Cara Menghapus Nomor Halaman di Word Tanpa Menghapus Halaman yang Lain

Beranda » Cara Menghapus Nomor Halaman di Word Tanpa Menghapus Halaman yang Lain
Advertisement

Mengenai bagaimana cara menghapus nomor halaman di Word tanpa menghapus halaman yang lain sangatlah sederhana dan gampang dipahami.

Namun walaupun begitu, ternyata masih ada beberapa pengguna yang merasa kebingungan melakukannya. Hal ini terjadi karena memang saat proses penghapusan dilakukan, terkadang malah semua nomor halamannya ikut terhapus. Nah, bagaimana jika hanya ingin sebagian saja?

Cara Menghapus Nomor Halaman di Word Tanpa Menghapus Halaman yang Lain

Penting untuk diperhatikan terlebih dahulu, bahwa panduan dan tutorial kali ini. Berlaku untuk kamu pengguna Ms. Office atau Ms. Word versi 2007, 2010, 2013, hingga tahun 2016.

Ya, aplikasi pengolah kata ini memang diperuntukkan untuk pembuatan file dokumen. Yang mana tidak jarang di dalamnya selalu menggunakan nomor halaman. Dan tidak sedikit dari pengguna yang ingin di halaman tertentu, nomor halamannya terhapus. Namun tanpa mengganggu nomor lain.

Untuk itu, yuk simak langsung bagaimana penjelasan dan tahapannya. Sebab fiturnya memang sudah ada, namun belum banyak orang tahu bagaimana menggunakannya.

1. Simpan Kursor di Halaman Awal

Maksudnya adalah di halaman yang nomornya akan dihapus, tempatkan kursor dibagian pojok kiri atas. Setelah diklik, pastikan kursor memang pada titik kursor diinginkan.

2. Masuk ke Menu Layout

Cari tab menu Layout dibagian atas. Masuk ke menu ini, dilakukan untuk melakukan pemisahan. Pemisahan antara nomor halaman yang akan dihapus, dengan nomor halaman yang masih diinginkan.

3. Pilih Menu Breaks

Nah, selanjutnya tinggal memilih sub menu Breaks dan klik pilih Continous untuk melanjutkan. Dari perintah ini pun biasanya tulisan akan bergeser satu spasi ke bagian bawah. Tidak perlu repot untuk memperbaikinya. Lakukan saja nanti ketika sudah selesai.

4. Klik Bagian Footer

Ya, kamu bisa langsung klik 2x atau double klick pada foot halaman yang ingin dihapus. Tujuannya untuk dapat memasuki mode Edit Footer. Tampilan maka akan menampilkan menu desain, dan hal ini akan berlangsung otomatis.

5. Klik Link To Previous

Selanjutnya arahkan langsung kursor ke menu pilihan Link To Previous, tujuannya agar dapat menghilangkan seleksi.

6. Hapus Nomor Halaman

Berikutnya sudah masuk ke dalam mode penghapusan nomor halaman yang diinginkan. Caranya cukup letakkan dan simpan kursor di halaman yang ingin dihapus. Kemudian klik tab Menu Insert dibagian atas.

Nanti tab menunya akan menampilkan beberapa pilihan, klik langsung dibagian pilihan Page Number dan lanjutkan untuk memilih Remove Page Number.

Dari perintah tersebut, nomor-nomor halaman yang sudah bergabung dalam footer  dipilih sebelumnya. Otomatis akan terhapus.

7. Klik Tab Menu Design

Jika ingin mengakhiri semua mode Remove Page Number, langsung saja arahkan kursor menuju tab menu Design. Lalu pilih opsi menu Close Header Footer.

Namun penting jadi catatan, bahwa pada tahap ini belum semuanya selesai. Sebab halaman lainnya setelah nomor halaman yang sudah terhapus. Akan hilang.

Oleh karena hal tersebut, penting dilakukan beberapa langkah lagi. Tujuannya agar penomoran pada halaman berikutnya muncul kembali.

8. Pilih Tab Menu Page Layout

Kembali masuk ke tab menu Page Layout, dan langsung pilih menu Breaks. Kemudian pilih langsung nomor halaman yang akan dihapus.

Jika sudah, double klik langsung pada bagian footer. Dengannya kamu pun sudah masuk dalam mode Edit Header Footer.

