Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Mudah

Beranda » Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Mudah
Advertisement

Tidak sulit untuk memahami cara menghapus aplikasi bawaan android. Pengguna hanya perlu melakukan langkah dan tahapan sederhana saja. Jadi, pastikan melakukan langkah yang sederhana biar aplikasi bawaan di android bisa dihapus secara langsung.

Penghapusan aplikasi bawaan android itu memang harus dilakukan ketika sudah tidak ada space atau ruang lagi yang bisa digunakan. Penting untuk melakukannya. Berikut ini adalah tata cara menghapus aplikasi bawaan android dengan mudah.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android di Setting

Tata cara menghapus aplikasi bawaan android itu tidaklah sulit. Hanya butuh beberapa proses dan tahapan sederhana saja untuk melakukan penghapusan. Jika paham cara menghapusnya, segalanya akan jadi mudah. Berikut ini tata cara hapus aplikasi bawaan android.

1. Masuk ke Setting atau Pengaturan

Kalau mau melakukan penghapusan aplikasi bawaan, masuklah dulu ke pengaturan di hp android masing – masing. Buka hp android dan langsung masuk ke menu setting. Nantinya akan ada banyak opsi atau pilihan menu di sana.

2. Pilih Menu Aplikasi

Setelah muncul opsi menu di pengaturan atau setting, segera cari pilihan aplikasi. Biasanya menunya bernama app manager di sejumlah smartphone. Intinya langsung datangi saja menu aplikasi tersebut biar dapat melakukan penghapusan dengan segera.

3. Pilih Aplikasi Bawaan yang Hendak Dihapus

Setelah berada di dalam menu aplikasi atau app manager di android, segera pilih aplikasi bawaan yang mau dihapus. Di sana akan muncul semua aplikasi yang asli bawaan maupun yang diinstall secara khusus. Pilih dengan tepat aplikasi bawaan di android.

4. Uninstall Aplikasi

Lakukan uninstall aplikasi setelah menentukan pilihan. Ketika sudah lakukan unsitall, maka aplikasi bawaan pada android akan terhapus. Langsung lakukan restart saja biar proses penghapusan bisa berjalan lancar.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Secara Langsung

Selain menggunakan proses menuju ke setting, pengguna juga bisa melakukan penghapusan aplikasi bawaan secara langsung. Di smartphone yang baru, penghapusan bisa langsung dilakukan tanpa perlu masuk ke setting. Berikut ini caranya.

1. Pilih Aplikasi Bawaan

Buka hp android yang digunakan sehari – hari. Kemudian langsung pilih aplikasi bawaan android yang hendak dihapus.

2. Tekan dan Tahan pada Aplikasi Bawaan

Tekan aplikasi yang mau dihapus tersebut dan tahan hingga muncul jendela baru. Jika tak keluar jendela atau menu baru, ulangi lagi prosesnya.

3. Pilih Uninstall

Ketika muncul jendela opsi baru, maka segera pilih menu uninstall. Nantinya aplikasi bawaan yang dipilih akan terhapus dari hp android.

Kenapa Perlu Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Kenapa perlu menghapus aplikasi bawaaan android? Tentu ada alasan mengenai hal tersebut. Memang harus memahami kenapa perlu melakukan penghapusan aplikasi bawaan di android. Ini dia beberapa alasan tentang kenapa perlu hapus aplikasi bawaan android.

1. Memori Internal Android Tak Cukup

Salah satu alasan melakukan penghapusan aplikasi bawaan android adalah membebaskan ruang internal memori. Aplikasi bawaan kadang memakan memori internal yang sangat besar. Karenanya, perlu untuk melakukan penghapusan terhadap aplikasi bawaan android tersebut.

2. Aplikasi Bawaan Tak Berguna

Aplikasi bawaan yang tak begitu berguna juga merupakan kenapa perlu hapus aplikasi bawaan android. Banyak di antara aplikasi bawaan hanya jadi hiasan saja. Alhasil, aplikasi tersebut tak terlalu bermanfaat buat para pengguna android.

3. Supaya Baterai Android Tak Cepat Habis

Penghapusan aplikasi bawaan juga dilakukan agar baterai hp android tak cepat habis. Melakukan perawatan android itu sangat penting. Karenanya, jangan sampai baterai android bermasalah akibat terlalu banyak aplikasi bawaan yang tak begitu berguna.

4. Merapikan Tampilan Android

Aplikasi bawaan yang beraneka ragam itu juga membuat tampilan android jelek. Karenanya, para pengguna sengaja melakukan penghapusan agar tampilan android semakin bagus. Inilah salah satu alasan kenapa perlu hapus aplikasi bawaan android yang kadang terlalu banyak.

Efek Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Tentu saja ada sejumlah efek dari melakukan penghapusan aplikasi bawaan android. Kenali juga efek dari menghapus aplikasi bawaan pada smartphoe android. Apa saja efek dari penghapusan aplikasi bawaan di android? Ini dia beberapa efek dari hapus aplikasi bawaan android.

1. Ruang Memori Lebih Lega

Salah satu efek positif dari menghapus aplikasi bawaan android adalah membikin memori internal jadi lebih lega. Memori internal yang lega akan membuat pengguna lebih leluasa dalam menggunakan android miliknya.

2. Tampilan Android Lebih Bagus

Efek lainnya adalah membuat tampilan android jadi lebih bagus. Dengan bikin tampilan android jadi lebih bagus, pengguna android akan jadi lebih percaya diri. Inilah kenapa penghapusan aplikasi bawaan kerap dilakukan terus.

3. Baterai Lebih Awet

Perlu diketahui juga bahwa aplikasi bawaan android yang telah dihapus dapat memberikan efek baterai yang lebih awet. Dengan baterai yang lebih awet tersebut, pengguna akan kembali diuntungkan juga.

4. Bisa Install Aplikasi yang Dibutuhkan

Aplikasi bawaan yang telah dihapus bisa langsung diganti jadi aplikasi yang dibutuhkan atau diinginkan. Ini merupakan sesuatu yang juga dicari terus oleh para pengguna android yang ada di luar sana.

FAQ | Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Apakah semua aplikasi bawaan android bisa dihapus?

Tidak semua bisa dihapus. Di beberapa merek android aplikasi bawaan tak dapat dihapus.

Apakah wajib menghapus aplikasi bawaan android?

Tidak wajib. Penghapusan diperlukan kalau memori sudah tidak cukup.

Apakah aplikasi bawaan android yang dihapus bisa diinstall lagi?

Bisa. Kalau diperlukan, aplikasi bawaan yang sudah terhapus bisa diinstall lagi.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.