Cara Mengganti Tulisan di Word Secara Otomatis

Beranda » Cara Mengganti Tulisan di Word Secara Otomatis

Cara mengganti tulisan di word secara otomatis itu sangat mudah. Dengan sejumlah cara yang sederhana, proses mengganti tulisan pada word akan selalu berjalan dengan mudahnya. Karena itu, tak perlu bingung sama sekali kalau mau ganti tulisan pada word secara otomatis.

Pergantian tulisan di word memang bisa dilakukan secara mudah. Pengguna word bisa memakai cara sederhana untuk lakukan pergantian tulisa di word secara otomatis. Berikut ini penjelasan mengenai cara mengganti tulisan di word secara otomatis.

Cara Mengganti Tulisan di Word Secara Otomatis

Cara untuk mengganti tulisan di word secara otomatis bisa menggunakan fitur find and replace. Fitur tersebut memang disediakan untuk melakukan pergatian pada tulisan atau kata yang salah pada word. Berikut ini adalah cara menggunakan find and replace untuk ganti tulisan di word.

1. Buka File atau Dokumen

Langkah awal dan yang pertama adalah membuka file atau dokumen yang ingin diganti tulisannya. Langsung bukalah lebih dulu file atau dokumen yang di dalamnya banyak kesalahan. Periksalah dengan teliti semua kata dan kalimat dari keseluruhan tulisan.

2. Tekan CTRL + H

Proses selanjutnya setelah dokumen terbuka adalah menekan tombol CTRL + H. Langsung saja tekan kedua tombol tadi secara bersamaan. Nantinya akan muncul box dialog untuk menemukan kata atau tulisan yang salah pada dokumen word.

3. Masukkan Tulisan yang Salah

Ada dua kolom yang muncul di box dialog. Pertama adalah adalah kolom find. Kolom tersebut bisa diisi oleh kata atau kalimat yang mau digantikan. Jadi, langsung tuliskan saja kata atau kalimat yang akan diganti pada lembar kerja word yang telah terbuka tadi.

4. Masukkan Tulisan Pengganti

Kolom berikutnya bernama replace yang berguna untuk menggantikan kata atau tulisan yang keliru di word. Isilah kolom tersebut dengan tulisan yang akan menggantikan kata yang salah. Jadi, langsung masukkan saja kata pengganti pada kolom replace.

5. Selesaikan Pergantian Tulisan

Setelah tuliskan kata yang diganti dan kata pengganti, maka langsung pilih replace all. Nantinya sistem secara otomatis akan langsung menyelesaikan semua pergantian. Semua pergantian disesuaikan dengan kata pengganti yang sudah dituliskan pada kolom.

Benefit Menggunakan Find and Replace di Word untuk Mengganti Tulisan

Ada sejumlah benefit dari menggunakan fitur find and replace di word. Semua benefit ini harus ditelaah dengan sangat baik. Jadi, perhatikan semua benefit dari menggunakan find and replace untuk ganti tulisan atau kata yang salah. Ini dia beberapa beenfitnya.

1. Tulisan yang Salah Mudah Diubah

Benefit atau keuntungan dari pakai find and replace di word adalah bisa lebih mudah dalam mengubah tulisannya. Tulisan yang keliru atau salah akan mudah diubah pakai fitur satu ini. Saat mengganti dengan mudah, koreksi akan lebih sempurna.

2. Tulisan yang Salah Bisa Ditemukan

Benefit atua manfaat lain yang akan bisa diperoleh adalah tulisan yang salah bisa langsung ditemukan. Ini merupakan benefit nyata yang akan selalu dicari oleh banyak orang. Segala macam kesalahan bisa ditemukan dengan begitu mudahnya.

3. Memperbaiki Tulisan dengan Cepat

Melakukan perbaikan pada tulisan dengan cepat juga adalah benefit yang sangat nyata. Ini adalah benefit yang memang dicari juga oleh banyak pengguna word. Kecepatan dalam menemukan tulisan yang keliru memang jadi kelebihan paling utama dari fitur find and replace tersebut.

4. Perbaikan Tulisan Secara Menyeluruh

Benefit yang bisa diperoleh juga adalah melakukan perbaikan tulisan pada word secara menyeluruh. Hal ini bisa didapatkan langsung oleh para pengguna fitur find and replace tersebut. Kalau perbaikan tulisannya dilakukan dengan mudah, segalanya akan jadi lebih mudah.

Faktor Penting dalam Mengganti Tulisan di Word Secara Otomatis

Ada beberapa faktor penting juga dalam mengganti tulisan di word secara otomatis. Dengan semua faktor penting tersebut, pergantian tulisan otomatis di word akan berjalan lancar. Ini dia beberapa faktor yang sangat penting dalam ganti tulisan di word secara otomatis.

1. Cek dulu Kata yang Salah

Faktor penting yang pertama adalah selalu cek dulu mana kata yang salah. Pemeriksaan awal pada kata atau tulisan di word ini memang merupakan faktor yang paling utama. Jangan sampai proses untuk mengganti tulisan itu bermasalah pada lembar kerja word.

2. Lakukan Revisi dengan Kata yang Tepat

Pilihan kata pengganti yang tepat juga merupakan faktor penting. Revisi dengan kata yang tepat dan sesuai akan memudahkan perbaikan tulisan pada lembar kerja word yang digunakan. Proses untuk revisi ini memang benar – benar penting untuk diperhatikan.

3. Periksa Lagi Sebelum Menyimpan

Sebelum menyimpan atau bahkan mencetak, cobalah untuk melakukan pemeriksaan kembali. Pemeriksaan kembali sedari awal merupakan hal yang sangat krusial dalam pergantian tulisan di word secara otomatis. Prosedur pemeriksaan ulang itu memang harus dilakukan dengan baik.

FAQ | Cara Mengganti Tulisan di Word Secara Otomatis

Pakai cara apa untuk mengganti tulisan di word secara otomatis?

Pengguna bisa pakai fitur find and replace untuk ganti tulisan di word secara otomatis.

Apakah penting mengganti tulisan di word secara otomatis?

Jika banyak kata yang sama mau diganti dalam sebuah tulisan, maka pergantian wajib dilakukan.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.