Cara Mengganti Kata di Microsoft Word Sekaligus

Beranda ยป Cara Mengganti Kata di Microsoft Word Sekaligus

Cara mengganti kata di Microsoft Word sekaligus itu cukup mudah. Melalui sejumlah langkah yang sederhana, pergantian kata di lembar kerja word, semuanya akan berlangsung dengan menarik. Maka dari itu, proses mengganti kata pada dokukem atau file word selalu mudah dilakukan.

Pergantian kata pada Microsoft Word harus dipahami secara baik. Ketika keliru salah menulis, harus dipahami cara tercepat dan termudah untuk membetulkannya. Berikut ini adalah panduan atau cara mengganti kata di Microsoft Word sekaligus yang dapat dicoba.

Cara Mengganti Kata di Microsoft Word Sekaligus dengan Mudah

Cara untuk mengganti kata di Microsoft Word sekaligus itu mudah sekali. Kalau melakukan pergantian kata dengan baik dan tepat, semuanya akan berlangsung dengan mudah. Berikut ini tata cara mengganti kata di Microsoft Word sekaligus dengan mudah.

1. Buka File atau Dokumen

Bukalah dulu file atau dokumen baru pada word. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk mulai melakukan pergantian kata di word. Pastikan dokumen yang dibuka itu telah ada isi atau konten yang ada di dalamnya.

2. Tekan CTRL + H

Setelah membuka lembar kerja atau dokumen yang sudah berisikan tulisa, maka langsung saja tekan CTRL + H bersamaan. Ketika telah menekan kedua tombol di atas, selanjutnya akan muncul box dialog baru pada lembar kerja word.

3. Tuliskan Kata yang Mau Diubah

Setelah muncul box dialog, maka tuliskanlah kata yang mau diubah. Tepatnya di kolom find pada box percakapan tersebut. Tuliskanlah satu kata atau satu kalimat yang ingin diganti seluruhnya pada lembar kerja word yang telah terbuka.

4. Tuliskan Kata Baru

Selanjutnya adalah menuliskan kata baru pada kolom replace. Itu merupakan langkah akhir untuk melakukan pergantian kata atau kalimat. Klik Replace All pada box dialog tersebut. Secara otomatis semua kata baru yang dituliskan akan menggantikan kata lama.

Cara Mengganti Kata di Word Saat Gunakan Mac

Harus dipahami juga bagaimana cara mengganti kata di word saat menggunakan perangkat Mac. Perangkat tersebut memang punya konfigurasi berbeda dengan Microsoft. Berikut ini cara mengganti kata di word saat gunakan Mac.

1. Tekan Shift + Command + H

Cara mengganti kata di word saat menggunakan mac adalah menekan tombol shift + command + H pada lembar kerja word di Mac. Nantinya akan muncul box pengaturan baru.

2. Ketik Kata yang Mau Diganti

Berikutnya adalah mengetik kata yang mau diganti pada kotak dialog. Langsung ketik saja kata yang mau diganti pada lembar kerja word yang terbuka tersebut.

3. Ketik Kata Pengganti

Berikutnya adalah mengetik kata pengganti di box dialog. Setelah ketik kata pengganti, maka semua kata di lembar kerja akan berganti jadi baru.

Benefit Menggunakan Fitur Find and Replace di Word

Pergantian kata di word bisa memanfaatkan fitur find and replace. Semua benefit ini perlu diketahui agar makin yakin untuk menggunakan fitur find and replace di word. Berikut ini adalah beberapa benefit utama dari menggunakan fitur find and replace di word.

1. Mudah Digunakan

Benefit utama dari menggunakan fitur find and replace di word adalah kemudahannya. Proses untuk menggunakan fitur tersebut yang begitu mudah memang jadi nilai tambah terus. Tak heran kalau fitur ini selalu disenangi untuk membetulkan dokumen yang keliru

2. Praktis

Benefit berikutnya adalah praktis. Kepraktisan ini memang juga jadi hal yang sangat dicari. Sebab, semua yang serba praktis akan memberikan kemudahan dalam dalam menggantikan kata yang typo atau salah. Perubahan kata jadi lebih cepat dan anti ribet dengan metode ini.

3. Cepat

Kecepatna juga merupakan benefit utama dari menggunakan fitur find and replace di word. Perubahan kata di word akan berlangsung dengan cepat dengan memaksimalkan cara ini. Tak usah heran kalau banyak yang suka memanfaatkan fitur ini dalam mengoreksi kata.

4. Akurat

Akurasi data yang diubah juga merupakan benefit utama dari menggunakan fitur find and replace di word. Dengan cara dan langkah mudah, perubahan kata yang keliru akan akurat. Inilah gunanya menggunakan fitur find and replace pada Microsoft Word.

Cara Menghilangkan Find and Replace di Word

Kadang muncul masalah di mana layanan find and replace di word tak bisa dihilangkan. Fitur yang terus muncul dan tak bisa hilang itu akan jadi masalah tersendiri. Ini dia panduan untuk menghilangkan fitur find and replace di word yang mengganggu.

1. Masuk ke Options

Langkah awal adalah membuka file pada lembar kerja word. Setelahnya, langsung masuk daja ke menu options yang tersedia di dalamnya.

2. Pilih Menu Advanced

Setelah buka menu options, langkah selanjutnya adalah memilih menu advanced. Nantinya akan muncul beberapa opsi menu lain yang harus dipilih.

3. Atur Document Content

Berikutnya adalah mengatur document content. Pilih sub menu show document content kemudian hilangkan centang pada show picture placeholders.

4. Simpan Perubahan

Proses selanjutnya adalah beri centang pada bagian show drawing and text boxes on screen. Setelah semua hal tersebut dilakukan, maka simpanlah pengaturan.

FAQ | Cara Mengganti Kata di Microsoft Word Sekaligus

Apakah bisa mengganti satu kata di semua tulisan Microsoft Word?

Bisa. Dengan menggunakan fitur find and replace, pergantian kata bisa dilakukan dengan mudah.

Apakah fitur mengganti kata di Microsoft Word aman digunakan?

Aman. Dengan pengaturan yang sederhana, fitur mengganti kata bakal aman digunakan.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.