Cara Menggeser Tulisan di Word

Beranda ยป Cara Menggeser Tulisan di Word

Cara menggeser tulisan di word itu cukup mudah. Hanya dengan beberapa tahapan yang sederhana, penggeseran terhadap tulisan di word bisa dilangsungkan. Sehingga, pahamilah terus bagaimana cara terbaik untuk menggeser tulisan pada word.

Memang diperlukan pengetahuan yang lebih terhadap bagaimana cara menggeser tulisan di word. Tahapan tersebut harus diperhatikan secara baik dan tepat. Berikut ini adalah tata cara menggeser tulisan di word dengan sangat mudah dan tak ribet.

Cara Menggeser Tulisan di Word dengan Mudah

Cara untuk menggeser tulisan di word dapat dilakukan dengan mudah. Lewat sejumlah cara yang begitu sederhana, penggeseran tulisan di word bisa dilaksanakan langsung. Maka dari itu, ketahui terus bagaimana cara menggeser dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Memanfaatkan Teknik Cut & Paste

Cara pertama adalah menggunakan teknik cut & paste. Ini adalah cara yang biasa dimanfaatkan untuk menggeser tulisan word secara mudah. Dengan cara yang sederhana, teknik ini selalu bisa diandalkan. Berikut ini cara menggeser tulisan dengan teknik cut & paste.

  • Blok dulu tulisan atau paragraf yang mau digeser
  • Klik kanan di atas paragraf yang mau digeser
  • Pilih Cut (Ctrl + X)
  • Pilih tempat tulisan yang baru di lembar kerja word
  • Letakkan cursor di tempat tujuan
  • Langsung paste tulisan sebelumnya dengan CTRL + V

2. Menggunakan Teknik Drag & Drop

Teknik lainnya adalah drag & drop. Ini adalah cara yang bisa dilakukan dengan begitu mudah. Lewat cara โ€“ cara yang begitu mudah, semuanya akan jadi lebih mudah. Ini dia tata cara menggeser tulisan di word pakai teknik drag dan drop.

  • Klik menu file lalu klik option
  • Pilih word options
  • Setelahnya pilih tab menu advanced
  • Centang pilihan allow tekt to be dragged dan dropped
  • Setelahnya klik tombol OK
  • Setelah fitur drag & drop aktif, blok tulisan yang mau digeser
  • Tahan mouse dan seret tulisan yang mau dipindahkan
  • Pindahkan ke tempat baru sesuai keinginan
  • Tulisan akan tergeser sesuai dengan kebutuhan

3. Menggeser Paragraf Secara Manual

Menggeser paragraf tulisan secara manual juga bisa dilakukan. Kalau menggeser dengan baik dan tepat, semuanya akan berlangsung dengan lancar. Cara manual ini bisa dimanfaatkan secara langsung. Berikut ini adalah tata cara menggeser paragraf secara manual di word.

  • Pilih dulu tulisan yang mau dipindahkan
  • Letakkan cursor mouse di paragraf tulisan
  • Kemudian tekan Shift + Alt sekaligus tekan anak panah ke bawah di keyboard
  • Tekan terus tombol tersebut sampai paragraf tergeser sesuai dengan kebutuhan

4. Menggeser Lebih dari Satu Paragraf

Menggeser lebih dari satu paragraf juga bisa cepat dilakukan. Dengan cara โ€“ cara yang sederhana, proses menggeser akan bisa dijalankan dengan mudah. Berikut ini adalah tata cara menggeser tulisan di word yang lebih dari satu paragraf dengan mudah.

  • Tentukan dulu paragraf yang mau dipindahkan
  • Tekan Shift + Alt dan tahan tombol panah atas dan bawah
  • Atur sesuai dengan kebutuhan
  • Lepaskan jari setelah tulisan berada di posisi yang tepat

Kenapa Perlu Menggeser Tulisan di Word

Tentu ada beberapa alasan mengenai kenapa perlu menggeser tulisan di word. Hal ini penting untuk diperhatikan oleh para pengguna word. Sehingga, pahami terus kenapa perlu untuk geser tulisan di word. Berikut ini adalah beberapa alasan mengenai kenapa perlu geser tulisan pada word.

