Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Ketukan

Beranda » Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Ketukan
Advertisement

Mengenai bagaimana cara menghidupkan layar HP Samsung dengan ketukan, ternyata bisa dibilang sangat gampang. Serta sederhana.

Kamu sebagai pengguna Samsung bisa melakukannya dengan sangat simple, pun tentu saja bisa langsung memanfaatkan fitur yang sudah dikembangkan oleh pihak Samsungnya. Namun perlu diingat, bahwa untuk menghidupkan layar Samsung tidak hanya bisa dengan ketukan saja.

Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Ketukan

Samsung sudah dibekali dengan banyak fitur dan keunggulan. Termasuk dengan pengguna yang dapat mengaktifkan, atau menghidupkan layar dengan ketukan saja. Ketukan tersebut dapat dilakukan sebanyak 2 kali. Dan tentu hal ini berlaku untuk menyalakan dan mematikan layar.

Jadi, jika ingin mengecek pemberitahuan pada layar saat terkunci. Maka pengguna tidak harus menggunakan tombol, cukup membuka layar dengan ketukan. Hal ini bisa langsung kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur yang hadir di menu Settings atau menu Pengaturan.

  1. Pertama, langsung buka terlebih dahulu menu Settings atau Pengaturan di perangkat Samsung. Menu tersebut dapat ditemukan dengan aplikasi berlogo gear
  2. Geser layar ke bagian bawah, sampai kamu dapat menemukan sub menu bagian Advanced Features. Biasanya sub menu tersebut akan menggunakan ikon warna kuning
  3. Tekan langsung dan lakukan perintah tersebut, hingga kamu dapat menemukan sub menu lain dengan keterangan Motions and Gestures
  4. Untuk lanjut ke tahap berikutnya, bisa langsung cari keterangan untuk mengaktifkan gesturenya
  5. Keterangan dari gesture tersebut biasanya menggunakan tulisan Double Tap to Turn On Screen dan Double Tap to Turn off Screen
  6. Aktifkan langsung dua opsi gesture tersebut, dengan menggunakan toggle yang wajib diposisi sebelah kanan
  7. Kini gesture untuk menghidupkan layar pada HP Samsung kamu sudah aktif, dan tentu saja sudah siap untuk digunakan.

Panduan dan langkah tersebut bisa jadi pilihan tepat jika ingin tombol Power HP Samsung tidak digunakan. Serta agar lebih awet. Sebab menghidupkan layar menggunakan ketukan, jelas tidak membutuhkan tombol power.

Nah, sesuai dengan janji sebelumnya. Bahwa menghidupkan layar HP Samsung dengan ketukan tidak menjadi satu-satunya cara. Untuk menghidupkan layar HP tanpa power, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara lain. Nah, apa saja cara tersebut?

Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Fitur Lift to Wake

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Samsung khusus kepada penggunanya. Termasuk kepada kamu. Dimana kamu bisa menggunakan fitur-fiturnya agar kinerja penggunaan perangkat lebih simple.

Salah satunya adalah dengan bisa menyalakan HP hanya dengan mengangkatnya saja. Dan fitur ini bisa kamu aktifkan dengan beberapa langkah, pun fiturnya dapat kamu temukan di menu Pengaturan. Bagaimana cara menggunakan dan mengaktifkannya?

  1. Pertama, pastikan HP Samsung kamu dalam keadaan siap untuk digunakan
  2. Berikutnya masuk ke menu Settings atau masuk ke menu Pengaturan seperti biasanya
  3. Selanjutnya langsung cari sub menu Advanced Features
  4. Dari sub menu tersebut, secara langsung kamu pun akan menemukan beberapa pilihan lain
  5. Untuk dapat mengaktifkan layar HP saat diangkat, maka kamu bisa cari sub menu Motions and Gesture
  6. Dari sub menu fitur gesture tersebut, kamu juga dapat menemukan keterangan Lift to Wake
  7. Pastikan fitur tersebut dalam keadaan aktif, dimana sistem toggle yang ditampilkan ada dibagian kanan.

Dengan perintah dan prosedur tersebut, maka bisa dipastikan layar HP Samsung kamu akan otomatis menyala. Saat HP diangkat.

