Advertisement

Bagaimana cara menghilangkan rumus di Excel, apakah bisa rumusnya hilang tetapi hasil tetap sama? Tentu bisa, metodenya sangat mudah dan bisa selesai dalam hitungan detik.

Bagi kamu yang perlu cara menghilangkan rumus di kolom Excel atau Cells, ayo segera ikuti step by step-nya. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu pilih kira-kira lebih gampang yang mana.

Metode Paste – Values

Langkah atau metode pertama tentu harus yang paling mudah, simpel, dan cepat. Jika kamu mengikuti langkah demi langkah menghilangkan rumus dengan metode Paste – Values ini, beberapa detik juga beres.

  1. Pertama, seleksi, klik, atau block cells yang kamu ingin hapus rumus tetapi hasilnya masih benar dan tetap ada
Cara Menghilangkan Rumus di Excel
  1. Pada Formula bar kamu masih bisa melihat rumus SUM tertera jelas, ya tetapi abaikan saja hal ini dan kopi Cells yang kamu pilih
  2. Selanjutnya, klik kanan di cells pilihan kemudian saat dropdown muncul pilih Paste Options dan klik opsi Values (Paste dengan ikon 123)
Cara Menghilangkan Rumus di Excel
  1. Langkah selanjutnya, silahkan cek saja pada Formula bar apakah rumus masih atau tidak, di sana kamu bisa melihat bahwa rumus sudah hilang tetapi hasilnya masih ada.
Cara Menghilangkan Rumus di Excel

Cara cepat menghilangkan rumus Excel di atas ampuh untuk berapapun Cells atau kolom yang mau kamu proses. Entah itu dua Cells, dua kolom, sampai semua kolom yang ada rumusnya, bisa dengan langkah yang sama.

Baca juga : Cara Membuat Nomor Urut di Excel

Satu lagi, dengan memakai metode ini jika Cells yang sudah kamu hilangkan rumusnya ikut terblok, tidak masalah. Jadi, tidak perlu mengulang proses saat ada Cells yang sudah berubah ikut terseleksi.

Baca juga:  8 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel, Sudah Tahu?

Metode Seret-Kembalikan dan Copy Values

Metode kedua dalam cara menonaktifkan rumus di Excel atau menghapusnya ini cukup membingungkan dari judulnya, ya? Akan tetapi, sebenarnya tidak serumit itu dan sama mudahnya dengan step by step pertama di atas. 

  1. Pertama, step yang harus kamu lakukan persis sama yaitu blok atau pilih Cells yang akan dihapus rumusnya
  2. Kedua, seret kolom ke kolom lain
Cara Menghilangkan Rumus di Excel
  1. Selanjutnya, langsung kembalikan lagi atau seret kembali ke kolom semula
Cara Menghilangkan Rumus di Excel
  1. Langsung klik kanan dan pilih Copy Here as Values Only
Cara Menghilangkan Rumus di Excel
  1. Setelah kamu klik Copy Here as Values Only maka otomatis rumus akan hilang dan hanya meninggalkan hasilnya saja

Step by step kedua di atas sama mudahnya dengan yang pertama, bukan? Bedanya mungkin jika hanya membaca atau mendengar istilahnya akan sedikit kebingungan. 

Lihat Juga : Cara Membuat Rupiah di Excel

Akan tetapi, dengan adanya gambar langkah-langkah sangat memudahkan untuk mengikutinya, ya. Kuncinya, saat menyeret kolom jangan kamu lepas tetapi langsung kembalikan lagi. 

Apabila dalam tahapan penting ini tidak terlewat, maka metode dua pasti berhasil dalam hitungan detik. 

Cara Paste Values pada Home

Metode ketiga sebenarnya sama dengan pertama, hanya saja terlihat lebih simpel. Lebih sederhananya di sini karena kamu tidak perlu klik kanan seperti pada langkah ketiga di cara pertama tetapi langsung akses ke menu utama.

  1. Pertama, caranya sama yaitu pilih Cells yang perlu kamu hapus rumus atau formulanya dan klik Copy pada menu Home
  2. Kedua, langsung menuju menu utama Home lagi tetapi kali ini pilih Paste dan klik Paste Values

Sampai tahap ini hasilnya akan sama dengan metode satu dan dua tanpa ada perbedaan. Hanya saja, pastikan jangan langsung klik paste tetapi pilih Values agar rumusnya hilang dan hasil formula tetap tanpa ada perubahan.

Baca juga:  7 Cara Membuat Kurva di Excel & Mengubahnya [Mudah]

Kira-kira melihat ketiga cara di atas yang telah disebutkan, mana yang paling mudah? Apakah langkah-langkah metode pertama, kedua, atau jangan-jangan ketiga karena bisa akses langsung dari Home

Advertisement
?

Cara menghapus rumus di Excel manapun yang kamu pilih pastikan jeli dan harus ada menu Values, kenapa? Hal ini karena persamaan dari ketiga metode yang telah disampaikan ada di mempertahankan Values atau hasilnya saja.

Jadi, selama kamu ingat kunci penting ini cara manapun bisa selesai dalam hitungan detik dan pasti berhasil. Bagaimana, sangat mudah, praktis, dan pastinya bisa selesai dalam sekejap, bukan? Semoga cara-cara menghilangkan rumus di Excel pada tutorial di atas bisa bermanfaat dan tidak kesulitan lagi saat akan menghilangkan formulanya.

Advertisement