Cara Menghilangkan Garis Biru di Excel [Mudah]

Beranda » Cara Menghilangkan Garis Biru di Excel [Mudah]
Advertisement

Belajar tentang bagaimana cara menghilangkan garis biru di Excel tentu jelas sangat penting. Hal ini pun tentu saja dilakukan untuk membantu pekerjaan kamu.

Untuk tahu lebih lanjut lagi penjelasan dan pembahasannya seperti apa, yuk langsung simak ulasannya berikut ini. Kamu pun tidak hanya sekadar tahu bagaimana caranya, namun akan tahu lebih banyak mengenai garis-garis tersebut.

Mengenal Garis Biru di Excel

Sebelum membahas pada ulasan inti, terlebih dahulu kamu juga harus mengenal terkait dengan apa sih garis biru itu. Barang kali sebelum kamu mengunjungi artikel ini, sudah menjumpai garis biru di halaman kerjanya. Namun ingin menghilangkan garis tersebut, tidak tahu caranya.

Nah, garis biru pada Microsoft Excel ini pada dasarnya adalah panah pelacak. Untuk menunjukkan hubungan antar sel. Pun menunjukkan bahwa sel yang ada sedang aktif. Garis biru tersebut pun akan membantu kamu dalam mengidentifikasi lokasi lembar kerja atau area yang dikerjakan.

Disaat mengklik area sel. Garis biru ini akan muncul dengan sendirinya disekitar selnya. Sehingga fitur garis biru dapat membantu pengguna untuk membedakan antara mana sel yang sedang aktif. Atau belum diaktifkan.

Walaupun begitu, ternyata ada beberapa pengguna yang ingin mencoba menghilangkan garis tersebut. Termasuk kamu sendiri bukan? Untuk tahu bagaimana cara menghilangkan garis biru di Excel. Bisa langsung kamu simak pembahasan lengkapnya berikut ini ya.

Cara Menghilangkan Garis Biru di Excel

Sederhananya, garis biru ini merupakan fitur page break. Menjadi fitur pengontrol area yang akan diprint atau dicetak. Biasanya berguna saat ingin mencetak sebuah dokumen lebih dari satu halaman. Sehingga wajib mengontrol garis biru tersebut.

Hal ini dilakukan agar tidak membuat hasil pencetakan terpotong. Atau tidak semua datanya tercetak dengan baik. Untuk itu, sebenarnya memunculkan garis biru di excel cukup penting.

Namun memang terkadang tetap ada pengguna yang ingin menghilangkan garis biru, apalagi jika garis biru ini aktif secara otomatis. Nah, bagaimana cara menghilangkannya?

  1. Pertama, pastikan untuk membuka file dan dokumen excel yang akan dihilangkan garis birunya
  2. Berikutnya klik menu View dari Bar Excel seperti biasa
  3. Nanti kamu akan menemukan beberapa perintah dan sub menu lain
  4. Untuk menghapus garis biru, pilih opsi Normal disebelah samping kiri halaman kerja Excel
  5. Selanjutnya secara otomatis sistem Excel akan menghapus page break atau garis biru yang kamu inginkan.

Nah, itulah tentang bagaimana cara menghilangkan garis biru di excel dengan sangat sederhana. Walaupun mungkin kamu ingin tahu bagaimana cara menghilangkannya, ke depan mungkin saja kamu pun membutuhkannya lagi.

Bagaimana Cara Memunculkan Kembali Garis Biru di Excel?

Dikarenakan garis birunya bisa muncul otomatis, juga bisa muncul tidak secara otomatis. Jika memang tidak muncul otomatis, maka kamu harus memunculkannya secara manual. Sebab pada umumnya garis biru ini muncul ketika akan melakukan print saja.

Nah, jangan heran jika ternyata garis biru tersebut tidak muncul ketika sedang mengolah data. Jadi untuk memunculkannya saat proses pengerjaan berlangsung, bisa langsung simak uraiannya di bawah ini ya.

  1. Pertama, langsung buka dokumen atau file Excel dari PC atau laptop kamu
  2. Berikutnya klik lagi menu View dibagian atas halaman kerja Excel
  3. Selanjutnya pilih keterangan Page Break di samping menu Normal yang sebelumnya sudah kamu lakukan
  4. Terakhir, secara otomatis maka garis biru akan muncul pada ujung halaman excel yang sedang kamu kerjakan.

