√ Cara Menggunakan Pivot Table untuk Analisis Lembar Kerja

Advertisement

Cara menggunakan pivot table biasanya digunakan untuk menganalisis data. Pivot table sendiri merupakan salah satu fitur di Excel yang mempermudah penggunanya untuk membuat laporan dan analisis data dengan cepat.

Fungsi dari pivot table untuk membuat rangkuman, eksplorasi data, dan lainnya. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara pemakaian pivot table excel untuk membuat laporan dan analisis data ada di bawah ini.

Mengenal Cara Menggunakan Pivot Table

Dalam Microsoft Excel, pivot table merupakan ringkasan data yang dikemas dalam bentuk tabel interaktif. Hal ini berguna untuk memudahkan dan membantu kamu membuat laporan serta analisis dengan melihat perbandingan data yang dimiliki.

Singkatnya, kegunaan pivot table ini merangkum, mengelompokkan, mengeksplorasi, mempresentasikan, menghitung, serta menganalisa data. Bahkan, bisa mengubah layout atau tampilan data untuk membuat laporan dan analisis data sesuai kebutuhan.

Cara menggunakan pivot table juga untuk mengetahui jenis barang dari data penjualan yang dimiliki dan menghasilkan uang. Apabila kamu hanya memiliki lima data, maka akan terlihat mudah dilakukan secara manual.

Cara Pemakaian Pivot Table Excel

Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan pivot table, yaitu membuat sumber data yang ingin di analisis ke dalam worksheet atau baris pada excel. Hal ini berguna agar sumber data yang telah dibuat dalam pivot table menjadi lebih mudah untuk diinput.

Sehingga saat kamu ingin menambah atau menghapus variabel penilaian pada pivot table tidak ada yang hilang atau menambahkan data baru. Seperti gambar yang sudah ada di bawah ini.

Cara menggunakan pivot table

Baca juga: Cara Membuat Drop Down List Di Excel

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membuat data pivot table, yaitu:

  • Pastikanlah nama heading sudah berbeda pada tiap kolomnya.
  • Pastikanlah tabel data tidak mempunyai baris atau kolom kosong, dan tidak ada subtotal.
  • Hanya boleh membuat satu baris heading.
  • Tersedia dua cara menggunakan pivot table untuk membuat laporan dan analisis data. Pertama menggunakan tabel, dan menggunakan chart.

Berikut cara membuat laporan dan analisis data dengan menggunakan tabel, yaitu

  • Pertama, kamu bisa memasukkan sumber data yang dibuat sebelumnya. Kemudian, select all table yang berisi sumber data.
Cara menggunakan pivot table
  • Cara menggunakan pivot table selanjutnya, pilihlah menu “INSERT” dan klik “pivottable” nantinya akan muncul dialog box seperti di gambar bawah ini
Cara menggunakan pivot table
  • Berikutnya, akan muncul dialog box seperti gambar dibawah ini.
Cara menggunakan pivot table
  • Kotak merah yang paling atas berisikan data.
Cara menggunakan pivot table
  • Semua sumber data sebelumnya telah di block atau di select all. Kemudian, klik kotak merah selanjutnya.
Cara menggunakan pivot table
  • Hal ini berguna untuk menentukan di area mana kamu ingin pivot table excel dibuat.
  • Apabila kamu memilih “new worksheet”, maka pivot table excel akan berada di “sheet 2” atau sheet baru. Namun, bila memilih “existing worksheet” seperti digambar, maka pivot table excel dibuat di sheet yang sama.
Cara menggunakan pivot table
  • Dalam hal ini, kamu bisa pilih “existing worksheet”. Lalu pilih di area mana ingin pivot table excelnya dibuat. Kamu bisa pilih tabel G:5. Cara menggunakan pivot table berikutnya, klik “OK” dan pivot table excel akan terlihat seperti digambar bawah ini.
Cara menggunakan pivot table

Keterangan Gambar:

  • Rows = area baris (vertical)
  • Columns = area kolom (horizontal)
  • Values = hasil data yang ingin dilihat
  • Filters = hasil data yang ingin dilihat dengan filter

Pada gambar yang ada diatas tampak area pivot table excel yang ingin di. Dimana pada area pivot table field harus berisi heading dari data kamu buat sebelumnya. Misalnya saja seperti bulan, merek makanan, area, dan penjualan.

Contohnya saja, bila kamu ingin melihat nilai atau values penjualan dari merek makan setiap bulan. Maka kamu hanya menggeser atau drag field bulan ke bagian rows, menggeser merek makan ke bagian columns.

