Cara Mengembalikan File Terhapus Android

Beranda ยป Cara Mengembalikan File Terhapus Android
Advertisement

Cara mengembalikan file terhapus android tentunya tidak terlalu sulit. Hanya butuhkan beberapa langkah mudah saja untuk bisa kembalikan file yang tak sengaja terhapus pada smartphone android. Ada banyak metode atau cara biar bisa kembalikan file terhapus itu.

File atau dokumen yang terhapus di android itu bisa dikembalikan. Bisa pakai sejumlah aplikasi yang memang khusus dibuat untuk kembalikan file terhapus. Biar lebih mudah dipahami, ini dia cara mengembalikan file terhapus android dengan sangat mudah.

Cara Kembalikan File Terhapus Android

Cara mengembalikan file terhapus android itu bisa dijalankan dengan mudah. Hanya perlu menggunakan beberapa langkah sederhana saja untuk kembalikan file terhapus. Berikut ini adalah tata cara mengembalikan file terhapus android dengan mudah.

1. Buka Menu Files

Bukalah dulu menu files atau file manager yang ada pada hp android. Ini adalah langkah awal yang mesti dilakukan demi bisa kembalikan file terhapus di android.

2. Pilih Menu Pembersihan

Pada menu file manager, langsung cari saja opsi atau menu pembersihan. Opsi menu pembersihan ini memang harus langsung dipilih buat kembalikan file yang terhapus.

3. Pilih Ikon Trash di Files

Tahapan berikutnya adalah memilih ikon trash atau tempat sampah di files. Ikon tersebut berisikan semua file yang sudah terhapus dari smartphone android.

4. Pilih File yang Mau Dikembalikan

Setelah pilih menu trash akan muncul file yang sudah terhapus. Nantinya bisa dipilih mana saja file yang ingin dikembalikan pada smartphone android.

5. Lakukan Restore

Langkah terakhir adalah melakukan restore. Melakukan restore ini memang perlu dilakukan biar file yang tadi sudah dipilih bisa kembali ke tempat semula.

Tata Cara Kembalikan File Terhapus Android dengan Aplikasi

Pemakaian aplikasi pihak ketiga juga bisa digunakan untuk kembalikan file terhapus android. Salah satu aplikasinya adalah Dumpster. Aplikasi Dumpster ini memang bisa dimanfaatkan langsung. Berikut ini tata cara kembalikan file terhapus android dengan aplikasi.

1. Download dan Install Dumpster

Tahap pertama adalah download dan install Dumpster terlebih dulu. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Playstore secara langsung dan pastinya gratis digunakan.

Advertisement

2. Jalankan Aplikasi Dumpster

Ketika sudah selesai untuk download, langsung jalankan aplikasi Dumpster pada smartphone android yang dipakai. Pastikan berada di halaman utama dari aplikasi tersebut.

3. Cari Data yang Terhapus di Halaman Utama

Langkah berikutnya adalah mencari data yang terhapus di menu di Dumpster. Langsung cari data atau file apa yang akan dikembalikan. Mulai dari file foto, dokumen hingga video.

4. Pulihkan Data yang Terhapus

Jika sudah menentukan data atau file yang akan dikembalikan langsung lakukan restore atau pemulihan. Kalau sudah melakukan pemulihan, maka file akan kembali ke tempat asalnya.

Rekomendasi Aplikasi untuk Kembalikan File Terhapus di Android

Perlu adanya pemahaman mengenai rekomendasi aplikasi untuk kembalikan file terhapus di android. Dengan penggunaan aplikasi yang sesuai, file yang sudah terhapus di android bisa dikembalikan. Berikut ini beberapa aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android.

1. Dumpster

Salah satu aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android adalah Dumpster. Aplikasi Dumpster ini memang sangat bisa diandalkan untuk bisa langsung kembalikan file yang sudah terhapus pada android.

2. Ultdata

Ultdata juga jadi salah satu opsi aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengembalikan lagi file yang terhapus di android. Fitur yang ada di Ultdata pasti bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh para pengguna.

3. EaseUS Mobisaver

Opsi selanjutnya dari aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android adalah EaseUS Mobisaver. Ini adalah aplikasi yang sering dipakai pengguna smartphone, termasuk para pemakai android. Kemudahan dan kelengkapan fitur akan selalu jadi nilai plus buat EaseUS.

4. DigDeep

DigDeep adalah pilihan berikutnya dari aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android. Aplikasi DigDeep ini pasti bisa diandalkan terus untuk mengembalikan foto, video maupun dokumen yang telah terhapus. Karenanya, langsung saja gunakan DigDeep saja biar data bisa dikembalikan.

5. Undeleter

Undeleter juga bisa dicoba oleh para pengguna yang mau kembalikan data yang terhapus. Ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android. Jadi, gunakan terus saja Undeleter ini biar bisa dapatkan kemudahan dalam kembalikan foto dan video yang terhapus.

6. Dr Fone

Dr Fone adalah contoh lain dari aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android. Melalui Dr Fone, pada pengguna bisa memperoleh banyak keuntungan. Karena itu, pakailah Dr Fone saja agar bisa mengembalikan file yang terhapus bisa dikembalikan.

7. Recycle Bin

Recycle Bin merupakan pilihan aplikasi terbaik untuk kembalikan file terhapus di android. Dengan aplikasi ini, pengguna android bisa langsung mengembalikan sejumlah file video dan foto yang terhapus. Karenana, pakailah saja aplikasi ini saja agar semuanya jadi lebih mudah.

FAQ | Cara Mengembalikan File Terhapus Android

Bisakah file yang terhapus bisa dikembalikan seperti semula?

Bisa. Pengguna bisa mengembalikan langsung via hp atau pakai apliaksi pihak ketiga.

Apakah harus pakai aplikasi untuk kembalikan file terhapus android?

Tidak harus pakai aplikasi pihak ketiga untuk kembalikan file yang terhapus.

Apa yang menyebabkan file terhapus tak bisa dikembalikan lagi?

File sudah hilang sepenuhnya di hp android sehingga tak bisa dikembalikan seperti semula.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.