Cara Menghapus Kolom dan Baris Kosong di Excel

Cara untuk menghapus kolom dan baris kosong di excel dengan mudah dan cepat bisa dipelajari semua orang. Proses penghapusan yang sederhana ini akan menghemat waktu para bettor. Karenanya, penting untuk pelajari bagaimana penghapusan dengan cara otomatis.

Dalam laporan memang kadang muncul baris ataupun kolom yang kosong. Kolom dan baris yang kosong itu harus dihapus biar tak ganggu laporan. Biar jelas, ini dia proes untuk menghapus kolom dan baris kosong di excel dengan mudah dan cepat.

Kenapa Bisa Terjadi Masalah Kolom dan Baris Kosong di Excel?

Masalah kolom dan baris kosong di excel itu memang kadang mengganggu. Lalu, kenapa masalah tersebut bisa muncul? Tentu ada alasan mengenai hal tersebut. Berikut ini beberapa alasan kenapa bisa terjadi masalah kolom dan baris kosong di laporan excel.

1. Lupa Review

Masalah kolom dan baris kosong di laporan excel itu biasanya terjadi karena lupa review. Lupa dalam melakukan review itu memang sangat sering terjadi. Karena itu, lakukan review terus setelah selesai dalam melakukan penyusunan laporan di excel.

2. Memang Ada Data Kosong

Masalah kolom dan baris kosong kadang juga terjadi karena memang tidak ada data yang ada di dalamnya. Kekosongan data ini memang jadi hal yang sering terjadi. Biasanya karena tidak ada informasi yang bisa ditambahkan pada kolom maupun baris di laporan excel.

3. Penulisan Rumus yang Salah

Penulisan rumus atau formula yang salah juga jadi alasan kenapa bisa terjadi masalah kolom dan baris kosong di laporan excel. Banyak terjadi kesalahan dalam menulis rumus. Sehingga, ada baiknya untuk mencermati bagaimana menulis rumus dengan baik dan benar.

4. Kurang Teliti dalam Merapikan Kolom dan Baris

Penyebab lainnya adalah kurang teliti dalam merapikan kolom dan baris pada laporang excel. Merapikan kolom dan baris memang jadi hal yang penting di laporan excel. Karenanya, jangan sampai salah dalam membuat laporan excel yang di dalamnya ada kolom dan baris.

Cara Hapus Kolom dan Baris Kosong di Excel

Melakukan penghapusan kolom dan baris kosong di excel itu memang bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Kalau memahami cara penghapusan kolom dan baris kosong yang tepat di excel, semuanya jadi lebih mudah. Ini dia panduan dalam hapus kolom dan baris kosong di excel.

1. Seleksi Baris atau Kolom

Lakukan seleksi dulu terhadap baris dan kolom yang ingin dihapus pada excel. Biar cepat, langsung gunakan shortcut CTRL + I pada excel yang dipakai. Nantinya akan terseleksi langsung semua kolom dan baris.

2. Pilih Delete Jika yang Diseleksi Baris

Jika yang diseleksi adalah baris, maka pengguna bisa langsung klik opsi delete. Nantinya semua baris yang diseleksi akan langsung terhapus pada field excel yang ada. Saat delete sudah diklik, maka baris yang ada di excel akan langsung hilang.

3. Atur di Option Box Jika yang Dipilih Sel

Jika yang akan dihapus adalah kolom, maka akan muncul option box. Pastikan bahwa option box tersebut muncul di layar. Pada option box tersebut langsung pilih entire row biar semua kolom terhapus.

4. Pilih OK untuk Selesaikan Semuanya

Ketika sudah mengatur semuanya, jangan lupa untuk klik OK pada option box. Nantinya, semua kolom dan baris kosong yang ada di excel bisa terhapus secara langsung. Proses hapus dna baris kosong di excel pun selesai dilakukan.

Alasan Harus Menghapus Kolom dan Baris Kosong di Excel

Tentu ada sejumlah alasan mengenai kenapa harus melakukan penghapusan terhadap kolom dan baris kosong di excel. Pastinya ada alasan mengenai kenapa penghapusan itu memang diperlukan. Berikut ini beberapa alasan mengenai kenapa harus menghapus kolom dan baris di excel.

1. Merapikan Laporan Excel

Salah satu kenapa harus menghapus kolom dan baris di excel adalah biar laporan jadi lebih rapi. Merapikan laporan excel ini memang penting. Karenanya, cobalah untuk hilangkan kolom dan baris kosong di excel biar laporan telihat lebih bagus.

2. Biar Laporan Jadi Simetris

Membuat laporan jadi lebih simetris juga jadi hal yang penting. Ini juga jadi alasan kenapa harus menghapus kolom dan baris di excel. Pembuatan laporan jadi simetris dan tertata memang jadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik.

3. Supaya Rumus dan Formula Bisa Sesuai

Menghapus kolom dan baris juga dimaksudkan agar rumus serta formula bisa berjalan secara otomatis. Ini adalah alasan utama lainnya mengenai kenapa harus menghapus kolom dan baris di excel. Rumus dan formula yang digunakan akan lebih lancar dengan penghapusan kolom kosong.

4. Hilangkan Informasi Tak Penting

Manfaat berikutnya adalah menghilangkan informasi yang tak penting. Ini juga jadi alasan penting dari kenapa harus menghapus kolom dan baris di excel. Informasi yang tidak penting dan krusial dalam laporan excel sebaiknya memang dihilangkan saja.

FAQ | Cara Menghapus Kolom dan Baris Kosong di Excel

Apakah perlu ada rumus tertentu untuk hapus kolom dan baris kosong di excel?

Terdapat banyak rumus yang bisa dipakai dalam merapkan kolom dan baris di excel.

Kenapa bisa ada masalah kolom dan baris kosong di excel?

Biasanya karena kurangnya ketelitian dalam memeriksa kolom dan baris kosong di excel.

Bisakah hapus kolom dan baris kosong dengan cepat?

Dengan formula yang tepat, penghapusan kolom dan baris kosong bisa dilakukan dengan cepat.

Tinggalkan komentar