Bagaimana Cara Mengganti Background Zoom di HP Samsung?

Bagaimana cara mengganti background Zoom di HP Samsung bisa dibilang amat sangat gampang. Mudah dan tidak sulit dipahami.

Zoom sendiri menjadi salah satu aplikasi yang dapat dipasang di laptop, juga di perangkat Android. Termasuk di Samsung. Salah satu fitur yang membuat aplikasinya menarik digunakan, adalah pengguna bias mengganti background saat zoom meeting berlangsung. Bagaimana caranya?

Cara Mengganti Background Zoom di HP Samsung Secara Simple

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan atau meeting online. Atau bahkan rapat, hingga diskusi online. Dan saat hal tersebut berlangsung, tidak jarang banyak peserta yang menggunakan background polos. Atau ruangan.

Bila kamu ingin tampilan lebih berbeda, unik dan tentu saja lebih menarik. Maka bisa dilakukan. Jadi kamu tinggal mengganti backgroundnya, kemudian fitur penggantian background ini juga secara resmi sudah dihadirkan oleh Zoomnya. Dan dapat diaplikasikan di HP Samsung.

1. Mengecek Kompatibilitas Virtual Backgroundnya

Panduan dan cara mengganti background zoom di HP Samsung yang pertama, adalah pengguna diharuskan untuk mengecek kompatibilitas virtual backgroundnya terlebih dahulu.

Panduan ini dilakukan agar pengguna tahu, apakah HPnya bisa ganti background atau tidak. Pun pengecekan ini dapat dilakukan di menu Kompabilitas Virtual Background. Apakah sistem togglenya menyala, atau tidak.

Jika ternyata menyala dan aktif, maka berarti penggantian background bisa dilakukan. Sementara jika tidak aktif serta tidak menyala. Maka bisa dipastikan HP Samsung yang kamu miliki tidak support.

Hal tersebut dapat terjadi, pun dimungkinkan spesifikasi HP Samsung yang dimiliki kurang memadai. Atau terdapat beberapa hal yang memang berdasarkan sistem Zoom, kamu tidak layar menggunakan fitur tersebut.

Namun pada intinya, jika fiturnya ada. Maka kamu pun bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. Dengan mengklik keterangan Kompatibilitas tersebut.

2. Melakukan Login

Part yang paling penting dan wajib diingat, adalah sebelum memutuskan menggunakan zoom. Maka jangan lupa untuk masuk kebagian akun terlebih dahulu. Silahkan langsung lakukan Login, atau jika tidak bisa melakukan Login maka artinya daftar harus dilakukan terlebih dahulu.

Proses daftar akun sendiri cukup gampang, namun usahakan proses daftar tidak dilakukan disaat sesi zoom berlangsung. Sebab akan dirasa lebih ribet.

Jadi, usahakan agar daftar akun dapat dilakukan sebelum sesi zoom meeting dimulai. Usahakan juga agar akun dibuat menggunakan data-data sendiri.

3. Pilih menu More

Langkah dan cara berikutnya, yang harus diperlukan adalah dengan mencari menu More. Menu ini dapat ditemukan pada ikon titik tiga, yang biasanya dituliskan dengan nama More. Menu ini akan menampilkan beberapa perintah dan sub menu lain untuk penggantian backgroundnya.

4. Tentukan Background yang Diinginkan

Lalu cara mengganti background zoom di HP Samsung berikutnya, adalah dengan memilih tampilan background sesuai keinginan. Dan sesuai dengan yang diinginkan.

Silahkan langsung pilih sesuai keinginan, atau jika sebelumnya sudah mempersiapkan background. Langsung gunakan gambar tersebut.

Tipsnya, usahakan agar dapat menggunakan background yang berbeda. Sopan, namun tetap harus membuat gambar kamu nampak jelas. Jika zoom meetingnya bersifat formal, boleh menggunakan background rak perpustakaan, atau bahkan jenis gambar formal lainnya.

5. Cek di Tampilan Meeting

Untuk dapat melihat apakah pantas atau tidaknya background yang digunakan. Maka kamu dapat disarankan untuk melihat langsung dibagian meeting, atau obrolan.

Cek, apakah backgroundnya sudah sesuai atau belum. Jika belum, maka penggantian bisa dilakukan kembali dan pengecekan bisa diulang.

Lakukan hal tersebut berulang, hingga kamu mendapatkan hasil background yang pas juga sesuai keinginan.

6. Mengaktifkan Efek Green Screen

Namun penting untuk diperhatikan, bahwa tidak semua HP samsung dapat mengaktifkan efek Green Screen ini. Hanya mereka yang mendapatkan fitur ini, kemudian menyala dan fiturnya bisa digunakan.

Sementara yang tidak dapat mengaktifkan fitur ini, artinya dari segi spesifikasi HP memang tidak mendukung sistem green screen. Namun tidak perlu khawatir, sebab mengaktifkan efek green screen ini hanya untuk membuat tampilannya lebih bagus. Atau tidak pecah-pecah.

Nah, itulah beberapa cara mengganti background zoom di HP Samsung yang bisa coba kamu pelajari dan aplikasikan.

Namun biasanya proses penggantian background tidak selalu berjalan mulus dan berakhir dengan berhasil. Untuk itu, maka kamu pun diharuskan untuk tahu apa saja penyebab yang membuat penggantian background tidak bisa dilakukan.

Penyebab Penggantian Background Zoom di HP Samsung Tidak Bisa Dilakukan

Berikut ada beberapa penyebab yang memungkinkan penggantian background tidak berhasil dilakukan. Perhatikan dan usahakan agar bisa jadi solusi, agar penggantian background bisa berhasil dan hasilnya sempurna.

1. Ketentuan Gambar Digunakan

Penyebab pertama, bisa jadi karena gambar yang digunakannya kurang kompatibel. Mulai dari ukurannya. Misalnya jika kamera kamu menggunakan rasio 16:9. Maka disarankan dapat menggunakan gambar dengan ukuran 1280×720 Pixel atau 1920×1080 pixel.

Usahakan dapat menggunakan gambar dengan format PNG atau JPG/JPEG 24 bit. Dan jika tidak yakin dengan rasio kamera Samsung yang digunakan, disarankan dapat menggunakan gambar dengan minimal rasio 1280×720 pixel.

2. Perangkat HP Samsung

Lalu penyebab selanjutnya adalah bisa jadi perangkat HP Samsung yang kamu gunakan tidak mendukung. Karena untuk menggunakan aplikasi Zoom, diharuskan memenuhi standar sistem OS tertentu.

Misalnya saja sistem OS Android harus 5.0 ke atas. Jika perangkatnya tidak sesuai, maka bisa dipastikan aplikasi Zoom pun tidak akan bisa digunakan. Dan cara mengganti background Zoom di HP Samsung tidak bisa diaplikasikan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengganti Background Zoom di HP Samsung

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengganti Background Zoom di HP Samsung?

Sebentar, asalkan kamu paham bagaimana caranya.

Apakah Mengganti Background Zoom di HP Samsung Harus Berbayar?

Tidak, kamu bisa melakukannya secara gratis.

Tinggalkan komentar