Namun tentu pastikan untuk langsung melakukannya setelah perubahan tersebut dilakukan, dengan begitu kamu pun akan percaya bahwa fiturnya bekerja sangat canggih.

Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Charger

Jadi maksudnya adalah, kamu dapat menghidupkan layar HP dengan langsung menghubungkannya dengan adaptor. Atau dengan charger.

Advertisement

Hal ini bisa jadi alternatif jika tombol power pada HP tidak menyala. Kamu dapat menggunakan bantuan charger dengan gampang. Sebab, setiap HP yang layarnya mati dan tombol power kebetulan tidak berfungsi.

Jika dipastikan chargernya masih berfungsi dengan baik, maka saat akan di charger HP pun akan otomatis menyala.

Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Biometrics

Selain dapat memahami tentang bagaimana cara menghidupkan layar HP Samsung dengan ketukan, kamu juga ternyata bisa menghidupkan layar HP menggunakan sistem biometrics.

Sistem biometrics ini merupakan fitur bawaan yang disediakan oleh Samsung, agar memudahkan pengguna dalam memanfaatkan fitur di HP secara baik. Pun ternyata fitur biometrics ini pun bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan layar HP. 

Bahkan penting untuk diketahui. Bahwa fitur biometrics ini pun tidak hanya hadir di HP Samsung saja. Barang kali kamu juga memiliki perangkat Android yang juga ingin dinyalakan layar HP tanpa power. Maka manfaatkan saja fitur biometricsnya.

Dalam penggunaan fiturnya juga cukup sederhana, dimana kamu hanya perlu meletakkan sidik jari di layar HP Samsung. Maka layar HP sudah akan otomatis menyala. Dengan hal tersebut, maka kamu bisa menggunakan HP seperti biasanya. Namun, bagaimana cara mengaktifkannya?

  1. Pertama, langsung buka menu Settings atau menu Pengaturan di HP Samsung kamu
  2. Berikutnya langsung cari sub menu Biometrik dan Keamanan
  3. Dari sub menu tersebut bisa langsung cari keterangan opsi Sidik Jari
  4. Selanjutnya klik opsi Lanjutkan
  5. Ikuti langsung petunjuk di layar HP seperti meletakkan jari, serta melepasnya berulang hingga proses pendaftran sidik jari selesai dilakukan
  6. Namun setelah sidik jadi didaftarkan, jangan lupa untuk mengaktifkan fiturnya ya.

Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Telfon dari Perangkat Lain

Untuk dapat menyalakan HP Samsung tanpa menggunakan tombol, adalah dengan coba melakukan panggilan dari perangkat lain. Cara ini bisa sangat efektif, bahkan sangat mudah dilakukan.

Namun kelemahannya memang mengharuskan kamu untuk melibatkan orang lain. Dan ketika mendapatkan panggilan. Entah itu dari telepon langsung, panggilan WhatsApp, dari Telegram atau bahkan aplikasi chatting lainnya. Maka dipastikan layar Samsung akan otomatis menyala.

Hal ini tidak akan membuat kamu repot harus mengaktifkan beberapa fitur, juga memahami prosedur penggunaannya dengan baik. Jika boleh disarankan. Kiranya sebelum melakukan cara-cara di atas, kamu bisa coba melakukan cara ini terlebih dahulu.

Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Tombol Home

Untuk beberapa tipe dan series HP Samsung, saat ini masih ada beberapa tipe yang menyediakan tombol home. Cara terakhir ini tentu saja sangat sederhana, dimana kamu hanya cukup menekan tombol home tersebut. Dengan begitu, maka layar HP akan otomatis menyala.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa diaplikasikan selain memahami bagaimana cara menghidupkan layar HP Samsung dengan ketukan. Untuk bisa menggunakan fiturnya, pastikan agar masing-masing fitur dapat diaktifkan dengan baik sesuai prosedur.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghidupkan Layar HP Samsung dengan Ketukan

Apakah Panduan Menghidupkan Layar degan Ketukan Berlaku Disemua Tipe Samsung?

Tidak, tergantung ada atau tidaknya fitur tersedia.

Apakah untuk Menghidupkan Layar Samsung dengan Ketukan Butuh Lagi Aplikasi Lain?

Tidak, cukup manfaatkan saja fitur dan sistem gesture tersedia.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.