1. Merapikan Tulisan

Salah satu alasan perlu menggeser tulisan pada word adalah merapikan tulisan. Proses merapikan tulisan itu memang penting. Sehingga, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara menggeser tulisan secara langsung pada word.

2. Mengatur Tata Letak Paragraf

Mengatur tata letak paragraf juga merupakan alasan mengenai kenapa perlu geser tulisan pada word. Pengaturan tata letak itu juga perlu dilakukan secara tepat. Untuk itu, perhatikan dengan seksama bagaimana tata letak paragraf yang ada di word.

3. Biar Mudah untuk Tambahkan Gambar

Penggeseran tulisan di word itu juga perlu dilakukan supaya tambahan gambar bisa lebih mudah ditempatkan. Ini merupakan alasan lain mengenai perlu menggeser tulisan pada word. Penggeseran tersebut memang harus dilakukan bioar gambar atau foto di word mudah ditempatkan.

4. Membuat Lembar Kerja Lebih Rapi

Membuat lembar kerja lebih rapi juga merupakan alasan penting dari kenapa perlu geser tulisan di word. Dengan membuat lembar kerja semakin rapi, segalanya akan berlangsung secara lebih mudah. Sehingga, pastikan pahami bagaimana cara bikin lembar kerja jadi rapi dengan geser tulisan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggeser Tulisan di Word

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika mau menggeser tulisan di word. Kalau memperhatikan sejumlah hal dan faktor tersebut, peggeseran tulisan akan semakin mudah. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam menggeser tulisan di word.

1. Posisi Barunya

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah letak dan posisi baru dari tulisan di word. Ini adalah salah satu hal yang cukup krusial kalau ingin menggeser tulisan yang ada di word. Posisi baru harus disesuaikan semuanya dengan tepat.

Posisi yang baru setelah tulisan di word digeser memang harus mendapatkan atensi lebih. Sedari awal pastikan akan menempatkan tulisan yang digeser pada posisi yang mana.

2. Estetika Lembar Kerja

Estetika lembar kerja yang dibuat juga harus dapatkan perhatian khusus dan lebih. Keberadaan estetika tersebut memang jadi sesuatu yang krusial. Jangan sampai penggeseran tulisan bikin lembar kerja word jadi berantakan.

Tampilan yang dihasilkan memang harus jadi perhatian khusus juga. Kalau memperhatikan estetika secara baik, penggeseran tulisan pada word akan berjalan secara lebih mulus.

3. Tombol Shortcut

Mengetahui tombol shortcut yang bisa digunakan itu juga sesuatu yang penting. Pastikan untuk memahami apa saja tombol shortcut yang bisa dipakai untuk membantu proses menggeser tulisan yang ada di word. Selalu manfaatkan tombol shortcut untuk mudahkan semua hal.

Pengguna word memang harus hafalkan sejumlah tombol shortcut untuk menyederhanakan sejumlah hal. Upaya ini harus benar โ€“ benar dicermati oleh para pengguna Microsoft Word.

FAQ | Cara Menggeser Tulisan di Word

Adakah cara singkat untuk menggeser tulisan di word?

Cara yang paling mudah adalah potong dan tempel menggunakan fungsi CTRL X dan CTRL V.

Kenapa menggeser tulisan di word itu penting?

Supaya tulisan atau paragraf di lembar kerja word lebih estetik dan bagus saat dilihat.

Hal apa yang perlu diperhatikan ketika mau menggeser tulisan di word?

Pemilihan tempat dalam memindahkan tulisan atau paragraf yang diseger di lembar kerja word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.