Cara Mengembalikan Microsoft Word yang Hilang di Laptop

Beranda » Cara Mengembalikan Microsoft Word yang Hilang di Laptop

Cara mengembalikan Microsoft Word yang hilang di laptop itu tak begitu sulit. Hanya dengan beberapa tahapan sederhana, file word yang hilang di laptop bisa dikembalikan langsung. Sehingga, tak perlu bingung untuk mengembalikan file yang hilang.

Memang sering terjadi masalah file word yang tiba – tiba hilang. Masalah tersebut tentunya harus dipahami cara mengatasinya. Kalau paham cara mengatasinya, semua masalah bisa diatasi langsung. Berikut ini adalah tata cara untuk kembalikan file Microsoft yang hilang di laptop.

Cara Mengembalikan Microsoft Word yang Hilang di Laptop

Proses untuk kembalikan Microsoft Word yang hilang di laptop itu sangat mudah. Dengan cara – cara yang sangat sederhana, proses mengembalikan file atau dokumen word yang hilang di laptop bisa dikembalikan. Ini dia beberapa cara kembalikan file word yang hilang di laptop.

1. Akses File Backup di PC

Cara mengembalikan file Microsoft Word yang hilang atau tak sengaja terhapus di laptop. Cara ini bisa digunakan langsung karena mudah. Jadi, perhatikan bagaimana cara kembalikan file word yang hilang dengan fitur backup. Berikut ini tata caranya untuk kembalikan file word yang terhapus.

  • Tekan tombol restart di PC atau laptop
  • Pilih control panel
  • Kemudian akses system & maintenance
  • Akses menu Backup and Restore
  • Pilih Restore my file dan ikuti semua petunjuk di wizard

2. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Fitur restore previous versions juga bisa digunakan untuk bisa kembalikan file yang hilang pada laptop. Dengan fitur seperti ini, file yang hilang memang bisa langsung kembali. Ini dia cara kembalikan file word yang hilang dengan restore previous versions.

  • Awali dengan tekan tombol start
  • Pilih My Computer
  • Pilih folder yang dipakai untuk simpan file
  • Klik kanan pada folder dan pilih Restore Previous Versions

Alasan Kenapa Microsoft Word Tidak Ada di Laptop

Tentu ada beberapa alasan kenapa file Microsoft Word tidak ada di laptop alias hilang. Semua alasan ini harus diperhatikan dengan sangat baik oleh pengguna word. Harus dipahami alasannya agar paham cara mengembalikannya. Berikut ini beberapa alasan kenapa file Microsoft Word hilang.

1. Laptop atau PC Tiba – Tiba Mati

Salah satu alasan kenapa file Microsoft Word bisa hilang di laptop adalah laptop atau PC yang digunakan tiba – tiba mati. Ini adalah penyebab utama yang sangat sering terjadi. Saat laptop atau PC tiba – tiba mati, semua file atau dokumen word akan hilang seketika.

2. Ada Gangguan di Sistem Ms Word

Adanya gangguan pada sistem di Ms Word juga merupakan alasan kenapa file Microsoft Word bisa hilang di laptop. Gangguan yang ada pada sistem Ms Word tersebut memang sering menjadi biang keladi masalah dokumen yang hilang. Jadi, perhatikan apakah ada gangguan di Ms Word.

3. Ada Serangan Virus di PC atau Laptop

Ada serangan virus pada PC atau laptop juga merupakan alasan kenapa file Microsoft Word bisa hilang di laptop. Ketika ada virus di dalam laptop atau PC, berbagai masalah bisa saja muncul. Termasuk masalah file atau dokumen word yang tiba – tiba hilang.

4. Tak Sengaja Menutup Lembar Kerja Word

File word bisa hilang juga bisa disebabkan oleh jari yang tak sengaja menutup lembar kerja word. Jika hal itu terjadi, masalah bisa datang langsung. Termasuk masalah dokumen atau file pada word yang hilang seketika. Untuk itu, pastikan untuk melakukan perlindungan lebih pada jari yang dipakai.

Tips Agar File Microsoft Word Tak Hilang di Laptop

Ada beberapa tips agar file Microsoft Word tak hilang di laptop. Semua tips ini harus dapatkan perhatian khusus dari para penggunanya. Apa saja tips yang bisa diandalkan untuk menghindari masalah file yang hilang di laptop? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Aktivasi Auto Save

Selalu aktifkan fitur auto save dalam lembar kerja word. Ini adalah fitur pengamanan yang bisa dipakai untuk mencegah beragam masalah. Saat PC atau laptop mati, maka file word yang terbuka bisa diamankan. Inilah gunanya mengaktifkan fitur auto save pada Ms Word.

2. Pastikan Baterai Laptop Cukup

Selalu pastikan bahwa baterai laptop cukup dayanya. Ini adalah salah satu tips untuk membuat file word tidak hilang. Baterai yang cukup memang sangat krusial dalam menjaga agar file tidak hilang. Hal tersebut wajib dipastikan agar semua file atau dokumennya aman.

3. Pastikan Aliran Listrik ke PC Lancar

Kalau gunakan PC atau komputer rumah, maka selalu pastikan bahwa aliran listrik ke PC itu lancar. Ini merupakan tips yang penting untuk menjaga file dan dokumen selalu aman. Aliran listrik itu memang harus mendapatkan atensi khusus untuk menjaga file word.

4. Selalu Bersihkan Laptop dan PC dari Virus

Selalu bersihkan laptop dan PC dari ancaman virus. Pasanglah software anti virus untuk menjaga seluruh dokumen atau file word. Sehingga, laptop dan PC harus selalu dibersihkan dengan baik dari berbagai macam virus. Tujuannya agar masalah file word tak hilang.

FAQ | Cara Mengembalikan Microsoft Word yang Hilang di Laptop

Kenapa file word bisa hilang di laptop?

Biasanya karena tak sengaja terhapus atau karena kesalahan pada sistem di laptop.

Sulitkah kembalikan file word di laptop?

Tidak sulit sama sekali karena banyak cara yang bisa dipilih langsung.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.