Cara Mengganti Kop Surat di Word

Beranda » Cara Mengganti Kop Surat di Word

Cara mengganti kop surat di word itu cukup mudah. Lewat beberapa proses yang sangat sederhana, pergantian pada sebuah kop suara itu bisa dilangsungkan dengan cepat. Karenanya, perhatikanlah terus bagaimana cara melakukan pergantian pada kop surat yang ada di word.

Kop surat memang harus sesuai dalam hal desain dan sistematika penulisannya. Jadi, usahakan untuk memahami cara mengganti dan edit kop surat di word dengan tepat. Berikut ini adalah panduan dalam edit atau mengganti kop surat di word.

Tata Cara Mengganti Kop Surat di Word

Cara mengganti kop surat di word memang bisa dijalankan dengan mudah. Melalui cara mengganti kop surat yang sesuai, semuanya bakal berlangsung dengan lancar. Berikut ini adalah panduan dalam mengganti kop surat pada lembar kerja word.

1. Buka Dokumen Surat

Buka dokumen surat yang mau diganti bagian kopnya. Carilah file surat yang akan diganti bagian kop dan langsung buka melalui Microsoft Word. Pastikan file tersebut terbuka di Microsoft Word.

2. Klik Bagian Kop Surat

Ketika file atau dokumen surat telah terbuka, maka langkah selanjutnya adalah klik bagian kop surat yang mau diganti. Ketika bagian kop atau header itu diklik, maka isi di dalamnya bisa diubah.

3. Lakukan Perubahan yang Diperlukan

Setelah bisa mengakses bagian kop atau header surat, segera lakukan pergantian kop surat. Pergantian bisa dilakukan pada nama, alamat hingga logo yang tertera pada kop surat tersebut.

4. Periksa Kembali dan Simpan

Sempurnakan kop surat yang sudah dibuat tersebut. Kemudian periksa kembali apakah pergantian isi dari kop sudah benar atau belum. Kalau dirasa sudah benar, langsung simpan perubahannya.

Kenapa Perlu Mengganti Kop Surat di Word?

Tentu saja ada beberapa alasan mengenai kenapa perlu mengganti kop surat di word. Pergantian atau editing kop surat di word memang perlu dilakukan. Berikut ini beberapa alasan mengenai kenapa perlu ganti kop surat pada Microsoft Word.

1. Ada Kekeliruan

Salah satu alasan utama kenapa perlu mengganti kop surat di word adalah adanya kekeliruan. Kekeliruan dalam membuat dan menyusun isi surat memang sering terjadi. Sehingga, perlu ada perbaikan pada penulisan yang salah di kop surat tersebut.

2. Ganti Logo

Pergantian kop juga bertujuan untuk mengganti logo. Ini adalah salah satu tujuan kenapa perlu mengganti kop surat di word. Karenanya, pergantian logo itu memang harus benar – benar mendapatkan perhatian khusus di kop surat yang dibuat.

3. Membuat Kop Lebih Bagus

Pergantian kop surat juga punya tujuan untuk membuat kop lebih bagus lagi. Kalau ingin membuat kop jadi lebih bagus, maka lakukan pergantian dalam sejumlah hal. Kop kadang harus diperbaiki karena terlihat kurang bagus. Tujuan satu ini memang jadi hal yang penting.

4. Menyederhanakan Kop Surat

Di era modern seperti sekarang ini, kop surat memang jadi lebih simple. Karenanya, banyak yang sengaja mau menyederhanakan kop surat. Sehingga, kop surat perlu diubah menjadi lebih sederhana supaya lebih enak dipandang. Karenanya, penyederhanaan jadi amat penting.

5. Menghilangkan Informasi Tak Penting

Kadang kop surat itu terlalu banyak informasi tak pentingnya. Karenanya, perlu untuk hilangkan informasi yang sebenarnya tak begitu penting di dalamnya. Ini juga menjadi alasan mengenai kenapa perlu ganti kop surat pada Microsoft Word.

Informasi yang Wajib Ada di Kop Surat di Word

Pada sebuah kop surat memang ada sejumlah informasi yang wajib ada. Semua informasi yang wajib ada itu tentunya harus diperhatikan dengan baik. Karenanya, selalu perhatikan apa saja informasi yang wajib ada pada kop surat. Ini dia beberapa penjelasannya.

1. Nama Perusahaan atau Instansi

Kop surat itu harus selalu menyertakan informasi tentang nama perusahaan dan instansi. Informasi tersebut memang wajib ada untuk menunjukkan siapa yang membuat sebuah surat. Keberadaan nama perusahaan maupun instansi itu memang sangatlah penting pada kop surat.

2. Alamat dan Kode Pos

Kop surat juga sebaiknya dilengkapi dengan alamat yang lengkap. Alamat yang lengkap dan jelas memang harus ditambahkan. Selain itu, kode pos juga perlu ditambahkan supaya penerima bisa membalas surat dengan lebih mudah.

3. Kontak Lengkap

Kontak lengkap yang bisa dihubungi juga menjadi informasi penting untuk ditambahkan. Misalnya adalah kontak telepon, email hingga fax. Semuanya perlu ditambahkan supaya kop surat jadi lebih bagus. Adanya kontak yang lengkap akan memudahkan penerima untuk membalas surat.

4. Logo Perusahaan atau Instansi

Jangan lupa juga untuk menambahkan logo perusahaan atau instansi pada kop surat. Ini adalah hal penting lain yang wajib ada agar kop surat terlihat lebih professional. Logo biasanya diletakkan di bagian pojok kanan maupun kiri dari kop surat supaya presisi dan rapi.

FAQ | Cara Mengganti Kop Surat di Word

Kenapa kop surat harus diganti menggunakan Microsoft Word?

Karena ada kesalahan dalam penulisan informasi di kop surat tersebut.

Apa saja informasi yang wajib ada di kop surat di word?

Informasi mengenai nama perusahaan, kontak, alamat, hingga logo perusahan atau instansi.

Kenapa harus rutin mengganti kop surat di word?

Supaya kop surat selalu terbaharui dan membuat desain tetap bagus seiring perkembangan zaman.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.