Cara Menggunakan Layar Terbagi Aplikasi di OPPO Reno

Beranda » Cara Menggunakan Layar Terbagi Aplikasi di OPPO Reno
Advertisement

Mempelajari bagaimana cara menggunakan layar terbagi aplikasi di OPPO Reno ternyata sangat gampang. Fitur ini sangat canggih dan sangat membantu.

Jadi, pengguna Oppo Reno untuk banyak jenis bisa melakukan kegiatan dan tugas dari beberapa aplikasi. Hanya dengan satu layar saja. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan performa dan kegiatan pengguna dalam melakukan tugasnya. Untuk tahu caranya bagaimana, simak langsung ulasan ini ya.

Cara Menggunakan Layar Terbagi Aplikasi di Oppo Reno 10 Pro 5G

Series Reno10 Pro 5G merupakan salah satu ponsel dengan RAM berkapasitas 12 GB. Sangat tinggi dan banyak bukan? Sedangkan untuk memori internalnya, disediakan hingga 256 GB. Sangat besar.

Series ini juga dibekali dengan fitur kamera besar. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat meningkatkan performa penggunaan HP dengan layar yang terbagi jadi dua. Jadi dua aplikasi dapat dijalankan dengan hanya satu layar saja. Bagaimana caranya?

1. Menggunakan Opsi Recent Apps

Maksudnya adalah menggunakan sistem Recent Apps, yang biasanya beberapa aplikasi masih tersimpan serta terekam dalam fitur ini. Bagaimana cara untuk menggunakan layar terbaginya?

  • Pertama, langsung tekan home atau tombol recent apps yang biasa digunakan
  • Nanti sistem akan menampilkan beberapa aplikasi yang sebelumnya sudah dibuka serta sudah dijalankan
  • Klik atau pilih salah satu aplikasi, maka sistem akan langsung menampilkan perintah untuk melakukan split screen atau bisa juga disebut dengan layar terbagi
  • Jika layar sudah berhasil terbagi menjadi dua, maka kamu pun dapat memilih salah satu aplikasi lain yang bisa dijalankan secara bersamaan. Serta berganti-gantian.

2. Menggunakan Tiga Jari

Jika biasanya sistem fitur gesture tiga jadi dari atas ke bawah digunakan untuk melakukan tangkapan layar. Maka untuk mengaktifkan layar terbagi, kamu dapat menggunakan tiga jadi dari bawah ke atas. Sekaligus dengan diusap. Namun ada ketentuannya, bagaimana?

  • Pertama, akses dan jalankan terlebih dahulu satu aplikasi yang akan dibuka dan dibagi dengan aplikasi lainnya
  • Selanjutnya langsung lakukan usap menggunakan tiga jari dari bagian bawah ke bagian atas
  • Berikutnya, maka sistem akan langsung menampilkan fitur split screen secara langsung
  • Sebagai pengguna kamu hanya tinggal memilih dan menentukan jenis aplikasi lain yang akan dibuka secara bersamaan dengan aplikasi lainnya.

Catatannya, tidak semua aplikasi yang terpasang di HP Oppo Reno 10 Pro 5G bisa diaplikasikan pada fitur split screen. Kamu bisa mengaplikasikannya untuk beberapa aplikasi, namun hal ini tidak akan membuat HP menjadi error.

Cara Menggunakan Layar Terbagi Aplikasi di Oppo Reno8 T 5G

Berikutnya ada series Reno 8T 5G. Sebagai salah satu HP terbaik dan menawarkan resfresh rate hingga 10 Hz. Pengguna juga ditawari fitur baik saat menggunakannya. Salah satunya adalah sensor kamera hingga 108MP. Dikombinasikan dengan sistem kamera microlens 40x.

Tidak hanya itu saja, HP Reno Oppo keluaran terbaru ini juga sama dibekali dengan fitur layar terbagi. Dan kamu sebagai pengguna barunya, dapat menggunakan fitur ini secara lebih gampang, pun tentu saja mudah. Bagaimana caranya?

Advertisement

1. Menggunakan Tiga Jadi

Tidak jauh dengan cara dan panduan sebelumnya, sistem fitur gesture tiga jari juga bisa diaplikasikan untuk menggunakan layar terbagi. Tidak hanya untuk menangkap layar saja. Hanya saja penggunaan gesture tiga jadi ini dilakukan dari bawah ke atas, bukan dari atas ke bawah.

Untuk lebih lengkap dan rinci lagi bagaimana untuk melakukannya, simak langsung panduannya di bawah ini.

  • Pertama, buka terlebih dahulu salah satu aplikasi yang nanti akan dibagi layarnya. Misalnya aplikasi chatting seperti WhatsApp
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian langsung lakukan usap tiga jadi dari bawah ke bagian atas
  • Nanti sistem HP akan langsung terbelah, dan WhatsApp sudah terpotong menjadi dua bagian
  • Jika sistem layar sudah terbagi menjadi dua, maka kamu pun sudah boleh dan bisa memilih jenis aplikasi lainnya. Siap digunakan secara bersamaan, dn kamu pun dapat menggunakan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar saja.

2. Menggunakan Opsi Recent Apps

Berbeda dengan cara sebelumnya, untuk mengaktifkan layar terbagi di HP Oppo Reno8 T 5G ini pun bisa dilakukan menggunakan opsi Recent Apps. Bagaimana caranya?

  • Pilih dan tahan opsi menu Recent Apps untuk beberapa saat
  • Berikutnya sistem akan langsung menampilkan beberapa aplikasi
  • Kamu sebagai pengguna hanya tinggal memilih salah satu aplikasi, lalu coba geser kebagian bawah
  • Sistem akan menampilkan opsi menu Split Screen
  • Pilih saja langsung perintah tersebut, maka secara otomatis layar aplikasi dan layar HP Oppo Reno akan terbelah menjadi dua
  • Selanjutnya HP pun akan meminta kamu untuk memilih jenis aplikasi lainnya untuk digunakan secara bersamaan.

Jika sudah dipilih aplikasi, kemudian layar OP sudah terbelah menjadi dua dan dua aplikasi sudah ditampilkan. Maka kamu tinggal menjalankannya. Sesuai kebutuhan, sesuai keinginan dan juga sesuai dengan kegiatan yang dimaksudkan.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Layar Terbagi Aplikasi di Oppo Reno

Banyak keuntungannya, pihak pengembang dan Oppo Reno sendiri tentu saja tidak menciptakan suatu fitur tanpa tujuan. Salah satu tujuan dan manfaat utamanya, adalah agar multi tasking. Jadi pengguna bisa melakukan banyak kegiatan.

Mulai dari mengakses hiburan, belajar, bekerja, atau bahkan hal lain yang sudah tersaji dalam HP secara langsung.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menggunakan Layar Terbagi Aplikasi di Oppo Reno

Apakah dengan Terus Mengaktifkan Fitur Layar Terbagi Akan Menurunkan Kualitas HP?

Tentu saja tidak, kamu tetap bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dan keinginan.

Apakah untuk Menggunakan Layar Terbagi Masih Membutuhkan Aplikasi Tambahan?

Tentu saja tidak.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.