Cara Menghapus Data Ganda (Duplikat) di Excel (Mudah)

Beranda » Cara Menghapus Data Ganda (Duplikat) di Excel (Mudah)

Pahamilah cara menghapus data ganda (duplikat) di excel dengan mudah dan cepat. Dengan cara yang sederhana, penghapusan data ganda memang bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Karenanya, perhatikan bagaimana cara terbaik dalam menghapus data duplikat.

Dalam proses penyajian data di excel, kadang ada beberapa masalah atau error yang ditemui. Karenanya, perlu adanya pemahaman tentang cara singkat untuk menghapus data ganda pada excel. Berikut ini penjelasan mengenai penghapusan data duplikat pada excel.

Panduan Menghapus Data Ganda (Duplikat) di Excel

Menghapus data ganda atau duplikat di excel memang bisa dilakukan secara mudah. Dengan cara – cara yang sederhana saja, penghapusan data ganda tersebut bisa langsung dilakukan. Berikut ini beberapa cara mudah dalam menghapus data ganda atau duplikat pada file excel.

1. Memanfaatkan Fitur Remove Duplicates

Penghapusan data ganda di excel bisa dilakukan dengan fitur remove duplicates. Fitur tersebut bisa dipakai secara langsung untuk penghapusan otomatis. Berikut ini tata cara hapus data ganda atau duplikat dengan fitur remove duplicate.

  • Seleksi dulu data range yang mau dihapus data gandanya
  • Pilih menu remove duplicate di bagian tab data
  • Ketika muncul box dialog centang opsi My data has header
  • Centang semua kolom data yang mau diperiksa data duplikatnya
  • Pilih OK untuk selesaikan pengaturan
  • Tunggu beberapa saat biar excel melakukan proses
  • Data duplikat akan terhapus dengan otomatis

2. Menggunakan Fitur Advanced Filter

Fitur advanced filter juga bisa digunakan oleh para pengguna untuk penghapusan data duplikat. Fitur ini juga bisa memberikan kemudahan dalam penghapusan. Ini dia cara menghapusa data duplikat dengan fitur advanced filter.

  • Pilih dan seleksi data yang ingin dihilangkan duplikatnya
  • Pilih menu advanced filter yang ada di tab data
  • Pilih group sort & filter
  • Tunggu sampai kotak dialog muncul
  • Pilih copy to antoher location dan unique records only
  • Isi list range sesuai data
  • Kemudian klik OK untuk menyelesaikan
  • Data duplikat akan terhapus dari laporan excel

Tips dalam Menghapus Data Ganda (Duplikat) di Excel

Ada pula sejumlah tips dalam menghapus data ganda atau duplikat di excel yang bisa diandalkan terus. Dengan melakukan penghapusan data ganda yang sesuai, semuanya akan jadi lebih mudah. Berikut ini beberapa tips dalam menghapus data ganda di excel yang perlu diterapkan juga.

1. Pakai Formula yang Sesuai

Tips dalam menghapusa data ganda atau duplikat adalah memakai formula pengaturan yang tepat. Pengaturan formula yang tepat ini bakal krusial dan penting saat mau hapus data duplikat. Sehingga, pastikan menggunakan rumus yang paling sesuai dalam penghapusan data ganda.

2. Lakukan Pemeriksaan dengan Tepat

Tips lain adalah melakukan pemeriksaan dengan tepat. Ini juga jadi hal yang krusial untuk diperhatikan. Kalau pemeriksaan data dilakukan dari awal sampai akhir, maka akan mudah dalam menemukan data ganda yang harus diganti.

3. Periksa Valid Tidaknya Data Ganda

Periksalah juga data duplikat yang akan diganti. Periksa dulu valid tidaknya data ganda yang mau diganti. Dengan cara tersebut, pengguna akan lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan data ganda atau duplikat sebelum menghapusnya.

4. Berikan Tanda Pada Data Ganda

Berikanlah tanda pada data ganda duplikat yang mau diganti. Ini adalah tips lain juga yang harus diperhatikan. Pemberian tanda khusus ini akan memberikan kemudahan kepada orang atau pengguna yang mau melakukan penghapusan data ganda di excel.

Kenapa Harus Hapus Data Ganda di Excel?

Ketahui juga mengenai kenapa harus melakukan penghapusan data ganda di excel. Memang ada sejumlah alasan utama mengenai kenapa harus melakukan penghapusan data ganda di excel tersebut. Ini dia beberapa alasan kenapa harus melakukan penghapusan data ganda pada excel.

1. Biar Laporan Lebih Komperehensif

Penghapusan data ganda perlu dilakukan agar laporan excel yang dibuat bisa lebih komperehensif. Laporan yang benar – benar komperehensif ini memang harus terbebas dari segala macam kesalahan data. Termasuk kesalahan data ganda pada excel.

2. Supaya Data yang Disajikan lebih Valid

Penghapusan data itu juga perlu dilakukan supaya data yang disajikan itu bisa lebih valid. Penyajian data yang valid itu juga penting dalam laporan berbasis excel. Usahakan data ganda dihapus biar validitas dari laporan excel itu bisa diterima.

3. Menghindari Kekeliruan Laporan

Perlu dipahami juga kalau penghapusan data ganda itu juga bermanfaat untuk menghindarkan diri dari kekeliruan laporan. Jika penghapusan data dilakukan secara baik, maka laporan excel yang dibuat itu dipastikan valid. Karena itu, lakukan pemeriksaan data ganda biar laporan tak keliru.

4. Membuat Laporan jadi Lebih Rapi

Membuat laporan jadi lebih rapi juga menjadi alasan kenapa harus melakukan penghapusan data ganda pada excel. Ini merupakan hal yang penting juga dalam pelaporan excel. Laporan yang lebih rapi ini memang bisa muncul ketika data duplikat dihapus secara menyeluruh.

FAQ | Cara Menghapus Data Ganda (Duplikat) di Excel

Apakah perlu rumus atau formula khusus untuk menghapus data ganda di excel?

Ada pengaturan formula khusus yang bisa digunakan biar penghapusan data ganda di excel secara otomatis.

Bisakah menghapus data ganda atau duplikat di excel secara manual?

Bisa. Tapi menghapus secara manual itu membutuhkan waktu yang lama.

Perlukah menghapus data ganda di laporan excel?

Jika data tersebut mengganggu, maka data ganda pada excel sebaiknya memang dihapus.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.