Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula

Beranda » Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula
Advertisement

Mengetahui cara mengembalikan keyboard Samsung seperti semula, membuat kamu jadi bisa menggunakan HP ke setelan pertama.

Hal ini bisa dilakukan ketika kamu merasa bosan dengan setelan keyboard tambahan. Dan ingin menggunakan setelan keyboard yang biasa saja. Caranya mudah dan sederhana, kamu pun bisa langsung simak panduannya pada pembahasan berikutnya.

Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula dengan Gampang

Panduan dan pembahasan utama ini dipastikan mudah untuk dipahami, kamu pun tentu saja dapat memanfaatkan fitur Settings. Atau fitur Pengaturan yang sudah disediakan pada perangkatnya langsung. Dengannya, kamu pun bisa dengan cepat mengembalikan keyboard ke semula.

  1. Pertama, langsung buka menu Pengaturan atau menu Settings di HP Samsung kamu seperti biasa
  2. Berikutnya, langsung cari sub menu Manajemen Umum 
  3. Selanjutnya pilih sub menu lain dengan keterangan Bahasa dan Input
  4. Kemudian pilih lagi sub menu Keyboard pada Layar
  5. Dari perintah tersebut, kamu pun bisa memilih fitur Keyboard Samsung
  6. Geser dan scroll kebagian bawah, hingga kamu dapat menemukan opsi dan keterangan Reset ke Pengaturan Awal
  7. Tekan opsi pilihan tersebut, kemudian keyboard secara otomatis akan kembali ke setelan awal dengan mudah.

Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula dari input Bahasa

Keyboard merupakan salah satu fitur input atau masukan yang disediakan oleh Samsung, dan Bahasa pun menjadi salah satunya. Nah, pengaturan bahasa pun bisa diatur dari keyboard. Jadi memudahkan pengguna untuk mengatur bahasa yang akan diketik, atau digunakan.

Kehadiran fitur papan ketik virtual di HP Samsung memudahkan pengguna dapat melakukan perubahan terkait dengan bahasa yang digunakan. Kamu dapat mengaturnya dari menu Settings dan sub menu Bahasa dan Tipe.

Dari sub menu bahasa tersebut, kamu dapat menggunakan bahasa seperti semula. Seperti bahasa Inggris, atau bahasa Indonesia.

Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula dari Temanya

Tema pun menjadi salah satu bagian dan part penting dari keyboard. Jika kamu merasa bosan dengan tema keyboard yang digunakan, maka bisa diubah ke setelan awal. Agar terasa lebih original. 

Nah, kamu dapat mengatur tema keyboard serta tata letak sesuai yang diinginkan. Dengannya, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk mengganti tampilan keyboard. Sebab Samsung sendiri sudah menyediakannya.

Pengembalian keyboard menggunakan tema default pun cukup gampang. Kamu hanya tinggal memanfaatkan fitur Setting dari Keyboardnya langsung. Lalu kemudian mengubah temanya ke settingan awal.

Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula dengan Hapus Apps Tambahan

Sebagai salah satu tipe HP Android yang bisa mengunduh banyak aplikasi dari Google Play Store. Samsung pun memperbolehkan penggunanya mendapatkan aplikasi tambahan, dari Google Play yang bisa diunduh secara gratis.

Termasuk dengan input tambahan keyboard, dari aplikasi yang memang bisa diunduh sesuai kebutuhan serta keinginan. Jika sebelumnya kamu sudah pernah memasang aplikasi tambahan untuk keyboard. Kemudian ingin mengubah dan mengembalikannya lagi ke keyboard utama.

Maka sebagai pengguna, kamu hanya tinggal menghapus semua aplikasi tambahan tersebut. Caranya bisa langsung dihapus, atau boleh dengan sistem uninstall aplikasi. Baik itu langsung dari perangkat Samsungnya, atau proses uninstall dari Google Play Storenya.

Advertisement

Dengan menghapus aplikasi tambahan keyboard tersebut, maka secara otomatis papan ketik di HP Samsung kamu akan kembali ke settingan awal. Atau akan kembali ke pengaturan semula.

Cara ini cukup simple, pun tentu saja dengan keyboard semula akan membuat pengguna tetap menggunakan fitur bawaan dari fitur original dari Samsungnya.

Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Pengembalian Keyboard Samsung Seperti Semula

Ketika kamu sedang ingin melakukan pengembalian keyboard ke semula, kemudian tidak bisa dilakukan. Akan ada kemungkinan terjadinya beberapa masalah, baik itu karena satu dan lain hal. Jika memang hal tersebut terjadi, maka kamu pun bisa coba beberapa solusi di bawah ini.

1. Memeriksa RAM

Salah satu yang memungkinkan menjadi penyebab tidak munculnya keyboard, dan tidak bisanya dikembalikan ke semula. Adalah karena memori RAMnya hampir penuh.

Jadi kamu hanya perlu mengeceknya terlebih dahulu, guna memastikan dengan benar. Caranya hanya dengan membuka menu Pengaturan saja, kemudian buka sub menu Pemeliharaan Perangkat

Dari sub menu tersebut, kamu tinggal memilih keterangan Memori dan kemudian pilih Optimalkan Perangkat untuk membuat ruang penyimpanan RAM jadi lebih ringan. Atau kosong.

2. Update Aplikasi Keyboard Samsung

Agar cara mengembalikan keyboard Samsung seperti semula tetap bisa dilakukan, maka kamu coba lakukan update aplikasinya. Pengguna dapat melakukan update keyboard Samsung menggunakan metode dan langkah di bawah ini:

  • Pertama, langsung menuju dan buka menu Settings atau menu Pengaturan
  • Kemudian langsung buka menu Bahasa dan Input
  • Selanjutnya, pilih keterangan dan menu Keyboard pada Layar
  • Berikutnya pilih keyboard yang terpakai, yakni keyboard Samsung
  • Jika sudah, pilih keterangan Tentang Keyboard
  • Terakhir, lakukan pembaharuan ke versi berikutnya dan pastikan jaringan internetnya terhubung dengan baik.

3. Menghapus Cache Keyboard

Lalu cara mengembalikan keyboard Samsung seperti semula jika tidak bisa dilakukan, coba kamu hapus terlebih dahulu cache dari keyboardnya. Hal ini dapat dilakukan dari menu Settings atau Pengaturan, lalu ke menu Aplikasi.

Kamu bisa langsung cari aplikasi Keyboard Samsung, dan jika sudah langsung buka aplikasinya dengan melakukan hapus cache secara langsung.

Pastikan tahap-tahap solusi ini dilakukan dengan baik, dengan begitu pengaplikasian cara mengembalikan keyboard Samsung seperti semula akan lancar dilakukan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengembalikan Keyboard Samsung ke Setting Semula?

Cepat, hanya beberapa menit saja.

Apakah dengan Mengembalikannya ke Setelan Semula Tetap Bisa Diubah dengan Setelan Tambahan dari Aplikasi?

Tetap bisa dilakukan. Dan kamu dapat melakukannya secara berulang.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.