9. Klik Link To Previous

Hal ini dilakukan pada tab menu Design, dan dapat dilanjutkan dengan melakukan penomoran ulang pada halaman diinginkan.

10. Klik Insert

Selanjutnya klik tab menu Insert, kemudian setelah muncul Page Number, langsung klik dan akan menampilkan beberapa pilihan.

Advertisement

Pilih langsung posisi nomor halaman yang dikehendaki, kemudian jika ingin penomoran diletakkan dibagian bawah tengah. Bisa pilih menu Bottom of Page.

11. Mengatur Format Angka

Kemudian langkah dan cara menghapus nomor halaman di Word tanpa menghapus halaman yang lain berikutnya adalah dengan langsung mengatur format angka. Tepatnya di nomor yang akan dimulai, untuk melanjutkan nomor berikutnya.

Langkah ini bisa diulangi dengan klik menu Insert-Page Number. Kemudian pilih keterangan Format Page Number. Dan pada menu pop upnya, fokus pada pilihan Page Numbering. Dilakukan untuk memulai proses kelanjutan penomoran.

Pilih Start at, lalu masukkan nomor yang akan dilanjutkan dari nomor halaman sebelumnya.

Nah, itulah tentang bagaimana cara menghapus nomor halaman di Word tanpa menghapus halaman yang lain yang bisa coba dipraktikkan.

Jika kamu ingin melakukannya dibeberapa halaman lain, cukup ulangi langkah-langkah di atas. Maka penghapusan nomor di halaman tertentu tanpa menghapus halaman lain, dapat dilakukan dengan baik.

Selain tahu bagaimana cara menghapus nomor halaman, tanpa menghapus beberapa nomor halaman lainnya. Kamu juga bisa menghapus keseluruhan nomor halaman, jika memang diinginkan. Bagaimana caranya?

Cara Menghapus Nomor Halaman di Word Secara Keseluruhan

Dengan mengaplikasikan dan melakukan hal ini, itu berarti kamu akan secara langsung menghapus keseluruhan nomor halamannya. Baik itu yang berposisi di bagian atas kiri, kanan atau bahkan tengah. Juga akan menghapus nomor halaman bagian bawah kiri, tengah juga kanan.

Bagaimana caranya?

  1. Pertama, klik terlebih dahulu file Word yang semua nomor halamannya akan dihapus
  2. Berikutnya setelah muncul data dokumennya, langsung arahkan kursor ke tab menu Insert
  3. Selanjutnya di tab menu Insert, sistem akan memunculkan beberapa pilihan lain
  4. Klik langsung menu Page Number
  5. Jika sudah masuk ke menu pilihan Page Number, maka akan ada keterangan pilih Remove Page Numbers.

Nah, dari perintah tersebut. Maka seluruh nomor pada halaman yang ada di dokumen kamu otomatis terhapus. Pun tentu saja semua nomor halamannya akan menghilang.

Karena kamu sudah mengetahui bagaimana cara menghapus nomor halaman di Word tanpa menghapus halaman yang lain. Kemudian tahu juga bagaimana jika semua nomor halaman di hapus. Maka sekarang saatnya tahu, mengapa sebenarnya hapus nomor halaman diperlukan.

Alasan Mengapa Menghapus Nomor Halaman di Word Diperlukan

Nomor memang diperlukan, tujuannya agar urutan halaman dokumen dapat diketahui secara mudah. Terdapat format-format urutan page yang disediakan Ms. Word. Mulai dari angka biasa, alfabet, bahkan angka romawi.

Tipe format pengaturan nomor halaman tersebut pun disesuaikan dengan ketentuan file yang dibuat. Mulai dari makalah, karya tulis, atau dokumen biasa. Format tersebut biasanya akan dimulai dengan format romawi dan diteruskan menggunakan angka. Atau nomor.

Dan ada kalanya ketika pengolahan file dilakukan, terjadi kesalahan saat penomoran dilakukan. Kejadian ini jelas menimbulkan kesulitan saat page number tidak teratur. Oleh karena hal tersebut, penghapusan nomor di halaman tertentu atau semuanya. Sangat diperlukan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghapus Nomor Halaman di Word Tanpa Menghapus Halaman yang Lain

Apakah Menghapus Nomor Halaman Membutuhkan Koneksi Internet?

Tidak, bisa dilakukan secara offline.

Ketika Nomor Halaman Sudah Dihapus, Apakah Bisa Ditambahkan Kembali?

Bisa.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.