9 Cara Menghemat Baterai HP Oppo, Dijamin Awet!

Beranda » 9 Cara Menghemat Baterai HP Oppo, Dijamin Awet!
Advertisement

Ada banyak cara menghemat baterai HP Oppo yang bisa kamu lakukan dengan gampang. Caranya juga sangat mudah, bisa membantu kamu untuk menghemat baterai.

Tidak hanya sekadar hanya menghemat saja, namun jika semua caranya diaplikasikan secara baik serta konsisten. Maka umur atau usia dari baterainya sendiri akan awet, akan tahan lama. Nah, bagaimana caranya?

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Mengatur Tingkat Kecerahan

Panduan dan metode pertama yang bisa dilakukan, adalah dengan kamu harus mengatur tingkat kecerahan layar Hpnya. Fitur ini memang membantu, namun jika kamu ingin membuat konsumsi baterai menjadi lebih irit.

Usahakan agar fiturnya dapat dinonaktifkan saja. Jadi tingkat kecerahan di HP kamu bisa diubah sendiri, secara manual tanpa harus menggunakan sistem auto. Misalnya ketika di lingkungan terang, maka kamu dapat meningkatkannya menjadi lebih cerah. Begitupun sebaliknya.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Wallpaper Hitam

Atau menggunakan layar wallpaper gelap. Khusus bagi pengguna Oppo dengan layar yang menggunakan teknologi Amoled, atau bahkan Oled. Sebaiknya pengguna bisa menggunakan wallpaper warna hitam.

Hal tersebut dilakukan, karena sistem teknologi dari Amoled atau Oled akan mengaktifkan piksel berwarna saja. Sementara pada bagian warna hitam, akan dibuat mati tal. Dan akan memberikan warna sebenar-benarnya.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Menghidupkan Fitur Hemat Daya

Semua HP Oppo, apapun versi atau tipenya. Sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya, dimana pengguna dapat mengaksesnya untuk menghemat konsumsi baterai berlebihan.

Dengan menghidupkan fitur hemat daya ini, maka HP an semakin hemat. Daya konsumsi baterai jadi lebih rendah, pun tentu saja menambah umur baterai menjadi lebih lama.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Tidak Menggunakan Widget Berlebih

Untuk cara berikutnya, pastikan agar kamu tidak menggunakan sistem widget secara berlebihan. Walaupun memang widget memiliki fungsi serta manfaat secara khusus, namun ternyata widget juga dapat mengkonsumsi daya baterai menjadi lebih banyak.

Jadi gunakan saja widget yang disediakan sesuai kebutuhan, sesuai dengan fungsi serta tidak begitu mementingkan nilai estetika.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Nonaktifkan GPS

GPS memang menjadi salah satu fitur terbaik, juga penting dari HP Oppo. Gunanya tentu untuk mengetahui titik lokasi dari HP yang sedang digunakan. Namun ternyata, fitur ini besar kemungkinan mengkonsumsi banyak daya baterai pada HP.

Hal tersebut tentu saja membuat HP menjadi lebih boros. Karena fitur GPS tidak seterusnya dibutuhkan dan digunakan, maka untuk menghemat daya baterai. Lebih baik dinonaktifkan saja ketika tidak digunakan.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Menonaktifkan aplikasi Tidak Berguna

Menonaktifkan aplikasi yang tidak berguna atau tidak digunakan, dinilai sangat efektif untuk menghemat baterai yang ada pada HP. Membuat baterai menjadi lebih awet.

Jadi, ketika kamu memiliki aplikasi terpasang dan hanya digunakan dalam beberapa momen. Atau bahkan tidak pernah digunakan. Lebih baik dihapus, atau dicopot saja pemasangannya.

Advertisement

Atau jika aplikasinya merupakan aplikasi bawaan, maka bisa menonaktifkan aplikasi, menggunakan menu Pengaturan atau Setting untuk membuat baterai lebih awet.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Aktifkan Mode Airplane

Mengaktifkan mode airplane atau mode pesawat, merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai Oppo dengan gampang.

Fitur ini pada dasarnya berfungsi saat kamu sebagai pengguna sedang terbang menggunakan pesawat. Pun fitur ini juga berfungsi agar pengguna tetap bisa menggunakan HP tanpa mengganggu sinyal dari pesawatnya.

Namun selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk menghemat baterai. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, cukup langsung masuk ke menu Pengaturan atau ke menu Setting
  2. Geser atau gulir ke bagian bawah, dan pilih sub menu Connection and Sharing atau dengan keterangan Koneksi dan Berbagi
  3. Aktifkan langsung fitur Airplane Mode, atau geser langsung toggle ke arah sebelah kanan

Jika cara ini terbilang ribet, kamu dapat menggunakan status bar atau melakukan swipe dari atas kebagian bawah. Setelah itu, kamu akan menjumpai Tools Menu secara lengkap. Cari langsung ikon pesawat, dan mode Airplane sudah otomatis aktif.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Mengatur Lock Screen Time

Maksudnya adalah dengan mengatur waktu kapan HP bisa mati secara otomatis. Cara ini pun sangat gampang, dan kamu dapat melakukannya dari menu Setting, atau Pengaturan HP.

Di menu Setting tersebut, bisa langsung ke menu Layar atau Tampilan. Sub menu lain akan memberikan daftar menu, salah satunya adalah Batas Waktu Layar. Muncul sub menu lain, mulai dari 5, 15, 30 detik. 1 hingga 30 menit.

Jika ingin menghemat baterai, maka pastikan untuk dapat memilih otomatis lock screen selama 15 atau hanya 30 detik saja. Dengan begitu, maka baterai yang ada di HP menjadi lebih hemat. Atau tidak boros.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo dengan Tidak Menggunakan Live Wallpaper

Selain hindari penggunaan wallpaper cerah, usahakan juga agar kamu dapat menggunakan wallpaper statis saja. Tidak bergerak. Jika menggunakan wallpaper bergerak, walaupun membuat HP menjadi lebih menarik. Ternyata memakan banyak konsumsi baterai.

Jika memang usia baterai ingin lebih lama, dan awet. Maka coba gunakan wallpaper diam saja, dengannya kamu bisa langsung merasakan perbedaannya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghemat Baterai HP Oppo

Bagaimana Jika Semua Metode Sudah Dilakukan, dan Baterai Tetap Boros?

Bisa coba pergi langsung ke service center, dan minta bantuan solusinya harus bagaimana.

Apakah Ada Cara Lain untuk Menghemat Baterai Oppo?

Ada, salah satunya adalah dengan mengusahakan saat pengecasan dilakukan tidak full hingga 100%.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.