapat dikembalikan sama sekali. Ada sejumlah penyebab mengenai hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh alasan kenapa tidak bisa kembalikan file Mirosoft Word yang belum disimpan.

1. Sistem Auto Save Bermasalah

Alasan kenapa tak bisa mengembalikan file word yang belum disimpan adalah sistem auto save yang bermasalah. Sistem auto save pada word memang harus diatur dulu. Kalau belum disetting, proses kembalikan file Microsoft Word yang belum disimpan pastilah gagal.

2. Microsoft Word Belum Update

Penyebab lain adalah aplikasi Microsoft Word belum update. Terkadang, masalah file yang tak bisa dikembalikan itu disebabkan oleh word yang belum update. Masalah ini tentunya sangat sering terjadi. Jadi, perhatikanlah apakah aplikasi word yang dipakai sudah baru atau belum.

3. Ada Masalah pada Internal PC atau Laptop

Adanya masalah pada internal PC ataupun laptop juga merupakan penyebab dari tak bisa kembalikan file word yang belum disimpan. Masalah pada internal PC dan laptop memang kerap jadi biang keladi masalah. Sehingga, harus dilakukan pemeriksaan terhadap hal tersebut.

4. File Hilang Sepenuhnya

Penyebab kegagalan lainnya adalah file atau dokumen yang sudah hilang sepenuhnya. Ketika file atau dokumen sudah hilang sepenuhnya, maka tidak akan bisa file dikembalikan lagi seperti semula. Hal ini bisa terjadi ketika laptop tak segera dinyalakan lagi.

FAQ | Cara Mengembalikan File Microsoft Word yang Belum Di Save

Apakah bisa kembalikan file Microsoft Word yang belum di save?

Bisa. Pada Microsoft Word sudah ada fitur yang bisa kembalikan file yang belum tersimpan.

Kenapa tidak bisa kembalikan file word yang belum di save?

Karena file yang belum disimpan tersebut sudah hilang sepenuhnya pada laptop atau PC yang dipakai.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.