Dengan panduan dan tutorial tersebut, bisa dipastikan bahwa garis birunya akan muncul kembali. Dan kamu pun dapat melakukan pengerjaan dengan lebih mudah.

Cara Menggeser Garis Biru di Excel                     

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, bahwa dalam kesempatan sekarang. Kamu tidak hanya akan mengetahui dan mempelajari cara menghilangkan garis biru di Excel

Advertisement
. Namun juga bisa mengetahui dan menggunakan garis biru tersebut secara berkelanjutan.

Jika memang kamu membutuhkannya, maka harus tahu bagaimana cara untuk menggesernya. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, langsung buka file atau dokumen Excel yang sudah ada garis birunya lalu akan digeser
  2. Berikutnya, pastikan fitur page break sudah dalam keadaan aktif
  3. Langsung tarik ujung garis biru hingga batas kolom atau baris di lembar kerjanya
  4. Bila sudah hal tersebut dilakukan, maka secara otomatis garis biru akan berpindah.

Alasan dan Solusi Garis Biru di Excel Tidak Bisa Digeser

Pada umumnya, garis biru atau page break ini bisa digeser pada posisi yang diinginkan. Namun ada beberapa kasus yang memang memungkinkan garis birunya tidak bisa digeser. Nah, apa sebab dan bagaimana solusinya?

1. Di Mode Page Break Preview

Alasan pertama mengapa garis birunya tidak muncul ternyata lembar kerja excel sedang dalam mode page break preview. Jadi pastikan agar kamu dapat keluar dari mode page break preview. Agar dapat menggeser garis biru seperti biasanya.

Sebab, jika masih dalam mode ini. Maka dipastikan garis di page break tidak akan pernah bisa digeser sama sekali.

2. Ukuran Margin Terlalu Besar

Ukuran margin yang terlalu besar, akan membuat arena cetak biru menjadi lebih kecil. Dengannya, hal tersebut bisa jadi salah satu penyebab garis biru pada Excel sulit atau bahkan tidak bisa digeser sama sekali.

3. Terdapat Objek Pada Area Page Break

Jika terdapat objek seperti gambar yang mungkin memotong diantara page break. Sehingga garis birunya tidak bisa digeser.

Oleh karena hal tersebut, silahkan pindahkan terlebih dahulu objek yang berada pada ujung halamannya.

4. Terdapat Data Tersembunyi

Pada umumnya pada kolom atau bahkan baris Excel, terdapat data yang tidak ditampilkan secara keseluruhan. Oleh karena hal tersebut, pastikan agar semua data yang akan diprint sudah nampak secara jelas.

Nah, itulah tentang bagaimana cara menghilangkan garis biru di Excel. Cara memunculkannya kembali, hingga bagaimana cara ketika garisnya sudah muncul. Namun tidak bisa diubah atau tidak bisa digeser.

Selain dapat melihat garis biru di halaman kerja Excel, ternyata kamu juga sangat mungkin bisa melihat dan menjumpai garis putus-putus. Nah, bagaimana cara untuk menghilangkan garis tersebut?

Cara Menghilangkan Garis Putus-putus di Excel

  1. Pertama, langsung buka halaman kerja Excel yang akan dihilangkan garis putus-putusnya
  2. Berikutnya, di halaman kerja Excel yang sudah nampak garis putus-putusnya. Pastikan untuk langsung memposisikan kursor setelah garis yang ingin dihapus
  3. Jika garisnya vertikal, letakkan pada kolom sebelah kanan garis. Dan untuk garis horizontal, letakkan dikolom bagian bawah garis
  4. Bila sudah perintah tersebut dilakukan, langsung masuk dan cari menu Tata Letak Halaman
  5. Kemudian klik Pemisah di kategori Penyetelan Halaman
  6. Terakhir, pilih Hapus Hentian Halaman
  7. Selesai.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghilangkan Garis Biru di Excel

Apakah dengan Menghilangkan Garis Biru Akan Menghapus Data Excel?

Tidak.

Apa Fungsi dari Page Break?

Untuk dapat membagi serta memecah lembar kerja menjadi halaman yang terpisah.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.