Cara menggunakan pivot table berikutnya, bisa menggeser penjualan ke bagian values. Maka untuk hasil yang akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara menggunakan pivot table
  1. Menggunakan Filters

Pada bagian ini bisa digunakan, bila kamu ingin melihat nilai atau values penjualan merek makanan untuk setiap area di salah satu area saja. Kamu bisa langsung menggeser atau drag field area ke bagian filters. Hasil sebenarnya akan sama seperti gambar di bawah ini.

Cara menggunakan pivot table
  • Cara Menggunakannya

Seperti yang sudah terlihat di gambar atas, ada tambahan field area di atas pivot table excel yang dibuat Untuk memilih area yang diinginkan, kamu tinggal klik tanda panah ke bawah di kotak “all”. Kemudian, akan keluar seperti ini.

Cara menggunakan pivot table

Cara menggunakan pivot table selanjutnya, pilihlah area “Bandung”, maka data yang akan tersaji dalam pivot table seperti di bawah ini.

Cara menggunakan pivot table

Pada saat memilih Area, kamu dapat memilih satu atau lebih kota yang diinginkan. Apabila kamu ingin melihat nilai atau values penjualan merek makanan untuk setiap area, maka ulangi langkah di atas.

Kemudian, kamu bisa ceklis pada kolom “select multiple items”. Selanjutnya, pilih area mana yang ingin kamu lihat datanya. Dalam hal tersebut, kamu bisa memilih area Bandung dan Jakarta.

Cara menggunakan pivot table

Kemudian, klik “OK”. Maka hasil yang akan terlihat di pivot table seperti digambar bawah ini. Data yang akan tersaji pada pivot table excel adalah hasil dari area Bandung dan Jakarta.

Baca juga: Cara Merubah Huruf Kapital di Excel

Cara menggunakan pivot table
  1. Menggunakan Chart

Selanjutnya, cara menggunakan pivot table excel untuk membuat laporan dan analisis data dengan menggunakan chart, yaitu:

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan, yaitu memasukkan sumber data yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian, select all table yang berisi sumber data.
Cara menggunakan pivot table
  • Lalu pilih menu “Insert” dan klik “Pivotchart”.
Cara menggunakan pivot table
  •  Berikutnya, akan muncul dialog box seperti di gambar bawah ini.
Cara menggunakan pivot table
  • Kotak merah yang paling atas berisi data (insert PT-3.1) untuk menunjukkan data sebelumnya telah di block atau di select all. Kemudian, kotak merah selanjutnya (insert PT-3.2) berguna untuk menentukan area mana kamu ingin pivot chart dibuat.
  • Advertisement
  • Jika kamu memilih “new worksheet”, maka pivot table excel berada di “sheet 2” atau baru. Namun, bila kamu memilih “existing worksheet” seperti digambar, maka pivot chart dibuat pada sheet yang sama.
  • Dalam hal ini, kamu bisa pilih “existing worksheet”. Cara menggunakan pivot table selanjutnya, pilih di area mana kamu inginkan pivot table excelnya dibuat. Kamu bisa  pilih tabel G:5.
Cara menggunakan pivot table
  • Kemudian, klik “OK” dan pivot chart excel akan terlihat seperti digambar bawah ini.
Cara menggunakan pivot table

Keterangan Gambar:

  • Legend (series) = area variabel series yang dipilih (vertical)
  • AXIS (CATEGORY) = area dari variabel kategori yang dipilih (horizontal)
  • VALUES = hasil data yang ingin di lihat
  • FILTERS = hasil data yang ingin kamu lihat dengan filter

Pada gambar diatas terlihat area pivot chart excel akan berisikan heading dari data yang kamu buat sebelumnya. Terdapat bulan, merek makanan, area, dan penjualan.

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi Excel Otomatis di Laptop

Contohnya saja, jika kamu ingin melihat nilai atau values penjualan dari merek makan pada setiap bulan. Maka bisa langsung menggeser atau drag field bulan ke bagian axis (category), menggeser merek makan ke bagian legend (series), dan menggeser penjualan ke bagian values. Untuk hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara menggunakan pivot table

Beberapa cara penggunaan pivot table excel diatas bisa langsung kamu coba. Melalui cara menggunakan pivot table akan memudahkan dunia kerjamu dengan berbagai sumber data yang besar.

Advertisement

Tinggalkan komentar