Cara Menggambar di Microsoft Word

Beranda » Cara Menggambar di Microsoft Word

Cara menggambar di Microsoft Word dapat dilakukan dengan sangat mudah. Melalui cara – cara yang sederhana, proses menggambar di word dapat dijalankan dengan mudah. Maka dari itu, pahamilah selalu bagaimana cara menggambar di lembar kerja Microsoft Word.

Mungkin banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara menggambar pada word. Padahal, proses untuk menggambar di word bisa dijalankan dengan mudah. Hanya butuh beberapa langkah sederhana saja. Berikut ini tata cara menggambar memakai Microsoft Word.

Cara Menggambar di Microsoft Word dengan Shape

Cara menggambar di Microsoft Word bisa berjalan dengan mudah. Kalau menggambar dengan tepat dan sesuai, semuanya akan berlangsung dengan mudah. Banyak fitur yang bisa dipakai untuk menggambar di word. Ini dia tata cara menggambar di Microsoft Word dengan sangat mudah.

1. Buka Lembar Baru

Pertama – tama bukalah lembar dokumen baru pada Microsoft Word. Bisa langsung klik saja ikon Ms Word pada laptop atau PC yang digunakan. Nantinya tinggal mengatur ukuran kertas jenis mode lembar kerja yang diinginkan. Pembukaan lembar baru jadi awal untuk mulai semuanya.

2. Pilih Opsi Insert

Setelah lembar kerja baru sudah siap, maka langsung pilih saja menu insert pada bar yang ada di atas. Setelah klik menu insert tersebut, akan tersedia banyak opsi untuk menambahkan gambar. Dalam hal ini, pilih opsi shape pada menu insert tersebut.

3. Pilih Shape yang Diinginkan

Selanjutnya adalah klik menu shape. Langsung saja pilih jenis shape yang akan ditambahkan pada lembar kerja word. Jenis shape yang tersedia memang beraneka macam. Ada kotak, lingkaran, segitiga, flowchart, banner, hingga callouts. Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

4. Mulai Bikin Gambar di Lembar Baru

Ketika sudah menentukan shape, maka langkah berikutnya adalah mulai bikin gambar di lembar kerja baru. Tambahkan gambar dan kemudian atur besar kecil hingga panjang pendeknya. Shape yang ditambahkan tersebut juga bisa diberi warna sesuai kebutuhan.

Cara Memunculkan Draw di Word

Jika mau gambar bebas, ada fitur draw yang bisa ditambahkan. Ini adalah menu yang harus ditambahkan secara manual. Dengan cara – cara yang sederhana, semuanya bisa dijalankan dengan mudah. Ini dia cara memunculkan fitur draw pada lembar kerja Microsoft Word.

1. Buka Lembar Kerja Baru

Tahap pertamanya adalah membuka lembar kerja baru dulu. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan kalau ingin memunculkan fitur draw pada Microsoft Word.

2. Akses Menu File

Saat lembar kerja baru word sudah terbuka, maka proses berikutnya adalah mengakses menu file. Akses langsung menu file di word, kemudian pilih options di sana untuk bisa buka fitur terbaik.

3. Akses Customize Event

Setelah memilih options, lanjutkan dengan mengakses menu customize event. Ketika langsung memilih menu tersebut akan terbuka banyak opsi pengaturan yang dapat dipilih langsung.

4. Centang Menu Draw

Selanjutnya adalah mencari menu draw pada opsi customize event yang tersedia. Langsung centang saja menu draw tersebut, agar segera aktif dan bisa muncul di bar lembar kerja word.

5. Menu Draw Bisa Digunakan di Word

Saat sudah centang opsi draw tersebut, menu draw bakal tersedia dan bisa digunakan langsung pada word. Tinggal klik saja menu draw untuk menggunakan semua fitur yang tersedia di dalamnya.

Tips dalam Menggambar di Microsoft Word

Ada beberapa tips dalam menggambar di Microsoft Word. Kalau menggunakan tips yang tepat, semuanya akan berlangsung lancar tanpa halangan. Lalu, seperti apa sebenarnya tips dalam menggambar di Microsoft Word? Ini dia penjelasan untuk gambar di lembar kerja word.

1. Gunakan Shape yang Sesuai

Salah satu tips dalam menggambar di Microsoft Word adalah memilih shape yang sesuai. Penggunaan shape yang sesuai itu memang akan membuat gambar di lembar kerja word jadi lebih tertata dan bagus. Jangan pakai shape yang bentuknya terlalu mencolok atau aneh.

2. Gunakan Pensil Draw Pelan – Pelan

Kalau memilih opsi draw, maka gunakanlah pensil draw secara pelan – pelan. Ini adalah tips yang layak untuk diandalkan dalam membuat gambar yang bagus di word. Karenanya, penggunaan pensil draw harus diperhitungkan secara matang oleh para pengguna.

3. Berikan Warna yang Sesuai

Pemberian warna juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau mau bagus, gambar pada lembar kerja word memang harus diberikan warna. Jenis warna yang ditambahkan itu juga harus sesuai estetika. Dengan begitu, warna yang muncul akan jadi lebih bagus.

4. Tambahkan Word Art untuk Mempercantik Gambar

Menambahkan word art juga bisa menjadi solusi agar gambar menjadi lebih cantik. Ini adalah cara menggambar pada lembar kerja Microsoft Word yang bisa dicoba langsung. Penambahan word art memang bisa berikan aksen desain menarik kepada para pembuat gambar di word.

FAQ | Cara Menggambar di Microsoft Word

Apakah bisa menggambar di lembar kerja Microsoft Word?

Bisa. Banyak fitur yang bisa digunakan untuk menggambar di Microsoft Word.

Apakah sulit untuk menggambar di lembar kerja Microsoft Word?

Tidak sulit karena banyak cara untuk membuat gambar pada Microsoft Word.

Gambar apa saja yang bisa dibuat di lembar kerja Microsoft Word?

Gambar bangunan sampai gambar ikon tertentu bisa ditambahkan ke word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.